PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 14 Menit 45 Detik 

Cara Singkat dan Praktis untuk Membuka Excel yang Tidak Bisa di Edit

Belajar Data Science di Rumah 10-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/26ce9b87de01dd2b28b44102d146ed49_x_Thumbnail800.jpg

Excel masih menjadi aplikasi pengolah angka yang populer dari Microsoft Office.. Banyaknya fitur yang disediakan membantu banyak orang ketika mengolah data angka. Dengan Excel juga dapat membuat visualisasi data yang menarik. Jika ingin membuat visualisasi data yang lebih interaktif, data Excel dapat dihubungkan dengan aplikasi lainnya seperti Power BI atau lainnya yang mendukung pembacaan file Excel (.xls). Lembar kerja Excel berbentuk spreadsheet berisi baris dan kolom. Jumlah baris dan kolom pada Excel tergantung versinya. Excel 2019 memiliki jumlah kolom sebanyak 16.384 dan baris sebanyak 1.048.576. 


Virus komputer merupakan ancaman yang serius bagi pengguna komputer khususnya bagi yang menggunakan Windows. Begitu pula dengan Microsoft Office yang sering dijadikan alat bagi peretas untuk menyisipkan virus atau dengan sengaja menyusup ke dalam komputer melalui dokumen. Tentu kita tidak ingin hal seperti ini terjadi pada komputer kita apalagi sampai mengalami crash. Oleh karena itu, Microsoft Office menyediakan fitur Protected View. Apa fungsi fitur tersebut? Lalu bagaimana cara membuka file Excel yang terproteksi? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Alasan Mengapa File Excel Tidak Bisa di Buka

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan kita dalam menyimpan dan memperoleh data. Data bisa disimpan pada cloud dan bisa diakses dari mana saja. Kita bisa memberikan akses pada siapa dokumen tersebut dapat dilihat dan diubah. Data Excel juga dapat dengan mudah diperoleh dari internet. Akan tetapi kita harus hati-hati karena kini banyak virus yang berbentuk dokumen. Terkadang dokumen yang kita unduh atau kita peroleh tidak dapat dibuka. Ada beberapa alasan mengapa file Excel tidak bisa di buka selain karena virus adalah file crash, file sedang diakses oleh orang lain, versi Excel yang berbeda, format file yang tidak kompatibel dengan Excel, dan pengguna yang tidak memiliki hak akses. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Apa itu Protected View?

Protected View adalah fitur yang dimiliki Excel untuk memberikan perlindungan bagi pengguna terhadap dokumen yang diunduh dari internet. Fitur ini ada pada Microsoft Excel 2013 dan versi terbarunya. Fitur ini akan mencegah pengguna untuk membuka semua dokumen yang diunduh dengan menerapkan mode Read-only secara otomatis pada dokumen tersebut sehingga kita tidak bisa mengedit dokumen dan hanya bisa melihat dokumen. Dengan kata lain dokumen tersebut terkunci. Bagi beberapa orang fitur ini cukup merepotkan, tetapi fitur ini bisa kita hilangkan, loh. Caranya bisa disimak di poin pembahasan selanjutnya. 


3. Membuka Dokumen Melalui Properties File

Pada notifikasi Protected View yang berada di atas lembar kerja juga biasanya akan ada tombol Enable Editing. Kita bisa klik tombol tersebut untuk akses editing dokumen. Adapun cara untuk fitur Protected View yang secara otomatis ada pada dokumen yang di unduh, dapat dihilangkan melalui Properties File. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih file yang akan dibuka kemudian klik kanan

  • Pilih Properties

  • Klik menu General

  • Klik tombol Unblock

  • Kemudian tekan tombol Apply dan OK

Jika langkah-langkah yang dilakukan sudah benar, seharusnya file sudah bisa dibuka dan di edit. 


4. Menghilangkan Protected View Melalui Trust Center

Cara lainnya untuk menghilangkan fitur Protected View pada Excel agar dapat mengedit dokumen yaitu melalui Trust Center. Cara ini tidak hanya untuk Excel, namun dapat juga dilakukan pada Word dan Power Point. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Microsoft Excel

  • Klik File dan pilih Option

  • Pilih menu Trust Center seperti di bawah ini:


  • Klik tombol Trust Center Settings

  • Setelah muncul window, pilih Protected View

  • Hilangkan semua centang tulisan yang ada pada gambar di bawah ini:

  • Klik OK


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel untuk Menjadi Ahli di Bidang Data

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mengolah data baik data numerik dengan berbagai metode analisis seperti perhitungan statistik. Python, R, SQL, Power BI, Tableau, dan Excel adalah beberapa diantaranya. Pemrograman memang penting dikuasai oleh praktisi data, akan tetapi Excel juga tidak bisa diremehkan walaupun Excel tidak menggunakan kode program. Banyak fungsi dan bentuk formula atau rumus yang bisa dipelajari untuk mengolah data. Tak jarang banyak rekrutmen yang mewajibkan mahir menggunakan Excel selain bahasa pemrograman yang disebutkan di atas. Yuk, mulai belajar Excel di DQLab.id bareng mentor-mentor profesional!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :