PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 40 Menit 50 Detik 

Yuk, Cari Tahu Pekerjaan Data Scientist Yang Banyak Dicari Di Era Big Data!

Belajar Data Science di Rumah 13-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/789f0172bdd5af837aa851939ed1f8c4_x_Thumbnail800.jpg

Pekerjaan Data Scientist merupakan salah satu pekerjaan terseksi saat ini. Semakin hari teknologi semakin maju. Hampir seluruh aktivitas sehari-hari memanfaatkan kemajuan teknologi seperti pada industri retail, e-commerce, pelayanan, dan sebagainya. Data menjadi komponen penting yang tidak terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi tersebut membuat data semakin bertumpuk. Kumpulan data yang besar ini disebut big data. Oleh karena itu era kini disebut sebagai era big data.


Data yang besar ini bisa dimanfaatkan kembali dengan mengolahnya agar memperoleh informasi yang berguna. Perusahaan-perusahaan sejak lama sudah melakukan hal ini. Karena melihat manfaatnya yang baik bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan, banyak berbagai industri lain yang juga mulai mengolah data agar data tidak hanya disimpan dan menjadi sesuatu yang tidak berguna. Nah, orang yang melakukan pengolahan data ini disebut sebagai praktisi data salah satunya yaitu Data Scientist. Seperti apa sih pekerjaan data scientist? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Mengenal Peran Data Scientist

Data scientist merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan data. Data scientist bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, dan melakukan analisis data untuk memperoleh informasi yang berguna yang mendukung pengambilan keputusan pada suatu perusahaan atau badan lainnya. Data yang diolah oleh seorang data scientist adalah data yang berjumlah besar (big data) yang bisa berupa data terstruktur maupun tidak terstruktur yang ada dalam perusahaan. Contohnya seperti data penjualan produk, data ekspor impor, dan sebagainya. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Apa Yang Harus Dipelajari Untuk Menjadi Data Scientist?

Data science merupakan ilmu yang diterapkan oleh data scientist. Data science dibangun berdasarkan tiga disiplin ilmu yaitu matematika, statistik, dan komputer. Jika ingin menjadi data scientist, ketiga ilmu tersebut wajib dikuasai. Selain itu perlu juga menguasai ilmu bisnis serta manajemen yang dapat meningkatkan performa perusahaan. Kemampuan dalam melakukan analisis dan berpikir secara sistematis juga dibutuhkan seorang data scientist. 


3. Jenjang Karir Seorang Data Scientist

Data scientist menjadi profesi yang menjanjikan saat ini. Pendapatan yang ditawarkan bisa mencapai dua digit. Profesi ini dibutuhkan di berbagai sektor seperti perbankan, pendidikan, kesehatan dan lainnya. Oleh sebab itu banyak orang mulai beralih profesi sebagai data scientist. Adapun jenjang karir yang dapat digambarkan yaitu junior data scientist, senior data scientist, dan chief data scientist. Tentunya untuk mencapai jenjang karir tersebut diperlukan usaha yang giat dan terus berlatih dengan berbagai data dan metode pengolahannya. Jangan cepat puas dan terus belajar.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!