[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 39 Menit 45 Detik 

Yuk, Cari Tahu Tips Belajar Excel untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 18-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e256167f737719e67da3f95f31cf91e4_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft Excel merupakan salah satu program yang perlu dikuasai oleh seseorang baik itu dalam dunia pendidikan, pekerjaan maupun bisnis. Dengan berbagai fitur yang tersedia di dalamnya, Microsoft Excel memberikan kemudahan untuk menyelesaikan beberapa macam permasalahan. Kita dapat belajar Excel mulai dari yang paling dasar, seperti penggunaan sederhana rumus-rumus kalkulasi sampai dengan pengolahan data dalam skala yang cukup besar.


Pada Microsoft Excel terdapat beberapa fungsi dasar seperti fungsi text, if, and, or, not dan if error. Selain itu kita dapat menggunakan rumus alternatif perhitungan matematika seperti penjumlahan, pengurangan, nilai rata-rata, nilai minimum dan nilai maksimum. Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur yang tersedia sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan berbagai macam kelebihan Excel, hal ini harusnya memacu kita untuk mulai belajar Excel sehingga mempermudah pekerjaan kita dan dapat bersaing di dunia kerja nantinya.


1. Perhitungan Dasar


Microsoft Excel umumnya digunakan untuk mengolah data berupa angka, adapun operasi perhitungannya dapat berupa penjumlahan, pengurangan dan lain-lain yang dapat dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan kita. Kita dapat melakukan perhitungan dasar menggunakan rumus atau formula yang tersedia di dalamnya. Perhitungan dasar pada Excel antara lain: "+" untuk menghitung penjumlahan, "-" untuk menghitung pengurangan. "*" untuk menghitung perkalian, dan "/" untuk menghitung pembagian.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Otomasi Data dalam Sel


Otomasi data ini dapat kita lakukan jika ingin menulis nomor secara berurutan tanpa mengetikkannya satu persatu. Adapun cara yang pertama adalah mengetik angka 1 pada sel pertama, kemudian mengetik angka 2 pada sel kedua. Selanjutnya, jika angka 1 dan 2 sudah muncul dalam sel, maka kita cukup mem-blok kedua kolom tersebut dengan cara klik kiri dan tahan dari sel pertama dan kedua, setelah itu akan muncul kotak berwarna hijau di bagian kanan bawah. Terakhir, kita cukup mengklik kotak berwarna hijau itu dan menggeser ke bawah sesuai dengan kebutuhan.


3. Membuat Tabel


Membuat tabel merupakan salah satu bagian yang perlu dipelajari oleh pemula. Tujuan dari pembuatan tabel salah satunya adalah agar mempermudah kita dalam mengorganisir data. Adapun cara membuat tabel dalam Excel adalah: 1) Pastikan sudah ada data yang kan dibuat tabel, 2) Blok data tabel. 3) Setelah itu akan muncul tombol tambahan di bagian pojok kanan bawah tabel yang telah diblok, 4) Pilih tabel sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Selain tiga hal di atas masih banyak hal-hal yang perlu dipelajari untuk pemula.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                             

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!