SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 10 Jam 19 Menit 8 Detik

Catat! Ini Detail Job Description Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 06-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6bf9eccc71e1ebc9d9c84a17f547bf97_x_Thumbnail800.jpeg

Job description data scientist sangat beragam, tergantung dari industri dan level perusahaan tempat ia bekerja. Namun secara umum, job description data scientist dapat dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain pengambilan informasi dari berbagai sumber, menganalisis data untuk mendapatkan insight yang bermanfaat bagi perusahaan, serta mengembangkan sistem dan algoritma untuk suatu pekerjaan yang bisa diotomatisasi. 


Data scientist menggunakan metode statistik, analitik dan tools artificial intelligence untuk mengotomatiskan proses tertentu dalam perusahaan atau organisasi dan mengembangkan solusi cerdas untuk mengoptimalkan proses bisnis dengan tujuan untuk membantu perusahaan dalam menganalisis tren untuk membuat keputusan yang lebih baik. 


Data science adalah ilmu yang sedang naik daun dan diprediksi akan menjadi salah satu jalur karir yang menguntungkan. Saat ini, perusahaan di semua industri atau sektor besar memiliki data scientist untuk membantu mereka mendapatkan insight berharga dari big data. 


Jalur karir untuk menjadi data scientist tidak bisa ditentukan dengan jelas karena masih tergolong profesi yang relatif baru. Namun, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh seseorang sebelum ia terjun ke bidang data science. Apa saja hal tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Apa Pekerjaan Data Scientist?

Data Scientist

Data scientist  adalah seorang profesional yang mengolah data dalam jumlah besar menggunakan keterampilan analitis, statistik, dan dapat diprogram. Mereka bertanggung jawab menggunakan data untuk mengembangkan solusi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan. Data scientist menggunakan bahasa pemrograman, tools manajemen database, dan algoritma machine learning dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Apa Tanggung Jawab Data Scientist?

Peran dan tanggung jawab seorang data scientist sangat beragam, tergantung level dan bidang industri yang ia tekuni. Namun secara umum, seorang data scientist bertugas untuk mengekstraksi data dari berbagai sumber, menggunakan tools machine learning dan bahasa pemrograman untuk mengatur data, memproses, membersihkan, dan memvalidasi data, menganalisis data untuk informasi dan pola, mengembangkan sistem prediksi, menyajikan data dengan cara yang jelas, serta mengusulkan solusi dan strategi. Dalam menyelesaikan tanggung jawabnya, seorang data scientist sering kali dibantu oleh data engineer dan data analyst.

Data Scientist


3. Apakah Data Scientist Adalah Pekerjaan yang Stressful?

Data Scientist

Data science jelas merupakan tugas yang sulit. Volume pekerjaan, tenggat waktu, dan tuntutan pekerjaan dari berbagai sumber dapat membuat data scientist menjadi pekerjaan yang membuat stres. Ada season tertentu di mana data scientist akan sangat sibuk atau tidak. Waktu tersebut berbeda-beda tergantung dari perusahaan tempat ia bekerja. 


Namun, season yang pasti stressful karena sangat sibuk adalah di akhir tahun di mana semua tim memerlukan yearly report dan evaluasi. Namun jangan khawatir, ya! Stres ini dapat di-maintain dengan tepat tergantung bagaimana cara kita menyikapi load pekerjaan.


4. Apakah Profesi Data Scientist Menjanjikan?

Data telah menjadi bagian besar dari dunia profesional saat ini, sehingga hampir semua industri memerlukan data scientist untuk membantu mendapatkan insight dari data, mengolah data, dan mengkomunikasikan hasilnya. The U.S. Bureau of Labor Statistics mengatakan bahwa data science adalah bidang yang akan bekembang pesat di antara bidang lain dan akan sangat dibutuhkan di hampir semua bidang. Perkembangan pesat ini akan terus merangkak hingga tahun 2029. Bahkan, profesi data scientist sempat dijuluki dengan ‘The Sexiest Tob in 21st Century’.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Ingin berkarir di bidang data namun bingung harus mulai dari mana dan tidak punya basic data sama sekali? Jangan khawatir! Yuk skill up data science kamu bersama DQLab! Platform belajar online ini berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login