PROMO 12.12! DISKON 90%
Belajar Data 6 Bulan hanya Rp120K!

1 Hari 2 Jam 35 Menit 35 Detik

Catat! Job Description Data Engineer di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 20-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8a495aaa88cc5d17d95b669abe5330a0_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini jika kita mencari tahu terkait profesi yang sedang naik daun, Data Engineer adalah salah satu jawabannya. Profesi ini termasuk ke dalam salah satu profesi yang berbasis teknologi dan memiliki tugas dan tanggung jawab besar terhadap infrastruktur data. Dalam beberapa situs pencari kerja Data Engineer dibutuhkan tidak hanya untuk perusahaan besar tetapi beberapa startup juga membutuhkan profesi ini.


Data yang ada di perusahaan berada di tabel data yang berbeda dan juga dalam bentuk yang berbeda atau dapat dikatakan belum siap pakai. Sehingga setiap perusahaan tentunya sangat membutuhkan seorang Data Engineer untuk mempersiapkan data yang akan digunakan oleh Data Scientist.


Sebenarnya Data Engineer merupakan bidang yang sangat luas, tiap-tiap perusahaan memiliki job desk nya masing-masing. Namun secara umum, seorang Data Engineer memiliki beberapa tugas utama. Penasaran apa aja? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.


1. Scope Umum Pekerjaan Data Engineer

Data Engineer bekerja dalam berbagai pengaturan untuk membangun sistem yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengelola, dan mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat digunakan dan diolah oleh Data Scientist, Data Analyst, dan Business Analyst.


Tujuan utama mereka adalah membuat data dapat diakses sehingga organisasi, perusahaan, atau rekan kerja dapat menggunakannya untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan kinerja mereka.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Alur Kerja Data Engineer

Dalam menunjang pekerjaan sehari-hari, Data Engineer berfokus pada empat tahapan yang saling berkesinambungan. Secara rinci mereka berfokus pada:

  • Data Collection and Storage

  • Data Preparation

  • Exploration & Visualization

  • Experimentation & Prediction

Data Engineer bertanggung jawab atas setiap tahap yang dilewatinya. Dimulai dari proses pengumpulan dan penyimpanan data (Data Collection and Storage).


Mereka memastikan bahwa sejumlah besar data yang dikumpulkan dari berbagai sumber menjadi raw material alias bahan dasar yang dapat diakses oleh role job lainnya di industri data. Data Engineer berfokus sebagai penghubung antara data scientist, data analyst, dan developer.


Di sisi lain, mereka juga berfokus pada pengembangan infrastruktur data yang dapat diskalakan dengan ketersediaan, kinerja, dan kemampuan tinggi untuk mengintegrasikan teknologi baru.


Data Engineer juga bertugas untuk melakukan pemantauan, pergerakan, dan status data pada seluruh sistem. Nantinya setelah persiapan data dan penyimpanan data sudah dilakukan maka langkah selanjutnya mereka melakukan eksplorasi data dan membuat visualisasi data yang powerful sesuai dengan kebutuhan data yang dimiliki.


3. Peran Data Engineer di Sebuah Tim Berskala Kecil

Data Engineer dapat bekerja di sebuah tim berskala kecil maupun besar. Di sebuah tim berskala kecil, Data Engineer berperan sebagai generalist, yaitu seorang Data Engineer bertanggung jawab atas semua langkah-langkah dalam pemrosesan data.


Tanggung jawab Data Engineer dimulai dari mengambil data, mengelola, hingga menganalisis data. Pada tim berskala kecil, Data Engineer dituntut memiliki kemampuan lebih dalam analisis data.


Keuntungan seorang Data Engineer bekerja di sebuah tim berskala kecil adalah tim ini tidak membutuhkan sistem data yang rumit karena memiliki pengguna (user) yang relatif kecil, sehingga tidak perlu menggunakan teknik skala untuk memproses data.


Contoh pekerjaan Data Engineer di sebuah tim berukuran kecil adalah ketika seorang Data Engineer bekerja di sebuah perusahaan di bidang transportasi, maka ia akan diminta untuk membuat laporan mengenai jumlah penumpang per hari selama sebulan terakhir dan melakukan peramalan jumlah penumpang untuk satu bulan berikutnya.


4. Peran Data Engineer di Sebuah Tim Berskala Besar

Perusahaan besar merupakan perusahaan yang sudah memiliki banyak karyawan, bahkan memiliki beberapa anak perusahaan. Kebutuhan data di perusahaan besar sangat kompleks, sehingga membutuhkan tenaga Data Engineer yang profesional dan berpengalaman.


Di perusahaan besar, tugas Data Engineer sudah sangat spesifik seperti penyiapan dan pengisian basis data yang dibutuhkan oleh tim analis, pembangunan sistem distribusi data yang cepat, dan membangun dan mengawasi arsitektur data.


Data Engineer yang bekerja di perusahaan besar harus memahami dasar-dasar dari proses extract, transfer, and load atau biasa disingkat dengan ETL untuk mengekstrak data dari berbagai sumber, mengubah data yang telah dikumpulkan agar sesuai dengan format yang dibutuhkan untuk tujuan analisis, serta penyimpanan data ke dalam data warehouse.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Data Engineer hampir sama dengan profesi data lainnya yaitu memiliki job description masing-masing agar lebih terfokus dengan tugas dan tanggung jawabnya.


Kamu bisa coba belajar menjadi Data Engineer profesional salah satunya adalah dengan belajar di DQLab.


DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab.

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :