FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 39 Menit 30 Detik 

Catat ini Deretan Tugas Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 17-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/72562232e9477778a0d0933324725894_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist adalah salah satu profesi yang bergerak di bidang pengelolaan data. Profesi data scientist ini cukup populer akhir-akhir ini karena ini adalah salah satu profesi yang bisa dipelajari oleh semua orang. Selain itu banyak perusahaan yang sudah berkembang dan komponen yang paling penting dalam sebuah perusahaan adalah data. Data yang digunakan pada perusahaan bisa data yang bermacam-macam seperti data produksi, data karyawan, dan data lainnya sesuai dengan permasalahan yang ingin diselesaikan oleh perusahaan tersebut. 


Secara garis besar, data scientist ini adalah seorang yang memiliki tugas untuk mengolah data di perusahaan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi berupa insight yang cukup berguna. Oleh karena itu skill analisis dari seorang data scientist sangatlah dibutuhkan, pemahaman akan data yang bagus, dan juga memiliki kemampuan untuk bisa mengkomunikasikan hasil temuannya. Pastinya seorang data scientist memiliki tanggung jawab dan juga tugas-tugas yang harus diselesaikan. Maka dari itu pada artikel ini kita akan membahas tugas dan tanggung jawab apa saja yang harus diselesaikan oleh seorang data scientist.


1. Melakukan Riset

Tugas dan juga tanggung jawab yang pertama dari seorang data scientist adalah melakukan riset, ini diperlukan karena, pekerjaan dari data scientist pastinya berkaitan dengan banyak data. Jadi untuk menjadi seorang data scientist harus mampu dalam hal mengidentifikasikan sebuah data. Hal ini merupakan tahapan sebelum data-data yang terkumpulkan dapat melanjutkan prosesnya ke proses analisis data.


Selain itu, melakukan proses riset memiliki fungsi untuk memastikan bahwa kredibilitas dari sumber data, apakah data tersebut layak apa tidak. Riset ini juga sangat berguna untuk bisa mengetahui peluang perusahaan untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. Hal ini akan mendukung proses pengambilan keputusan yang lebih tepat juga.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis data dan juga Mengolahnya

Tugas dan tanggung jawab selanjutnya adalah melakukan proses analisis dan mengolah data. Biasanya pada bagian ini seorang data scientist akan menggunakan Query SQL untuk bisa menarik data dan mengolahnya dengan menggunakan bahasa pemrograman. Selain hal tersebut, mereka harus bisa mampu menafsirkan hasil informasi dengan cara yang jelas dan juga tepat. Hal ini akan bisa dilakukan dengan cara membuat pemetaan dan juga dengan cara memvisualisasikannya berdasarkan hasil analisis melalui software khusus. Dengan cara memvisualisasikan datanya akan mempermudah orang untuk memahami hasil dari data yang sudah diproses tadi.


3. Memberikan Solusi

Selanjutnya tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh data scientist adalah memberikan sebuah solusi maupun saran dari hasil temuannya atau hasil dari pengolahan data. Proses ini dilakukan, karena data tersebut akan mendukung solusi yang dibuat. Jadi solusi yang dibuat menjadi lebih valid lagi dan juga lebih kredibel dibandingkan data yang sebelum diolah. Solusi ini berguna untuk perusahaan ketika mereka sedang melakukan pengembangan sebuah produk.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Merancang Sebuah Machine Learning

Tugas selanjutnya adalah data scientist melakukan perancangan machine learning. Selain melakukan pengolahan data, seorang data scientist juga memiliki tugas untuk merancang machine learning. Untuk tugas yang satu ini kembali lagi apakah perusahaan mau untuk menerapkan machine learning ini apa tidak mau menggunakan. Sebenarnya dengan menggunakan machine learning akan membantu perusahaan untuk mengolah data lebih cepat dan juga dapat melakukan prediksi berdasarkan data yang ada. Contohnya adalah rekomendasi produk di marketplace dan lain sebagainya. 


Data ScientistData Scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :