FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 44 Menit 45 Detik 

Pentingnya Data Science untuk Persiapkan Karir 2023

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/33ce262871e3b1361459a401d9bcbeeb_x_Thumbnail800.jpeg

Data science adalah bidang populer yang menjelaskan bagaimana data digital membentuk kembali bisnis dan membantu membuat keputusan yang lebih tepat dan penting. Bidang ini termasuk ke dalam pendekatan interdisipliner yang mencakup teknologi dan proses yang digunakan untuk mengekstraksi knowledge atau insight dari data yang bervolume sangat besar. Data yang diekstraksi sangat beragam, mulai dari data terstruktur berupa tabel dan angka hingga data tidak terstruktur seperti gambar, audio, video, barcode, dan lain sebagainya. Data science terdiri dari berbagai bidang analisis data seperti statistik, data mining, dan analisis prediktif.


Menurut International Data Corporation (IDC), data di seluruh dunia akan mencapai 175 zettabyte pada tahun 2025. Dengan data science, bisnis akan lebih mudah untuk memahami sejumlah data dari berbagai sumber dan mendapatkan insight berharga untuk membuat keputusan berbasis data yang lebih baik. Data science digunakan secara luas di berbagai industri, seperti perawatan kesehatan, perbankan, pemasaran, keuangan, pekerjaan kebijakan, pendidikan, dan lain sebagainya. Penggunaan data science hampir di semua bidang menunjukkan bahwa data science berperan sangat penting. Pertanyaannya apa yang bisa dilakukan oleh data science hingga ilmu tersebut penting untuk berbagai sektor? Yuk kita simak artikel di bawah ini untuk mengetahui jawabannya!


1. Pemahaman Target yang Lebih Baik

Informasi konsumen dapat dikumpulkan dari berbagai sumber seperti kuesioner, Google Analytics, dan customer survey untuk mengumpulkan informasi mengenai target pelanggan. Data science berperan untuk menganalisis data, mengintegrasikan data, dan menghapus data yang berlebihan sehingga dapat membantu bisnis untuk memilih kelompok target konsumen yang tepat agar kegiatan periklanan atau promosi lebih efektif dan efisien.


Data Science


Baca juga : Linear Regression Algoritma Data Science Terpopuler


2. Mengefektifkan Kinerja Karyawan

Data science dapat digunakan untuk membantu manajemen untuk melacak, mengukur, mencatat, dan menganalisis matriks kinerja setiap karyawan sehingga target individu setiap karyawan dapat terpantau. Dengan demikian, manajemen dapat menentukan bagian mana yang perlu mendapatkan penambahan man power dan divisi mana yang harus dikurangi. Dengan strategi ini, perusahaan dapat mengefektifkan budget dan output setiap divisi akan lebih baik.


Data Science


3. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Bukti

Data science dapat membantu perusahaan menghindari sebagian besar risiko. Data dari berbagai sumber dapat dikumpulkan dan diproses untuk mengembangkan model dapat menggambarkan tindakan alternatif untuk membantu menentukan hasil terbaik sehingga perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan bukti. Untuk bisnis dengan lingkungan yang tidak dapat diprediksi, rekomendasi terkait data bertindak sebagai penyangga risiko.


Data Science


4. Merekrut Orang yang Tepat

Saat ini, departemen Sumber Daya Manusia dipenuhi dengan resume yang berasal dari media sosial, platform pencari pekerjaan, dan database perusahaan. Dengan banyaknya source yang ada, peran data science dapat dimanfaatkan untuk mempermudah tugas perekrut dengan memproses sejumlah aplikasi. Data science dapat diaplikasikan untuk membantu membuat materi ujian dan penilaian bakat berbasis data untuk membantu memilih kandidat yang tepat.


Data Science


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Data science cukup impactful di berbagai bidang industri. Tak heran jika recruitment role di bidang data science seperti data scientist dan data analyst cukup masif. Tertarik untuk terjun di industri data? Yuk bekali dirimu dengan mengikuti bootcamp data analyst dengan tools Python dan SQL bersama DQLab! 


Bootcamp ini akan berlangsung pada Bulan Januari hingga Maret dan dilaksanakan di luar jam kerja loh! Jadi kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Mentor pada bootcamp ini merupakan praktisi data yang sudah malang melintang di dunia data science jadi akan ada banyak insight yang akan kamu dapatkan. Yuk daftarkan dirimu segera dengan klik button di bawah ini atau akses di sini dan nikmati benefit dengan harga irit.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :