Catat Pentingnya Excel untuk Role Administrasi
Admin adalah role yang berkaitan dengan administrasi dan bertugas untuk menjaga agar semua pekerjaan terorganisir dengan baik. Pekerjaan ini membutuhkan excel dalam menyelesaikan pekerjaan yang sangat rumit, banyak, dan beragam. Admin bertugas untuk mendiagnosis adanya masalah, mengatur informasi dengan cepat dan ringkas, menyusun agenda untuk rapat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agar admin dapat menyusun dan mengatur pekerjaannya dengan baik, perlu bantuan excel dengan berbagai fitur yang dimiliki.
Microsoft excel merupakan spreadsheet terpopuler yang digunakan di berbagai line, tak terkecuali bidang administratif. Kelebihan dari excel yang tidak dimiliki software lain di luar microsoft adalah software ini bisa diintegrasikan dengan berbagai tools microsoft yang lain seperti microsoft word, powerpoint, microsoft team, outlook, one drive, dan lain sebagainya. Excel juga terintegrasi dengan berbagai tools pengolahan data. Apa saja yang dapat dilakukan excel untuk mensupport administrasi di berbagai bidang industri? Yuk simak artikel ini sampai akhir!
1. Data Collection
Microsoft excel menyediakan berbagai cara untuk menggabungkan data dari berbagai data source. Seorang admin yang baik harus memiliki kemampuan untuk menggabungkan dan menyajikan data yang valuable bagi manajemen. Tools ini dapat membuat file yang berisi berbagai data, baik dalam bentuk angka maupun teks dengan lebih baik dan sederhana dengan format .xlsx. Selain itu, data pada excel juga bisa di-import dari berbagai sumber dan jenis data mulai dari file text, database, bahkan website. Setelah semua data digabungkan, maka data tersebut siap untuk dianalisis, diatur, dan disajikan untuk berbagai kebutuhan.
Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja
2. Pengolahan Data
Tanggung jawab kedua seorang admin adalah untuk menyusun dan mengatur berbagai data untuk berbagai keperluan. Untungnya, excel merupakan tools yang powerfull untuk mengatur data. Excel memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan mudah. Selain itu, dengan bantuan excel seorang admin bisa mengubah data menjadi format yang lebih mudah dibaca oleh user. Selain itu, dengan excel, tim administrasi bisa mengerjakan basic accounting, mengatur kontak informasi, membuat presentasi, dan tugas penting lainnya dengan mudah.
3. Menyajikan Informasi
Komunikasi merupakan salah satu skill penting yang harus dikuasai oleh tim administrasi. Dengan bantuan excel, admin akan lebih mudah mengkomunikasikan informasi kepada orang lain dengan bantuan berbagai fitur berguna excel seperti fitur grafik dan chart, membuat pivot table untuk membuat table summary, dan lain sebagainya. Dengan demikian, penerima informasi akan lebih mudah untuk menangkap informasi yang disampaikan oleh admin.
4. Efisiensi Pekerjaan
Efisiensi dan produktivitas sangat penting di semua posisi, namun sangat berharga bagi seorang admin mengingat pekerjaan yang sangat banyak dan bervariasi. Tim admin dapat mengefektifkan pekerjaan dengan memanfaatkan shortcut, formula dan excel macro sehingga mereka tetap bisa produktif dan tidak membuang banyak waktu.
Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel
Selain untuk tim administrasi, excel juga bisa digunakan oleh tim lain untuk mengolah data, mengatur data, bahkan menganalisis data. Yuk ikuti bootcamp excel intensif selama tiga bulan bersama expert yang sudah berpengalaman di bidang data science.
Bootcamp LiveClass ini akan dilaksanakan dari Bulan Januari hingga Maret 2023, terbuka untuk umum, dan dilaksanakan di Hari Sabtu dan Minggu jadi tidak akan mengganggu aktivitas kamu. Yuk sign up melalui DQLab.id untuk mempelajari benefit bootcamp tersebut. Selamat belajar!
Penulis: Galuh Nurvinda K