Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Catat Persiapan untuk Ikut Pelatihan Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 03-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-03-2023-08-03-223844_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst adalah salah satu profesi yang berkaitan dengan data. Profesi data analyst belakangan ini cukup menarik perhatian. Profesi ini bertanggung jawab untuk meneliti dan menganalisis data menjadi informasi. Dikarenakan banyaknya peminat data analyst, banyak pula orang yang mencari pelatihan data analyst untuk terus meningkatkan skill maupun untuk belajar dari dasar bagi para pemula. Sebelum itu kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum mengikuti pelatihan data analyst.


Pelatihan data analyst adalah suatu proses pengajaran materi yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab data analyst. Pelatihan data analyst ini dapat berisi berbagai materi yang sudah tersusun rapi dan dibimbing oleh mentor yang berpengalaman. beberapa contoh materi yang diajarkan dalam pelatihan data analyst antara lain seperti keterampilan analisis, visualisasi data, bahasa pemrograman, pemodelan prediktif, analisis statistik, dan masih banyak lainnya.


1. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa dikenal pula dengan bahasa komputer adalah kumpulan kode atau sintaks yang berisi instruksi dasar untuk dilaksanakan oleh komputer. Penguasaan bahasa pemrograman adalah skill wajib yang perlu dimiliki oleh data analyst. agar tidak terlalu bingung ketika mengikuti pelatihan data analyst, calon peserta setidaknya perlu mengenali apa itu bahasa pemrograman dan bahasa pemrograman apa saja yang biasa digunakan oleh data analyst.

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Matematika Dasar

Matematika dasar merupakan salah satu bagian penting yang sangat digunakan dalam proses analisis data. Dalam pelatihan data analyst apapun pada umumnya akan mempelajari matematika dasar dan statistik. Selain digunakan dalam proses analisis data, penguasaan matematik dasar juga membentuk pola pikir peserta agar lebih logis dalam memecahkan masalah. Dengan demikian setidaknya kamu perlu mempelajari matematika dasar agar lebih mudah mengikuti materi dalam pelatihan data analyst.

Data Analyst


3. Manajemen Waktu

Dalam mengikuti kegiatan pelatihan data analyst maupun pelatihan lainnya, peserta perlu memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu adalah suatu hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap peserta agar dapat menyeimbangkan kegiatan pelatihan dengan kepentingan lainnya diluar pelatihan data analyst. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik makan peserta diharapkan dapat menerima materi yang diberikan dengan maksimal dan dapat mengaplikasikannya.

Data Analyst


4. Softskill Lainnya

Selain beberapa penguasaan hardskill, peserta juga perlu menguasai berbagai softskill yang perlu dimiliki oleh calon data analyst. Mungkin ada kalanya hal ini terdengar sepele, padahal sangat berperan penting dalam proses pelatihan data analyst sampai di dunia kerja nantinya. Beberapa softskill yang perlu dimiliki oleh data analyst antara lain seperti kemampuan storytelling, bekerjasama yang baik, membuat keputusan, problem solving, komunikasi yang baik, dan berpikir kritis.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh para calon data analyst yang ingin mengasah skillnya dan terus menambah pengetahuan dan pengalaman adalah dengan mengikuti pelatihan data analyst.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login