Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS
SIGNUP GRATIS

Cicip Ragam Project Data Analyst di DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 28-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0c09176094058babe522ea5183ecd392_x_Thumbnail800.jpeg

Data Analyst dan project data merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pada dasarnya, begitu kita terjun ke dunia kerja sebagai Data Analyst, kita kerap kali akan dihadapkan pada berbagai project untuk menjawab permasalahan yang ada. Semakin banyak project yang berhasil diselesaikan maka akan menunjukkan bahwa orang tersebut semakin mahir sebagai Data Analyst.


Project Data Analyst menampilkan proses analisis, mulai dari menemukan sumber data hingga pembersihan dan pemrosesan data. Project Data Analyst sangat berguna bagi calon Data Analyst untuk mendapatkan pengalaman menggunakan tools dan teknik analisis data yang berbeda. Project yang baik adalah project yang dapat menjawab pertanyaan tak terduga dan mengeksplorasi hubungan yang tidak terlihat.


DQLab sebagai lembaga pembelajaran Data Science juga menyediakan beberapa project yang bisa dikerjakan, baik menggunakan bahasa R, Python, SQL hingga Excel. Berikut ini adalah ragam project Data Analyst yang bisa kamu kerjakan di DQLab, apa saja sih? Yuk, kita lihat bareng!


1. Project Data Analysis for Finance: Performa Cabang

Salah satu hal yang terpenting dalam suatu bisnis adalah memberikan nilai tambah pada produk yang ditawarkan pada konsumennya. Data Analysis membuka peluang baru bagi finance untuk memberikan New Value Added.


New Value Added adalah isitilah dalam bidang finance dimana menggambarkan penambahan nilai ekonomi pada sebuah sebuah produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen. Nilai tambah disini tidak selalu dalam bentuk harga. 


Di DQLab, kamu bisa mengerjakan project yang mempelajari bagaimana melihat performa suatu company setiap bulannya. Secara umum berikut studi kasus yang harus kamu selesaikan. 


DQLab Finance merupakan perusahaan finansial yang memiliki banyak cabang tersebar dimana-mana. Pada studi kasus project ini DQLb Finance berdiri sejak Januari 2020, dan konsisten menyalurkan pembiayaan untuk masyarakat dan semakin berkembang setiap bulan dengan membuka cabang baru. Kamu akan diposisikan sebagai seorang Data Analyst di perusahaan DQLab Finance dan memantau setiap cabang yang terdapat agen yang mencari dan mendata calon mitra yang akan mengajukan pinjaman. Kamu akan mempelajari bagaimana pembuatan laporan dari DQLab Finance untuk mengasah kompetensi analisamu.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Project Data Analysis for Retail: Sales Performance Report

Sales Performance atau kinerja penjualan merupakan pengukuran aktivitas penjualan terhadap sasaran yang diuraikan dalam rencana penjualan. Metode paling sederhana untuk melacak kinerja penjualan adalah dengan menetapkan tujuan penjualan untuk secara individu atau tim, kemudian mengevaluasi kinerja penjualannya baik secara bulanan atau tahunan.


Sales Performance dapat diukur dengan berbagai cara, tergantung pada peran penjualan dan lingkungan penjualan, seperti pendapatan penjualan, tingkat retensi pelanggan, dan lainnya.


Di DQLab terdapat project bertemakan “Project Data Analysis for Retail: Sales Performance Report” yang bisa kamu selesaikan dan dijadikan portofolio data. Sales Performance Report atau laporan kinerja penjualan adalah sebuah laporan yang menyediakan informasi tentang total dan perkiraan penjualan dimana pada kasus ini adalah penjualan pada retail.


Dalam project ini kamu sebagai Data Analyst di DQLab Store, ditugaskan management untuk memberikan laporan yang membahas overall sales performance secara umum dan per sub kategori, efektivitas dan efisiensi promosi yang dilakukan selama ini, serta analisis terhadap konsumen.

 

3. Project Data Analysis for B2B Retail: Customer Analytics Report

Sektor ritel sebagai penyedia barang atau jasa yang digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari sudah sejak lama memulai transformasi digital dalam bisnisnya. Dengan penggunaan model yang tepat, teknologi digital dapat membantu industri ritel mengumpulkan data-data pelanggan yang berharga. Dimana data ini nantinya dapat dijadikan insight untuk mengoptimalkan keuntungan dan mencapai target pemasaran.


Dengan memanfaatkan ilmu Data Science, ritel dapat membuat Customer Analytics Report. Customer Analytics Report adalah sebuah laporan yang menyediakan informasi terkait perilaku konsumen suatu perusahaan/produk dalam periode tertentu. Data-data yang dikumpulkan akan dilihat hubungannya satu sama lain untuk dibuat pola prediksi konsumen.


Hasil analisis terkait perilaku konsumen ini nantinya bisa menjadi patokan dalam penentuan harga dan promosi terbaik yang dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan konsumen.


4. Project Data Analysis for Finance: Credit Risk Analysis

Project dalam modul ini berisi pengenalan mengenai credit risk dan credit rating prediction dan apa manfaatnya untuk industri finansial pemberi pinjaman seperti bank, multi finance, asuransi, dan lainnya. Dalam penyelesaian project akan dikenalkan beberapa konsep dari berbagai algoritma seperti decision tree dan algoritma C5.0 sampai menghasilkan model credit risk.


Setelah model didapatkan, dilanjutkan dengan memahami output atau hasil dari algoritma tersebut. Setelah model dihasilkan, kita perlu mengevaluasi kelayakan model untuk digunakan. Jika dirasa modelnya sudah cukup baik, maka dilanjutkan dengan cara menggunakan model untuk melakukan prediksi risk rating dari data pengajuan pinjaman baru.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Pengerjaan project Data Analyst ini sebagai bentuk pengenalan terhadap dunia data serta penerapannya. Dengan mengenali project Data Analyst kita akan mengetahui seberapa penting peranan data serta analisis data dalam keseharian. Jangan khawatir atau bingung ingin mencobanya dimana, langsung saja ke DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab. 


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :