PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 58 Menit 28 Detik 

Concat SQL adalah Salah Satu Fungsi Text SQL, Yuk Kenalan!

Belajar Data Science di Rumah 12-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/de5cf066a561c6821b7ebfa959f6bea5_x_Thumbnail800.jpg

Di era serba digital, membuat ketersediaan data menjadi melimpah ruah di semua sektor seperti industri dan juga bisnis. Dimana setiap harinya sektor tersebut dapat mengumpulkan serta menghasilkan miliaran data, fenomena ini biasa disebut œBig Data. Dari fenomena tersebut, tentunya diperlukan keterampilan yang tepat untuk memahami makna dibalik suatu data. 


Oleh karena itu, dibutuhkan seorang praktisi data yang bertugas untuk mencari insight dari data yang melimpah tadi. Jadi, jika kamu ingin memulai karir sebagai praktisi data entah itu sebagai data scientist, data analyst atau business intelligence maka mempelajari SQL terlebih dahulu adalah langkah yang tepat.


SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang dirancang untuk mengolah serta mengakses sistem manajemen database. SQL diperlukan ketika kamu ingin mendeploy hasil analisis data ke web statis. Selain itu SQL dipuji karena kesederhanaan sintaks yang pendek dan mudah dipahami dari pada bahasa pemrograman lain. 


SQL memiliki berbagai macam fungsi salah satunya yang akan kami bahas dalam artikel yaitu fungsi concat SQL. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut sampai selesai!


1. Kenapa Perlu Belajar SQL?


sql


Kenapa sih kita perlu berlajar SQL ? Wyh not ? Jawabannya, karena Pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki sistem penyimpanan data, sistem penyimpanan ini bukan di komputer atau laptop dalam bentuk file atau folder, tetapi di suatu sistem database. Nah, sistem database ini biasanya diakses menggunakan SQL. 


Sebagai praktisi data, tugas kita tidak hanya menganalisa data yang sudah tersedia tetapi juga mampu untuk mengambil, memodifikasi dan mengakses sendiri data tersebut dari sumber datanya, yaitu dari database. Selain itu SQL akan membantu perusahaan pada bagian tertentu antara lain:

  • Manajemen memerlukan laporan dengan informasi yang semakin beragam, tren penjualan bulan ke bulan, pertumbuhan pelanggan, apakah perusahaan bias mencapai target dan lain-lain. Oleh karena itu dibutuhkan keahlian memahami SQL

  • Programmer yang membangun sistem aplikasi hampir dipastikan selalu bergantung kepada sistem database SQL agar aplikasnya berjalan dengan baik.

  • Bisa meningkatkan kinerja perusahaan karena informasi yang kaya dapat dihasilkan melalui SQL.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Struktur Penyimpanan RDBMS

Jadi, berdasarkan gambar tersebut setiap database akan terdiri dari beberapa tabel dan setiap tabel bisa terdiri dari beberapa field. Tabel dan field inilah yang nantinya akan memiliki record atau row yang berisikan data-data. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh tabel ms_produk berikut dalam suatu database :

sql

3. Fungsi di SQL

Fungsi skalar dalam SQL digunakan untuk mengembalikan nilai tunggal (single value) dari suatu nilai input yang diberikan, sedangkan Fungsi agregat dalam SQL digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai dan kemudian mengembalikan nilai tunggal. Nah, biar lebih mudah dipahami mari kita bahas dan praktekkan fungsi-fungsi dari kedua kategori ini.


sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Concat dalam Fungsi Text SQL

Setelah fungsi skalar numerik, berikut ini kita akan mempelajari fungsi skalar untuk text/string value. Fungsi ini digunakan jika kita ingin melakukan operasi pada text atau karakter di SQL, misalnya, mengubah huruf kecil ke huruf besar, menghitung jumlah karakter dari text, dll. 


Fungsi skalar text di SQL juga cukup banyak, jadi sebagai praktik kita akan mencoba beberapa fungsi yang sering digunakan saja ya. Tapi jangan khawatir, kalian bisa melihat dokumentasi untuk fungsi skalar text di postgresql documentation dan juga mysql documentation.

sql

Secara umum syntax untuk penulisan fungsi concat ( ) sebagai berikut:

sql

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :