[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 53 Menit 34 Detik 

Contoh Business Intelligence : Kenali 3 Aspek Utama dari Business Intelligence

Belajar Data Science di Rumah 26-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/50f987f702e36142aaedb7c4e4defe3b_x_Thumbnail800.png

Contoh business intelligence sangat banyak ditemukan di berbagai sektor industri, misalnya di industri perbankan, industri perhotelan, telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Hal ini membuktikan bahwa business intelligence merupakan sesuatu yang cukup penting di perkembangan teknologi saat ini. Business Intelligence sendiri merupakan bagian dari Data Science yang tidak serta merta tercipta begitu saja tanpa alasan tertentu.

Business Intelligence yang kerap disingkat dengan BI diharapkan dapat mempermudah para pelaku usaha dalam mencari peluang baru dan menentukan strategi yang tepat agar dapat mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Jika kita berbicara tentang BI, maka sebagian orang akan langsung memikirkan tentang dashboard. Namun ternyata ada beberapa aspek utama dari BI yang kerap digunakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang aspek-aspek tersebut secara lebih lengkap. Penasaran kan? Check this out!

1. Integrasi Data

Seorang Business Intelligence akan sangat akrab dengan proses integrasi data, dimana berbagai dari dari berbagai sumber akan digali atau diambil, kemudian data tersebut akan diubah baik itu dengan mengurangi, menambah, dan lain sebagainya. Selanjutnya, data tersebut akan disimpan ke dalam tempat tertentu yang kemudian akan menjadi sumber data. Hal ini dikenal juga dengan proses manajemen data.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Online Analytical Processing

Aspek lain yang kerap digunakan oleh seorang Business Intelligence adalah di bagian analisis. Online Analytical Processing atau yang lebih dikenal dengan OLAP akan digunakan untuk melakukan aplikasi ataupun teknologi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi data berbagai dimensi sehingga dapat menghasilkan produk Business Intelligence. Data yang dihasilkan dapat disimpan di MOLAP (Multidimensional Online Analytical Processing), ROLAP (Relational Online Analytical Processing), dan HOLAP (Hybrid Online Analytical Processing)

3. Reporting

Reporting merupakan aspek yang tidak kalah penting jika dibandingkan aspek lainnya dalam Business Intelligence. Dashboard yang dibuat sangat dengan data yang live (akan terupdate terus menerus secara otomatis) sudah sangat powerfull jika dijadikan alat untuk reporting. Hal ini juga didukung oleh beberapa tools BI yang memberikan pilihan untuk mempublish dashboardnya di portal khusus untuk organisasi tersebut, misalnya saja Tableau.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher.

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Gifa Delyani

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!