Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Contoh Data Science dalam Berbagai Bidang Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-05-2024-04-06-202136_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman! Mungkin sebagian besar dari kalian telah mendengar istilah data science  bukan? Data science atau bisa dikenal dengan imu data ini terbukti telah bermanfaat untuk bermacam-macam keperluan. Bahkan kini data science untuk bisnis juga bisa diterapkan sesuai dengan bidang bisnisnya masing-masing. Contohnya seperti pada bidang manufaktur, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang teknologi, dan masih banyak lainnya.


Penerapan data science pada masa kin memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan, terutama perusahaan besar yang memiliki ketersediaan data yang sangat banyak. Selain untuk bisnis, data science ini juga telah digunakan oleh para akademisi maupun peneliti. Hal ini tentu sangat memungkinkan mengingat saat ini kita sedang berada di era big data sehingga data science bisa dipelajari dan diterapkan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja.


1. Bidang Manufaktur

Manufaktur merupakan salah satu bidang yang membutuhkan peranan data science dengan sangat baik. Salah satu pemanfaatan data science dalam bidang manufaktur adalah untuk melakukan prediksi dan analisis yang lebih baik dalam berbagai aspek bisnis seperti perencanaan produksi, manajemen persediaan, kualitas produk, dan biaya produksi.


Beberapa contoh penerapannya adalah analisis data untuk memahami perilaku pelanggan, memprediksi permintaan produk, mengoptimalkan rantai pasok, dan penggunaan Internet of Things (IoT).

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Bidang Kesehatan

Perkembangan teknologi saat ini dirasakan juga oleh bidang kesehatan Saat ini kita telah menjumpai begitu banyak aplikasi kesehatan yang memiliki berbagai fungsi seperti untuk berkonsultasi dengan online meresepkan obat tertentu, menanyakan gejala kesehatan, dan lainnya.


Kalian jangan khawatir, pengguna bisa memilih aplikasi kesehatan yang benar-benar terpercaya, dokter atau narasumber yang ahli di bidangnya, dan terverifikasi oleh Kementerian Kesehatan.

Data Science


3. Bidang Pendidikan

Bagi seseorang yang ingin memulai atau telah memiliki bisnis yang berkaitan dengan dnia pendidikan maka perlu mempelajari data science juga. Saat ini data science juga dapat diterapkan di bidang ini. Sebagai contoh jika seseorang ingin meningkatkan performa akademik siswa dengan menggunakan data historis dan beberapa variabel yang dibutuhkan. Dengan menggunakan data science maka bisa diperoleh sistem pengaturan kelas yang efektif dan beberapa intervensi atau arahan yang sesuai dengan keadaan.

Data Science


4. Bidang Teknologi

Jika berbicara mengenai bidan teknologi dan kaitannya dengan data science, contoh-contoh penerapannya tentu sudah tidak asing kita jumpai. Sebagai contoh yang sering kita lihat antara lain penggunaan machine learning yang ditemukan pada game online, adanya virtual assistant, prediksi cuaca pada smartphone, menggunakan sidik jari untuk memperkuat sistem keamanan, fitur perekam suara aplikasi edit foto dan video, serta masih banyak lainnya. 

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Bagi seseorang yang memiliki bisnis atau bertanggung jawab terhadap kemajuan suatu bisnis, perlu mempelajari beberapa ilmu terupdate masa kini, salah satunya adalah data science. Kamu bisa mulai belajar data science dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login