PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 4 Jam 40 Menit 31 Detik

Contoh Machine Learning dalam Kehidupan Digital

Belajar Data Science di Rumah 05-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7862f851a192dee8bda10831669dfb7c_x_Thumbnail800.jpeg

Halo sahabat data! Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa saat ini kita sudah hidup berdampingan dengan perkembangan teknologi. Salah satu hal yang mengimbanginya adalah adanya Machine Learning. Machine Learning & contoh penerapannya sudah sering kita jumpai bahkan kita gunakan dalam keseharian.


Algoritma Machine Learning dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, baik menyediakan analitik prediktif untuk bisnis sampai mendukung pengambilan keputusan. Bahkan teknologi autopilot seperti mobil tanpa pengemudi juga menggunakan model Machine Learning. 


Machine Learning hadir dengan tujuan meringankan dan mengefisienkan semua aktivitas. Sehingga sejatinya sangat mudah didapatkan di sekitar kalian. Kira-kira apa sajakah contoh Machine Learning yang sering digunakan pada saat ini? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Rekomendasi Produk pada Marketplace

Sistem belanja online di marketplace memang cukup memudahkan kita, karena kita bisa mendapatkan barang tanpa harus melakukan kunjungan secara fisik ke toko nya. Namun pernahkah kamu memperhatikan, kira-kira mengapa rekomendasi yang disarankan oleh marketplace selalu sesuai dengan kebutuhan kita.


Machine Learning


Dengan menggunakan data-data yang sebelumnya dikumpulkan, Machine Learning dapat membantu menemukan tren data yang dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi produk, sehingga konsumen dapat tertarik untuk melakukan pembelian kembali.


Contoh dari sistem ini adalah kolom “Lagi banyak dicari” dan “Rekomendasi untukmu” di Tokopedia. Atau di kolom “Produk Serupa” dan “Kamu Mungkin Juga Suka” di Shopee.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Rekomendasi Pencarian pada Google

Saat ini, informasi sangatlah banyak jumlahnya, bahkan bertebaran begitu saja di internet. Misalnya saja di salah satu mesin pencarian yang paling populer saat ini, Google. Jika kita tidak memahami sesuatu, maka yang pertama kali dilakukan adalah bertanya pada Google.


Machine Learning


Tidak jauh berbeda dengan konsep pada rekomendasi product marketplace, Machine Learning juga bisa memberikan rekomendasi pencarian pada Google. Ketika kita mengetik kata kunci, Google akan menampilkan hasil pencarian yang paling mendekati kata kunci tersebut.


Selain itu, jika kita memilih suatu halaman dan menghabiskan banyak waktu pada halaman tersebut, Google akan mendeteksi bahwa halaman tersebut sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan.


3. Asisten Virtual: Cortana, Siri, Google Now

Asisten Virtual sekarang sudah banyak kita temukan di gadget kita. Asisten Virtual seperti Siri, Alexa, Cortana hingga Google Assistant merupakan salah satu contoh terapan teknologi Machine Learning.

Machine Learning

Asisten Virtual ini dapat melakukan banyak hal, mulai dari pencarian informasi, pembuatan jadwal, dan pengingat even tertentu.


Algoritma ML mengumpulkan informasi, memahami minat penggunaannya, lantas meningkatkan pengalaman pengguna berdasarkan interaksi-interaksi sebelumnya.


4. Pendeteksi Plagiarisme

Aktivitas akademik selalu tak lepas dari pekerjaan esai dan pengecekan plagiarisme sebagai standar orisinalitas esai. Contoh Machine Learning di pendidikan adalah untuk membangun detektor plagiarisme yang akurat. Ia mampu menganalisis dengan cepat estimasi numerik tentang seberapa identik dokumen yang diinput dengan dokumen lain dalam database.

Machine Learning

Machine Learning juga dapat menciptakan Robo-reader, yaitu sistem penilaian esai secara otomatis. Esai adalah tulisan yang sangat kompleks, namun berkat bantuan AI, menilai tugas esai menjadi jauh lebih mudah. Ada ujian GRE yang menggunakan seorang penilai manusia dan satu Robo-reader yang dikenal sebagai e-Rater untuk menilai esai.


Bahkan di sektor pendidikan ini, Machine Learning membantu dalam pembelajaran yang dipersonalisasi, voice assistant, memudahkan administrasi, dan menganalisis tingkat putus sekolah seorang siswa.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula dengan tujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis & berorientasi pada hasil.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk Sign Up sekarang di DQLab.id!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login