TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 22 Menit 41 Detik

Contoh Machine Learning untuk Profesi Script Writer

Belajar Data Science di Rumah 23-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/75f10d054e1b7b64af84c8bd329e2f01_x_Thumbnail800.jpeg

Machine learning merupakan salah satu teknologi yang mulai diadaptasi pada berbagai bidang. Mulai dari kesehatan, pemasaran, pariwisata, teknologi energi baru dan terbarukan sampai pada industri perfilman pun juga menggunakan Machine Learning sebagai alatnya. Industri perfilman belakangan ini mulai melejit sejak pandemi resmi melandai. 


Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap film-film yang diproduksi oleh industri perfilman lokal membuat industri film Indonesia semakin meroket. Respons yang sangat baik dari masyarakat ini membuat berbagai judul film mulai diproduksi dan tayang, baik di bioskop maupun platform-platform digital. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan industri perfilman adalah pembangunan karakter, alur cerita dan penokohan yang menarik. Faktor-faktor ini ditangani khusus oleh salah satu profesi yang belakangan ini mulai dicari yaitu Script Writer.


Dalam industri film dan televisi, seorang penulis skenario (script writer) harus dapat menciptakan karakter yang menarik, menuliskan dialog yang memikat, dan mengembangkan plot yang menarik untuk menarik perhatian penonton. Namun, menciptakan karya yang unik dan menarik tidak selalu mudah. Oleh karena itu, beberapa perusahaan dan penulis skenario menggunakan teknologi machine learning untuk membantu meningkatkan kualitas skrip mereka. Tidak heran jika machine learning dipakai sebagai alat bantu dalam mendukung penyusunan naskah per babak agar lebih smooth dan menarik. 


Nah, terus contohnya apa sih machine learning yang biasanya dipakai dalam pembuatan film yang dilakukan oleh script writer? Simak selengkapnya berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Natural Language Processing (NLP)

Natural Language Processing (NLP) adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk memahami dan memproses bahasa manusia. Dalam konteks penulisan skenario, NLP dapat digunakan untuk menganalisis skenario yang telah ada dan menemukan pola dalam penggunaan kata, gaya penulisan, dan elemen struktural lainnya. Dengan mengumpulkan data dari skenario yang sukses, machine learning dapat membantu penulis skenario menghasilkan skenario yang lebih menarik dan efektif.

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning! 


2. Sentiment Analysis

Sentiment analysis adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk menganalisis opini atau perasaan dalam sebuah teks. Dalam penulisan skenario, teknologi ini dapat membantu penulis skenario mengidentifikasi karakter yang lebih kompleks dan menarik, serta memahami cara penonton bereaksi terhadap plot dan karakter dalam skenario. Dengan memperoleh data dari analisis sentimen, penulis skenario dapat menyesuaikan skenario mereka agar sesuai dengan preferensi penonton.

Machine Learning


3. Image Recognition

Image recognition adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk mengenali dan memproses gambar dan video. Dalam penulisan skenario, teknologi ini dapat membantu penulis skenario membuat skenario yang lebih visual dan menarik. Dengan memperoleh data dari pengenalan gambar, penulis skenario dapat membuat adegan yang lebih detail dan terstruktur dengan lebih baik, sehingga dapat menarik perhatian penonton.

Machine Learning


4. Predictive Analytics

Predictive analytics adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk menganalisis data dan memprediksi hasil masa depan. Dalam penulisan skenario, teknologi ini dapat membantu penulis skenario meramalkan bagaimana penonton akan bereaksi terhadap skenario tertentu. Dengan memprediksi hasil masa depan, penulis skenario dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengarahkan skenario mereka dan memastikan bahwa skenario tersebut lebih menarik bagi penonton.

Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


5. Voice Recognition

Voice recognition adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk mengenali suara manusia dan memproses bahasa yang diucapkan. Dalam penulisan skenario, teknologi ini dapat membantu penulis skenario menciptakan karakter yang lebih autentik dan realistis dengan menggunakan dialog yang lebih alami dan berkualitas tinggi. Dengan memperoleh data dari pengenalan suara, penulis skenario dapat membuat dialog yang lebih realistis dan mengembangkan karakter yang lebih menarik.

Machine Learning


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa. Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning di DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :