GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 40 Menit 24 Detik 

Contoh Metode Analisis Data Kuantitatif dalam Research

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0c25e5b9e5416aba3d49f42bf30c8b2e_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data kuantitatif dalam research merupakan salah satu teknik yang sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sampling untuk metode kuantitatif. Misalnya, polling online, kuesioner, dan survei online. Data dikumpulkan oleh peneliti dan direpresentasikan secara numerik. Analisis data kuantitatif dalam research juga digunakan untuk mengukur variabel, menganalisis, dan mengidentifikasi hubungan antar variabel di suatu dataset. Data yang digunakan dikumpulkan melalui penelitian terstruktur dan hasilnya mencerminkan atau mewakili populasi.

Analisis data kuantitatif menggunakan tools yang berbeda-beda. Tools yang digunakan untuk mengumpulkan data numerik dalam hal angka dan statistik. Data ini direpresentasikan dalam bentuk non tekstual seperti gambar, chart, dan tabel. Selain itu, peneliti juga bisa menggunakan data non numerik untuk mengkaji informasi tersebut. Data yang digunakan untuk analisis ini merupakan data kuantitatif yang dikumpulkan untuk analisis statistik menggunakan survei, kuesioner, poling, dan lain sebagainya yang merupakan sampel dari sebuah populasi. Metode pada analisis data kuantitatif sangat bervariasi. Mau tau apa saja metode tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Survey Research

Survei adalah salah satu metode statistik yang digunakan untuk berbagai jenis penelitian kuantitatif. Tujuan dari metode ini adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai karakteristik populasi atau kelompok tertentu. Metode survei research digunakan oleh semua perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Bahkan survei ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Metode ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui konsumen dan memahami cara terbaik untuk mengembangkan produk. 


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Experimental Research

Experimental research adalah salah satu jenis penelitian kuantitatif yang didasarkan pada single or multiple theories. Metode ini memanfaatkan teknik ilmiah untuk memverifikasi hubungan sebab akibat dalam kelompok variabel. Oleh karena itu, peneliti atau data analyst dapat menggunakan lebih dari satu teori. Metode experimental research dapat digunakan di berbagai bidang, seperti sosiologi, fisika, biologi, kimia, kedokteran, dan lain sebagainya.


3. Correlational Research

Correlational Research digunakan untuk membangun hubungan antara dua entitas yang dekat dan menentukan dampak relasional satu sama lain. Untuk itu, seorang data analyst atau peneliti membutuhkan minimal dua kelompok yang berbeda. Selain itu, peneliti atau data analyst dapat menemukan pola dan trend dalam data tanpa harus analisis terlalu dalam. Contoh penggunaan correlational research adalah peningkatan penjualan produk dan frekuensi campaign atau iklan.


4. Causal-Comparative Research

Causal-comparative research adalah salah satu metode ilmiah yang bertujuan untuk meringkas persamaan sebab akibat antara beberapa variabel yang berbeda. Dalam hubungan kausal, variabel tunggal didasarkan pada variabel eksperimental komplementer. Pada metode ini, data analyst atau peneliti tidak memanipulasi variabel independen. Namun, dampak variabel independen terhadap variabel dependen dapat diukur menggunakan metode analisis kuantitatif ini.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Belajar Berbagai Metode Analisis Data Bersama DQLab

Saat ini hampir semua industri membutuhkan analisis data. Metode yang digunakan pun beraneka ragam. Oleh karena itu, jika kita ingin berkarir di dunia industri khususnya di bagian yang berhubungan dengan data, kita perlu memahami berbagai metode analisis data, baik data kuantitatif maupun kualitatif. Ilmu pengetahuan yang terus berkembang menyebabkan munculnya berbagai metode analisis data baru yang perlu dipelajari. Yuk mulai belajar metode analisis data yang banyak digunakan di dunia industri bersama DQLab! Klik button di bawah ini dan nikmati berbagai program belajar yang affordable. Kita juga bisa mengakses berbagai modul interaktif yang didukung dengan live code dan challenge sehingga proses belajar lebih menyenangkan.



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!