MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 8 Menit 20 Detik 

Contoh Metode Analisis Data Kuantitatif di Sektor Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 01-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/303441f76ddf73eab3e7bf2fae988228_x_Thumbnail800.png

Pemilik bisnis seringkali terpaksa harus membuat keputusan dalam segala kondisi terutama di tengah-tengah kondisi ketidakpastian. Oleh karena itu, adanya metode analisis data kuantitatif memungkinkan para pebisnis membuat prediksi dan perkiraan terbaik dengan demikian meminimalkan risiko yang terkait dengan keputusan tertentu. Idealnya, model kuantitatif memberi pebisnis pemahaman yang lebih baik tentang informasi, untuk memungkinkan mereka membuat keputusan terbaik. Contoh metode analisis data kuantitatif dan kualitatif sangat penting kita pahami terutama dalam proses bisnis. Metode analisis data kuantitatif menekankan pada pengukuran yang objektif dan analisis statistik, matematika atau numerik data yang dikumpulkan melalui kuesioner, survei atau dengan memanipulasi data statistik yang sudah ada yang telah menggunakan teknik komputasi. 


Metode analisis data kuantitatif berfokus pada pengumpulan data numerik dan menggeneralisasikannya di seluruh kelompok atau menjelaskan fenomena tertentu. Misalnya kuesioner dari penelitian berjudul “Studi tentang dampak manajemen informal komunikasi karyawan pada tingkat motivasi karyawan: studi kasus agro bravo enterprise” dapat menunjukkan bahwa mayoritas 54% responden menilai keterampilan komunikasi mereka pengawas langsung sebagai tidak memadai. Selebihnya, yuk simak artikel dibawah ini!


1. Manajemen Proyek

Satu bidang di mana analisis kuantitatif dianggap sebagai alat yang sangat diperlukan adalah dalam manajemen proyek. Seperti disebutkan sebelumnya, metode kuantitatif digunakan untuk menemukan cara terbaik dalam mengalokasikan sumber daya, terutama jika sumber daya ini langka. Proyek kemudian dijadwalkan berdasarkan ketersediaan sumber daya tertentu. Dengan manajemen proyek kamu dapat menyelesaikan suatu proyek tepat waktu, menjaga kualitas proyek agar sesuai dengan kriteria yang telah kamu tentukan, serta memastikan kegiatan proyek yang dapat berjalan dengan lancar.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Rencana Produksi 

Analisis kuantitatif juga membantu individu untuk membuat keputusan perencanaan produk yang terinformasi. Katakanlah sebuah perusahaan merasa sulit untuk memperkirakan ukuran dan lokasi fasilitas produksi baru. Analisis kuantitatif dapat digunakan untuk menilai proposal yang berbeda untuk biaya, waktu, dan lokasi. Dengan perencanaan dan penjadwalan produk yang efektif, perusahaan akan lebih mampu memenuhi kebutuhan pelanggan mereka sekaligus memaksimalkan keuntungan mereka. 


3. Pemasaran 

Setiap bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun, menetapkan anggaran untuk departemen pemasaran bisa jadi rumit, terutama jika tujuannya tidak ditetapkan. Dengan metode kuantitatif yang tepat, pemasar dapat menemukan cara mudah untuk mengatur anggaran yang dibutuhkan dan mengalokasikan pembelian media. Keputusan dapat didasarkan pada data yang diperoleh dari kampanye pemasaran.


4. Keuangan

Departemen akuntansi bisnis juga sangat bergantung pada analisis kuantitatif. Personel akuntansi menggunakan data dan metode kuantitatif yang berbeda seperti model arus kas yang didiskontokan untuk mengestimasi nilai investasi. Produk juga dapat dievaluasi, berdasarkan biaya produksi dan keuntungan yang dihasilkannya. Kamu dapat menggunakan teknik linear programming untuk memecahkan permasalah di berbagai sektor bisnis. Pada sektor keuangan linear programming bisa dipakai dalam menentukan portfolio investasi dengan tujuan memaksimalkan laba atau meminimalisir resiko. 


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Pelajari Tentang Fundamental Statistik Bersama DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita






Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!