TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 54 Menit 8 Detik 

Contoh Metode Analisis Data Kuantitatif yang Diterapkan dalam Penelitian

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/26f227c84fd488dba7d04d164584c41e_x_Thumbnail800.jpg

Metode analisis data kuantitatif adalah salah satu jenis metode analisis untuk data angka atau numerik. Metode ini berfokus pada penelitian yang mengandung objektivitas. Analisis kuantitatif membutuhkan jumlah data yang banyak dan perhitungan secara akurat menggunakan rumus-rumus statistik. Metode analisis data kuantitatif dibagi menjadi dua tipe yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif merupakan metode analisis yang menyajikan datanya dalam bentuk deskriptif. Sedangkan analisis inferensial merupakan metode analisis yang menggunakan rumus tertentu untuk kebutuhan pengambilan keputusan.


Penggunaan metode analisis data kuantitatif memerlukan ketelitian peneliti dan kemampuan dalam perhitungan data. Beberapa teknik statistik yang dapat digunakan dalam analisis data kuantitatif adalah uji-T, ANOVA, korelasi, regresi, univariat, bivariat, mean, median, dan simpangan baku. Pemilihan teknik disesuaikan dengan data yang kita miliki. Analisis data kuantitatif dapat menggunakan software pengolahan data yang mendukung data analysis seperti Microsoft Excel, Python, dan R. Pada artikel kali ini akan membahas beberapa contoh metode analisis data kuantitatif dalam penelitian. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Penelitian untuk Melihat Hubungan Antar Variabel

Metode analisis data kuantitatif dapat diterapkan ketika melakukan penelitian untuk melihat hubungan antar variabel. Misalnya kita ingin melihat hubungan antar variabel nilai mata kuliah dan ipk mahasiswa. Dari hasil analisis kita bisa melihat seperti apa pengaruh nilai mata kuliah mahasiswa terhadap ipk mahasiswa. Hubungan antar variabel yang ditemukan dapat menjadi bahan evaluasi universitas dalam meningkatkan kualitas sistem pengajarannya. Hal ini akan sangat berguna bagi setiap jurusan di universitas selain sistem pengajaran yang semakin baik, namun juga menghasilkan mahasiswa yang berkualitas. 


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Kondisi Tertentu

Teknik analisis deskriptif biasanya digunakan untuk penelitian yang bersifat eksplorasi. Teknik ini dapat digunakan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kondisi tertentu. Beberapa contohnya yaitu mengetahui persepsi masyarakat terhadap kenaikan harga sembako atau BBM, persepsi guru honorer terhadap pengangkatan PPPK, persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen mata kuliah, persepsi masyarakat terhadap pelayanan asuransi kesehatan, persepsi nasabah terhadap pelayanan bank baik bagian teller maupun customer service, dan lain sebagainya. 


3. Membandingkan Dua Kelompok atau Lebih

Analisis komparasi termasuk dalam metode analisis data kuantitatif. Teknik ini bertujuan untuk membandingkan antara kondisi dua kelompok atau lebih. Penggunaan teknik tergantung pada jenis skala data dan jumlah kelompoknya. Contoh penerapan teknik analisis komparasi pada penelitian yaitu antara lain bisa untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan toko A dan toko B, perbedaan minat mahasiswa terhadap pemilihan jurusan ditinjau dari asal jurusan saat sekolah menengah, perbedaan produktivitas kerja karyawan setelah mengikuti pelatihan kerja, perbedaan nilai yang diperoleh siswa saat pembelajaran luring dan daring, dan lain sebagainya.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Melihat Tingkat Kepuasan Konsumen 

Metode analisis data kuantitatif dapat diterapkan perusahaan untuk melihat tingkat kepuasan konsumen. Tingkat kepuasan konsumen tentu penting bagi perusahaan untuk meningkatkan pelayanan maupun produk yang dipasarkan. Data dapat dikumpulkan dengan melakukan kuesioner dan survei pada konsumen di wilayah pelayanan dan persebaran produk. Kita bisa menyusun kuesioner terkait pendapat konsumen pada pelayanan atau produk yang diberikan oleh perusahaan. 


5. Pelajari Metode Analisis Data di Industri Bareng DQLab, Yuk!

Metode analisis data wajib dipelajari para calon talenta data yang ingin berprofesi sebagai praktisi data. Penerapan metode analisis data yang tepat didasarkan pada pemahaman peneliti pada data yang digunakan untuk penelitian. Bingung mulai belajar dari mana? Di DQLab sahabat data bisa belajar berbagai metode analisis data yang sering digunakan di industri. Modul-modul dan mentor yang profesional akan membantu kamu belajar data dengan mudah dan menyenangkan. Yuk, daftarkan dirimu di DQLab.id!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!