[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 10 Menit 2 Detik 

Contoh Metode Analisis Data yang Diterapkan dalam Penelitian

Belajar Data Science di Rumah 14-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1f605f1483ea8de3a52962c331efb780_x_Thumbnail800.jpg

Metode analisis data merupakan langkah yang sangat penting dalam proses penelitian. Suatu penelitian umumnya melewati beberapa tahapan sebelum membuat kesimpulan. Tahapan-tahapannya yaitu pengumpulan data, pengolahan data, analisis data dengan menggunakan metode yang sesuai, hingga penyajian data secara menarik. Analisis yang dilakukan akan menghasilkan kesimpulan yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan. Hasil analisis juga dapat digunakan sebagai data untuk penelitian selanjutnya. 


Metode analisis data dibagi menjadi dua jenis yaitu metode analisis data kualitatif dan metode analisis data kuantitatif. Secara singkat metode analisis data kualitatif adalah metode untuk penelitian yang memerlukan pendekatan dari data yang bersifat subyektif. Dengan kata lain, penelitian tidak bersifat general karena mengandung pemahaman masing-masing individu. Sedangkan metode analisis kuantitatif adalah metode yang digunakan untuk penelitian yang bersifat objektif. Metode ini memerlukan kemampuan perhitungan secara akurat dan interpretasi data yang sulit. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa contoh metode analisis data yang diterapkan dalam penelitian. Penasaran apa saja? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini! 


1. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen 

Metode analisis data dapat diterapkan untuk melakukan riset pemasaran dan perilaku konsumen. Contohnya pada sebuah perusahaan yang menawarkan produk sabun mandi. Tingkat konsumsi pelanggan dapat dijadikan bahan evaluasi perusahaan apakah pelanggan membeli dan puas dengan produk sabun mandi tersebut. Penelitian ini bisa menggunakan metode analisis data kuantitatif karena menggunakan data numerik seperti frekuensi konsumsi, tingkat kepuasan, dan variabel lainnya. Kemudian untuk pengumpulan datanya bisa melakukan survei menggunakan kuesioner jika responden yang dituju sangat banyak. 


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Sensus Kependudukan

Sensus kependudukan dilakukan setiap sepuluh tahun sekali dengan menggunakan dua tahap yaitu pencacahan lengkap dan pencacahan sampel. Variabel yang digunakan pada sensus antara lain yaitu status kependudukan, usia, status perkawinan, tempat lahir, dan jumlah anak yang lahir hidup dan masih hidup. Sensus dilakukan dengan melakukan survei untuk memperoleh informasi dan biasanya menggunakan jenis metode analisis kuantitatif karena volume datanya yang sangat besar. Beberapa hasil analisis yang diperoleh dari sensus kependudukan antara lain yaitu mengetahui laju pertumbuhan penduduk, distribusi persentase penduduk, rasio jenis kelamin, rata-rata banyaknya anggota rumah tangga, dan angka kelahiran pada perempuan pada rentang umur tertentu. Semua bisa dilihat di situs resmi Badan Pusat Statistik. 


3. Mengembangkan Kultur Perusahaan 

Sebuah perusahaan umumnya mengembangkan kultur perusahaan secara berkala. Hal ini dilakukan agar perusahaan semakin maju. Jenis metode analisis data kualitatif yaitu analisis naratif dapat digunakan untuk penelitian ini yang mana berfokus pada cerita dan ide yang dikomunikasikan ke semua bagian yang terkait. Metode analisis ini dapat digunakan untuk menginterpretasikan perasaan karyawan terhadap pekerjaannya, bagaimana penilaian pelanggan terhadap perusahaan, dan bagaimana operasional perusahaan berjalan. Ini akan menjadi bahan evaluasi perusahaan untuk mengembangkan kultur perusahaan agar lebih baik. Kultur perusahaan yang baik juga dapat menjadi salah satu faktor perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan maupun para pelamar kerja. 


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Prediksi Tren di Masa Depan

Data bisa digunakan untuk memprediksi tren di masa depan. Metode analisis data kuantitatif merupakan jenis metode analisis yang cocok untuk penelitian ini. Kita dapat mengukur hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen. Walaupun terbatas hanya satu variabel dependen, namun kita tetap dapat memiliki variabel independen yang tidak terbatas. Dalam dunia bisnis, metode ini sering digunakan seperti menentukan metode distribusi suatu produk, kapasitas distribusi, dan memprediksi musim seperti kecepatan angin, kelembaban, tekanan udara, dan curah hujan. 


5. Kembangkan Kemampuan Analisis Datamu dengan Bergabung di DQLab!

Kemampuan analisis data adalah hal yang wajib dikuasai untuk menjadi praktisi data. Data scientist dan data analyst merupakan dua profesi yang sedang naik daun saat ini. Data scientist dan data analyst bertugas mengolah dan menganalisis data untuk memperoleh informasi yang berguna. Metode analisis pun beragam dan harus dipahami oleh praktisi data. DQLab menyediakan berbagai modul untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan analisis data menggunakan metode dan tools yang sering digunakan di industri. Yuk, gabung di DQLab.id dan gapai impianmu menjadi praktisi data!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!