DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 0 Menit : 40 Detik

Contoh Penerapan Data Science yang Perlu Kamu Tahu

Belajar Data Science di Rumah 12-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/445e5e1acc684ba4d28f56d0a80a34d6_x_Thumbnail800.png

Data Science merupakan perpaduan dari berbagai alat, algoritma dan prinsip-prinsip pembelajaran mesin dengan tujuan menemukan pola yang tersembunyi dari data mentah. Data Science juga dapat dikatakan sebagai rangkaian proses perhitungan dan penalaran untuk menggali nilai lebih dari suatu informasi yang belum dapat diketahui secara manual dari suatu database.

Pada zaman modern ini penerapan Data Science sangatlah penting untuk mengelola data yang skalanya sangat besar. Data Science dapat membantu suatu organisasi/perusahaan merekam aktivitas yang terjadi pada data warehousenya dan memberikan informasi yang sangat berharga dan akurat untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan oleh organisasi tersebut. Lalu seperti apakah penerapan Data  Science di berbagai industri? Simak artikel berikut ini ya!

 

1. Bidang Kesehatan

Penerapan Data Science juga telah digunakan pada bidang kesehatan. Pada saat ini dengan berkembangnya sistem informasi pada bidang kesehatan membuat masyarakat dan rumah sakit bisa mendapatkan berbagai kemudahan. Penerapan sistem informasi pada bidang kesehatan berperan mencegah terjadinya kesalahan medis pada pencegahan, respon dan umpan balik.

Salah satu pemanfaatan Data Science pada bidang kesehatan adalah penerapan Data Mining untuk melakukan klasifikasi prediksi pada penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Data pasien yang terkena ISPA dapat digunakan untuk menunjukkan gejala penyakit ISPA yang diderita pasien. Klasifikasi ini bertujuan untuk membentuk model Decision Tree untuk memprediksi penyakit pasien dan melihat variabel yang paling mempengaruhi penyakit pasien dengan kategori ISPA. Objek penelitian ini adalah data pasien, status imunisasi, jenis kelamin,usia dan kriteria gizi.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

 

2. Dynamic Pricing

Penetapan dynamic pricing sangat berguna dalam industri travel. Penetapan harga dinamis ini digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan data untuk mensegmentasikan pelanggan atau konsumen secara akurat. Setiap kelompok pelanggan kemudian dapat ditawari produk dengan harga berbeda. Penawaran ini didasari pada informasi yang dihasilkan oleh Data Science dan berbagai faktor lainnya.

Salah satu contoh perusahaan yang menerapkannya adalah Airbnb. Airbnb menggunakan ilmu Data Science dan algoritma dynamic pricing yang berfokus pada harga. Algoritma ini memperhitungkan berbagai macam kategori. Seperti lead time, review properti dan fasilitas yang disediakan. Algoritma ini juga dapat digunakan oleh pemilik properti untuk menentukan biaya per malam secara otomatis.

 

 

3. Pemilihan Atlet

Ketersediaan data performansi dari setiap atlet khususnya pemain sepak bola di Indonesia sangatlah terbatas. Pada contoh aplikasi Bolaoke.com, merupakan aplikasi yang bertujuan untuk mengumpulkan pecinta sepak bola sebagai sumber informasi, pertukaran informasi, kolaborasi dan kompetensi untuk dapat digunakan sebagai tools dalam meningkatkan prestasi dan kemampuan pemain persepakbolaan. Data-data ini akan dikonversikan menjadi suatu atribut performansi lalu data akan diolah menggunakan algoritma klasifikasi Naïve Bayes. Tujuan dari pengolahan data ini agar dapat memfasilitasi pemain sepak bola dan hasil analisis akan ditampilkan berupa grafik yang dapat dilihat oleh si pengguna sistem.

Pengimplementasian algoritma Naïve Bayes dalam melakukan Data Science pada aplikasi ini akan menghasilkan klasifikasi performansi dalam bentuk detail angka maupun secara grafik. Informasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk perkembangan yang lebih baik bagi olahraga sepak bola di masa mendatang.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

 

4. Yuk, TEMUKAN SUMBER DATA UNTUK BANGUN PORTFOLIO GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!