Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Contoh Penerapan Machine Learning di Keseharian

Belajar Data Science di Rumah 14-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9c41aafb-a1ad-40b8-9502-ac4aa6ce52d7-2023-06-15-030430_x_Thumbnail800.jpeg

Istilah machine learning saat ini bukanlah suatu istilah asing di masa perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang. Machine learning ini termasuk salah satu bagian dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang saat ini pun sedang booming digunakan. Machine learning dan contohnya pun sudah banyak diterapkan di berbagai bidang mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, teknologi, industri, dan masih banyak lainnya.


Pada proses pengolahan data, penggunaan machine learning ini merupakan suatu hal yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh praktisi data. Penggunaan machine learning ini memberikan begitu banyak manfaat untuk penggunanya. Beberapa manfaatnya antara lain dapat memproses data dengan lebih cepat dan akurat, mampu menghasilkan prediksi dengan hasil yang lebih baik dan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa contoh machine learning yang sering kita jumpai dalam keseharian.


1. Kategorisasi Email

Email merupakan salah satu akun penting yang sering digunakan sebagai syarat dalam membuat akun pada aplikasi tertentu. Pada saat membuka email seringkali kita melihat banyak pesan yang masuk secara random atau bahkan sudah terkategori sesuai dengan jenis-jenisnya. Sebagai contoh kita dapat melihat email yang masuk apakah terdapat dalam kategori spam, terkirim, pesan penting, sosial, dan lainnya. Dibalik semua itu salah satu hal yang berperan penting adalah machine learning.

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Virtual Assistant

Pernahkah kalian melihat pada tayangan film atau drama luar negeri yang memiliki virtual assistant atau asisten pribadi yang mampu menjalankan tugas sesuai dengan perintah. Virtual assistant ini tentunya juga menggunakan penerapan dari machine learning. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh virtual assistant antara lain seperti memberikan petunjuk arah, membuka aplikasi, sebagai sistem operasi, melakukan panggilan, melakukan pencarian google, dan masih banyak lainnya.

Machine Learning


3. Digital Marketing

Seperti yang telah kita ketahui saat ini proses transaksi maupun berbelanja tidak hanya dilakukan secara tatap muka langsung atau offline. Kegiatan transaksi online kini sudah sering kita jumpai bahkan kita laksanakan dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu bagian dari hal tersebut terdapat pula kegiatan digital marketing, yaitu sebuah proses mempromosikan suatu produk dengan sistem digital. Hal ini tentunya menerapkan algoritma machine learning di dalamnya. 

Machine Learning


4. Pengenalan Wajah

Teknologi pengenalan wajah atau biasa disebut pula dengan face recognition saat ini sering digunakan dalam berbagai keperluan. Cara kerja dari sistem ini adalah dengan mencocokkan wajah manusia dari citra digital melalui basis data wajah. Proses ini bisa digunakan untuk sistem keamanan dengan sistem verifikasi yang cepat dan efisien. Dalam sistem keamanan, cara ini sering digunakan untuk proses verifikasi lebih lanjut agar sistem keamanan terjaga dengan lebih ketat.

Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Penggunaan machine learning sata ini sudah sering kita jumpai dalam keseharian bahkan kita pun sering menggunakannya baik secara sadar maupun tidak. Salah satu tempat untuk belajar machine learning dari dasar adalah DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login