DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 20 Menit 34 Detik 

Contoh Rumus Excel Menghitung Jumlah Data yang Berbeda

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1eb7da1896268933a6874f6aad5b09d4_x_Thumbnail800.png

Microsoft Excel merupakan software spreadsheet yang sangat powerful dikelasnya, tanpa harus memakan banyak space di RAM PC jika dibandingkan dengan software lainnya yang cukup berat. Microsoft excel sangat populer digunakan di bidang akademik dan juga perkantoran untuk melakukan pengolahan data-data. Microsoft Excel juga menyediakan banyak fungsi, dan rumus dasar excel hingga contoh rumus excel menghitung jumlah data yang berbeda serta rumus advanced lain seperti shortcuts yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Oleh karena itu, excel masih menjadi andalan di berbagai kalangan untuk melakukan pengolahan data.


Antarmuka microsoft excel yang user friendly dan juga file .xls kompatibel di berbagai program lain membuat excel masih menjadi andalan untuk semua berbagai profesi ataupun kegiatan akademisi. Selain itu juga, microsoft excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. Dan yang terpenting adalah excel memiliki rumus yang sangat lengkap untuk mempermudah pekerjaan kita. Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang rumus excel menghitung jumlah data yang berbeda,. Yuk, simak artikelnya!


1. Menggunakan SUM dan COUNTIF

Rumus Excel menghitung jumlah data yang berbeda biasa dilakukan untuk menghitung berbagai data. Dengan microsoft excel kamu bisa melakukan pengolahan dan perhitungan jumlah data yang beragam, seperti nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan, hingga jenis buah yang ada di pasar. Jika kamu ingin menggunakan rumus menghitung data yang berbeda di Excel dengan jumlah yang banyak, maka bisa menggunakan SUM dan COUNTIF. Pertama-tama sediakan contoh sumber data seperti gambar dibawah ini, agar lebih memahami pengimplementasian rumusnya nanti:

Data tersebut berisi daftar buah yang ada di pasar. Meski bisa dihitung secara manual, namun jika data yang kamu hadapkan nanti dalam jumlah besar tentunya kamu bisa menggunakan rumus Excel menghitung jumlah angka atau data yang berbeda dengan gabungan rumus SUM dan COUNTIF.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Excel Menghitung Jumlah Data yang Berbeda

Gambar tabel paragraf di atas menunjukkan data nama produk khususnya buah-buahan. Setiap baris berisikan data berupa nama buah yang berbeda-beda. Jika diperhatikan ada beberapa nama buah yang ditulis berulang sehingga jika dijumlahkan tentu tidak berjumlah 17 nama buah. Untuk menghitung jumlah data yang berbeda kita bisa menggunakan kombinasi fungsi SUM dan COUNTIF. Rumus untuk data di atas adalah sebagai berikut:


=SUM(1/COUNTIF(B2:B17,B2:B17)) 


Ketikkan rumus tersebut kemudian tekan Ctrl + Shift + Enter, yang secara otomatis akan langsung menampilkan jumlah data pada kolom D2 dan pada rumus tersebut langsung muncul tanda kurung kurawal ({}) seperti pada gambar berikut ini:


3. Rumus Excel Menghitung Jumlah Data yang Berbeda dengan Cell Kosong

Jika pada range data yang kita hitung nilai uniknya terdapat sel kosong (blank cells). Maka solusinya adalah dengan menambahkan (&"") pada kriteria fungsi COUNTIF, sehingga rumus excelnya seperti pada gambar dibawah ini:


Jika dicermati, ternyata dengan menggunakan rumus excel diatas, sel yang kosong (Blank Cells) juga ikut terhitung. Data unik pada contoh diatas seharusnya 13, namun hasil rumus diatas 14 sebab sel kosong juga ikut terhitung sehingga plus 1 menjadi 14 jenis.


4. Rumus Excel Menghitung Jumlah Data yang Berbeda dengan Mengabaikan Cell Kosong

Setelah poin sebelumnya membahas menghitung jumlah data termasuk sel kosong, kombinasi fungsi SUM, dan COUNTIF juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah data berbeda dengan mengabaikan cell kosong. Rumusnya sebagai berikut:


Dengan menuliskan rumus Tuliskan rumus =SUM((B2:B17<>"")/COUNTIF(B2:B17;B2:B17&"")) disertai dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Enter maka terlihat jelas bahwa jumlah item tanpa menghitung cell kosong adalah 13.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pelajari Rumus Vlookup Excel dan Lainnya Bersama DQLab! 

Selain itu juga di modul excel kamu juga dapat menikmati materi data cleaning menggunakan microsoft excel juga. Bersama DQLab kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :