[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 28 Menit 20 Detik 

Contoh Teknik Pengolahan Data dalam Dunia Bisnis Digital

Belajar Data Science di Rumah 09-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/be95824b24a570b0136fab3585c0c0a2_x_Thumbnail800.png

Saat bekerja dengan data, penerapan teknik pengolahan data yang tepat adalah hal yang penting. Sebagai peneliti harus memahami data yang dimiliki hingga tujuan penelitian yang dilakukan sehingga menemukan teknik pengolahan data yang tepat. Data terbagi menjadi beberapa macam seperti berdasarkan sifatnya, cara memperolehnya, dan lain sebagainya. Data kualitatif dan data kuantitatif adalah jenis data yang sering digunakan saat melakukan penelitian. Data kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk narasi atau teks, sedangkan data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk numerik atau angka. 


Tidak hanya dalam penelitian, pengolahan data juga diterapkan dalam dunia bisnis. Data merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Melalui data, perusahaan dapat mengembangkan strategi bisnis, promosi, evaluasi produk, hingga melihat kinerja karyawan. Kemajuan teknologi sekarang ini memperluas lini bisnis ke dalam bisnis digital. Tanpa kita sadari saat ini berbagai produk banyak dipromosikan di media sosial dan platform digital lainnya agar menjaring semakin banyak konsumen. Tentu hal ini merupakan nilai positif dari kemajuan teknologi. Semakin banyak aktivitas yang terjadi, maka akan semakin banyak data yang terekam di sistem. Data bisa digunakan untuk memperoleh informasi yang berguna bagi perusahaan untuk meningkatkan bisnisnya. Nah, kali ini kita akan bahas beberapa contoh teknik pengolahan data yang ada dalam dunia bisnis digital. Seperti apa perusahaan menggunakan data yang dimiliki? Yuk, simak di bawah ini!

1. Strategi Promosi di Media Sosial 

Data yang dimiliki perusahaan dapat menjadi bahan untuk membangun strategi promosi di media sosial. Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang dapat membantu perusahaan membangun komunikasi yang aktif ke dalam dan keluar perusahaan, melakukan analisis, serta mengatur berbagai data perusahaan yang berkaitan dengan pelanggan. Adapun istilah-istilah dasar yang ada dalam CRM yaitu on-premise CRM, cloud CRM, CRM entity, dan Lead. Dengan CRM perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan potensial yang bisa ditarik kembali perhatiannya seperti penawaran sehingga pelanggan akan membeli kembali produk di masa mendatang. Selain itu hal ini juga dapat memberikan pengalaman yang berkesan tentang brand perusahaan. 

Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Meningkatkan Website Perusahaan 

Membangun identitas sebuah brand adalah hal penting bagi perusahaan untuk mampu bersaing dengan brand lainnya. Melalui data perusahaan dapat melakukan hal ini salah satunya menggunakan Google Analytics. Dengan menggunakan Google Analytics perusahaan dapat memahami perilaku, rentang usia, dan lainnya yang berkaitan dengan interaksi pengunjung di situs website perusahaan. Hasil analisis data bisa digunakan perusahaan untuk membantu membangun brand identity, meningkatkan kualitas website perusahaan, hingga meningkatkan penjualan produk. Ketika menggunakan Google Analytics, kita perlu memahami lebih dulu istilah-istilah yang ada di dalamnya. Kemudian baru kita mulai membaca data dengan cara-cara diantaranya memeriksa matriks realtime, mengetahui demografi audiens. Mengamati perilaku pengunjung, melihat traffic website, mengetahui sumber traffic, dan memeriksa kecepatan website.

3. Web Data Integration

Seluruh elemen bisnis saat ini semakin menyadari web data yang dimiliki. Dengan menerapkan web data integration kita dapat melakukan hal-hal diantaranya yaitu mengekstrak data dari output yang tersembunyi, membersihkan data yang digunakan, menormalkan data, mengubah data, mengintegrasikan data, dan lain sebagainya. Penggunaan web data integration yang berkualitas tinggi juga dapat otomatisasi pengambilan dan agregasi web data yang terkini. Selain itu juga dapat menghasilkan berbagai strategi penting dalam perusahaan misalnya memantau harga produk dari pesaing bisnis, menilai kesehatan keuangan perusahaan berdasarkan berbagai indikator, dan mengukur resiko yang mungkin terjadi berdasarkan ulasan produk yang diberikan konsumen untuk mengetahui kualitas produk dalam perusahaan. 

Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


4. Digital Marketing

Data sangat diperlukan bagi marketer dalam melakukan digital marketing. Dalam melakukan digital marketing penting untuk fokus mencari data yang diperlukan, memiliki pemahaman kontekstual, teliti, dan memahami apa yang sedang diukur serta bagaimana cara menghitungnya. Terdapat tiga jenis pengukuran pemasaran yaitu:

  • Matriks bisnis untuk memberikan gambaran umum terkait analisis data penting sebelum melakukan pemasaran digital.

  • Matriks konversi untuk mengetahui seberapa efektif dalam mengubah pengunjung menjadi pembeli.

  • Matriks pemasaran untuk menunjukkan hal lainnya yang muncul sebelum konversi, misalnya banyaknya kunjungan, rasio klik tayang, dan lain sebagainya.

Perlu diingat untuk memulai analisis data marketing, data penting yang dimiliki harus sesuai dengan skema yang dilalui oleh konsumen.

5. Ketahui Teknik Pengolahan Data di Dunia Bisnis Lainnya di DQLab

Persaingan bisnis yang sangat ketat menjadikan perusahaan berlomba-lomba menerapkan dan mengevaluasi strategi bisnisnya secara berkala agar tidak kalah dengan kompetitornya. Data scientist dan Data analyst juga berperan mengolah data dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, sebagai praktisi data tidak hanya kemampuan matematika, statistika, dan programming yang dibutuhkan namun juga memiliki pemahaman ilmu bisnis. Hal ini diperlukan agar hasil analisis dapat dipahami dengan baik oleh tim lain saat dipresentasikan. Poin-poin yang sudah kita bahas merupakan beberapa contoh teknik pengolahan data dan pentingnya data dalam dunia bisnis. Masih banyak lagi contoh dan penggunaan teknik lainnya yang bisa kamu temukan di DQLab. Yuk, gabung di DQLab.id untuk mulai belajar teknik pengolahan data dalam dunia bisnis!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!