DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 34 Menit 41 Detik 

Dari Belajar Data Science Bisa Jadi Incaran Perusahaan? Ini Tips & Triknya!

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/00503b999404e9436e696dc85d7ec243_x_Thumbnail800.png

Seiring berkembangnya zaman, perusahaan yang berdiri juga semakin mengembangkan diri mereka dengan berbagai usaha, baik secara internal maupun eksternal. Untuk kebutuhan internal, perusahaan memperbarui strategi bisnis, merekrut profesi yang berguna untuk mengelola informasi, dan lainnya. Sedangkan untuk eksternal, perusahaan berusaha untuk semakin menjalin hubungan baik dengan publik eksternal agar citra perusahaan pun terbangun dan terjaga dengan baik.


Hampir semua perusahaan yang ada saat ini merekrut banyak tenaga kerja dari bidang data karena informasi atau data yang perusahaan miliki perlu dikelola. Pengelolaan ini berfungsi agar perusahaan dapat semakin berkembang dan terhindar dari kesalahan yang mungkin terjadi kedepannya. Namun sangat disayangkan bahwa kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja tidak sebanding dengan ketersediaannya, maka dari itu pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan tips dan trik agar teman-teman bisa belajar Data Science dan menjadi incaran perusahaan. Yuk, simak baik-baik!


1. Alasan Belajar Data Science

Data Science merupakan ilmu menjanjikan yang dapat membawa keuntungan bagi yang mempelajarinya. Secara definisi, Data Science merupakan ilmu penggabungan antara matematika, statistik, dan ilmu komputer yang bertujuan untuk mengolah data. Siapapun dapat belajar Data Science karena belajar ilmu ini tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan tertentu.


Selain itu juga, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kesempatan kalian untuk bergabung dengan perusahaan besar atau idaman kalian pun sangat besar. Masih banyak perusahaan yang kebingungan dalam mengelola data yang mereka miliki, oleh karena itu perusahaan membutuhkan ahli data. Meskipun kebutuhan akan tenaga kerja ini banyak, namun masih terdapat banyak orang yang belum mengetahui akan ilmu Data Science sehingga masih memungkinkan kalian untuk bersaing dengan mudah.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Dasar Data Science

Dalam ilmu Data Science terdapat enak dasar yang perlu dipahami agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik. Yang pertama adalah pelacakan data atau data tracking, dalam fase ini, kalian bisa mengambil data dari berbagai sumber. Yang kedua adalah data pipelines, pengumpulan data bisa dilakukan dengan memanfaatkan fase kedua tersebut. Yang ketiga adalah business intelligence, dalam fase ini perlu memanfaatkan beberapa tool seperti R Shiny, Apache Airflow, dan Data Studio untuk mengidentifikasi dan menghitung metrik. 


Yang keempat adalah exploratory analysis yang dimana menggunakan analisis umum untuk menggali data. Yang kelima adalah model prediksi, tentunya pada fase ini kalian perlu menemukan pendekatan dan menyajikan model prediktif, serta metode untuk mengevaluasi kinerja model. Dan yang terakhir adalah produksi model, fase ini mencakup productizing Data Science sehingga memungkinkan kalian untuk menemukan pendekatan dalam penyebaran model.


3. Skill yang Perlu Dikuasai

Dengan beberapa informasi yang telah disampaikan sebelumnya, tentunya kalian akan semakin penasaran dan ingin mengetahui apa saja skill atau keahlian dasar yang diperlukan pada awal ketika akan belajar Data Science. Skill pertama adalah bahasa pemrograman, skill ini akan sangat membantu kalian dalam menjadi ahli data seperti Data Scientist dna Data Analyst. Skill kedua adalah ilmu statistika, kalkulus, dan aljabar. 


Ketiga ilmu tersebut sangat berguna untuk menentukan algoritma yang akan diaplikasikan dan pengembangan software machine learning. Skill terakhir adalah komunikasi dan visualisasi data, komunikasi tentunya penting untuk dimiliki karena kalian akan bekerja sama dengan divisi lain dan tidak sendiri. Selain itu juga visualisasi data juga sama pentingnya, karena tidak banyak orang yang mengerti cara membaca data, sehingga diperlukan kemampuan untuk menyajikan data dalam bentuk grafik atau diagram.


4. Tempat Belajar Data Science

Banyak tempat yang bisa kalian jadikan referensi dalam belajar Data Science, apabila kalian ingin belajar sendiri atau otodidak, kalian bisa belajar lewat video-video di Youtube atau website-website yang memberikan materi seputar Data Science. Namun, jika kalian belajar secara otodidak, kalian perlu mengeluarkan waktu atau mungkin biaya lebih untuk mendapatkan sertifikat yang berguna ketika kalian akan melamar menjadi salah satu profesi Data Science.


Kalian dapat belajar di tempat kursus, saat ini sudah banyak tersedia kursus belajar Data Science, baik secara online maupun offline. Salah satunya adalah DQLab, dengan mengikuti kursus banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Contohnya adalah mengikuti program beasiswa atau bahkan belajar module yang lebih advance untuk meningkatkan skill kalian.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Ayo Jadi Salah Satu Profesi Data Incaran Perusahaan!

Dengan semua informasi yang telah disampaikan, teman-teman mungkin sudah mulai tertarik dan memutuskan untuk belajar Data Science. Dapat dilihat dari keuntungan serta masa depan yang menjanjikan, akan sangat sayang apabila teman-teman tidak mencoba untuk belajar Data Science. Apabila kalian tertarik, kalian bisa mendaftarkan diri kalian dengan sign up di DQLab.id. Setelah itu, kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi pertama kalian. Ayo, jadikan DQLab.id sebagai tempat belajar kalian!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!