DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 15 Jam : 40 Menit : 35 Detik

Data Analisis : Kenali 3 Teknik Penting dalam Menganalisa Data

Belajar Data Science di Rumah 09-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d424fbe25404d5e0afe4285c4dc1882a_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data merupakan suatu upaya untuk mengolah data menjadi sebuah informasi sehingga nantinya data tersebut dapat dipahami dan bermanfaat untuk digunakan sebagai solusi dalam permasalahan ataupun kesimpulan. Ada berbagai contoh penerapan analisis data yang digunakan mulai dari transportasi, pendeteksi risk dan fraud, interaksi dengan pelanggan, pencarian web, iklan digital, dan masih banyak lagi.

Dalam menganalisis data pun terdapat berbagai teknik, untuk melakukan analisis data tergantung pada pertanyaan yang ada, jenis data, dan jumlah data yang dikumpulkan. Masing-masing berfokus pada strategi pengambilan data, hasil analisis, dan menelusuri data untuk mengubah angka menjadi parameter dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, teknik analisis data dapat dikategorikan berdasarkan statistik dan matematika, Artificial Intelligence dan Machine Learning, dan berdasarkan visualisasi dan grafik. Yuk, kita bahas perbedaannya!

1. Teknik Berdasarkan Matematika dan Statistik

Matematika dan Statistik adalah dua teknik penting dalam menganalisis data. Matematika berperan penting dalam penyusunan model dan Statistik berperan penting dalam penentuan sampel dalam analisa data. Matematika dan Statistik tidak luput dari penerapan pengolahan dan analisa data. Teknik-teknik statistik dan matematika juga dapat digunakan dalam pengujian hipotesa dan pengambilan keputusan dari suatu hipotesa. Beberapa contohnya seperti, analisis deskriptif, analisis dispersi, analisis regresi, analisis faktor, analisis diskriminan, dan analisis Time Series.

Baca juga: Exploratory Data Analysis : Pahami Lebih Dalam untuk Siap Hadapi Industri Data

2. Teknik Berdasarkan Artificial Intelligence dan Machine Learning

Artificial Intelligence dan Machine Learning adalah dua teknik analisis data yang mengotomatiskan pembuatan model analitis. Dalam teknik analisis data, machine learning adalah metode yang digunakan untuk merancang model dan algoritma yang kompleks yang sesuai dengan prediksi. Beberapa contoh dari teknik ini seperti, Artificial Neural Network, Decision Trees, Evolutionary Programming, dan Fuzzy Logic.

3. Teknik Berdasarkan Visualisasi dan Grafik

Visualisasi data merupakan teknik dasar analisis data dengan cara tercepat dan termudah dalam mendapatkan informasi dari sebuah dataset. Selain itu, teknik ini juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi informasi secara efisien ke siapa saja yang membutuhkan hasil analisis data. Berbagai contoh visualisasi data berupa tabel, grafik maupun chart seperti, Column dan Bar chart, Line chart, Area chart, Pie chart, Funnel chart, Word Cloud chart, Gantt chart, Radar chart, dan masih banyak lagi. Hal penting dalam memvisualisasikan data yang bagus adalah, visualisasi tersebut harus menarik, memberikan informasi yang jelas, dapat diakses, memungkinkan dalam pengembangan dan penyebaran yang cepat.

Baca juga: Analisis Data Kualitatif? Yuk Pelajari Langkah-Langkah Pengumpulan Datanya!

4. Yuk Mulai Pelajari Lebih Dalam Bersama DQLab!

Yuk mulai pelajari dan terapkan ilmunya pada data yang kamu miliki! Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.     Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.     Akses module Introduction to Data Science

3.     Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!