DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 20 Jam : 50 Menit : 51 Detik

Data Analisis di Excel: Hitung Korelasi dengan Sangat Mudah di Excel!

Belajar Data Science di Rumah 17-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7746e130a05cdba4ab01e37f9a82e9f0_x_Thumbnail800.jpg

Data Analisis di Excel merupakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh software ini. Banyaknya fitur-fitur yang menarik dari Microsoft Excel yang dapat memecahkan berbagai macam permasalahan membuat produk Microsoft ini semakin digemari oleh banyak orang. Excel yang memang dirancang bagi pemula tentunya juga sangat memudahkan bagi orang-orang yang belum begitu expert di bidang pengolahan data.

Proses pengolahan data dengan Microsoft Excel dapat dilakukan dengan membuat rumus-rumus statistik dengan syntax atau yang lebih dikenal dengan formula (diawali dengan tanda sama dengan (=) dalam semua formula). Selain itu juga dapat langsung menggunakan icon function yang sudah disediakan dalam Microsoft Excel, serta dapat menggunakan add-ins ToolPak Analysis di Excel.

Dalam ulasan berikut ini akan dijelaskan mengenai salah satu bentuk analisis data statistik yang paling sering digunakan yaitu analisis korelasi dengan menggunakan Excel. Penasaran kan? Simak ulasan berikut ini!

1. Analisis Korelasi

Analisis Korelasi merupakan sebuah analisis yang digunakan untuk mengetahui keeratan hubungan antara beberapa variabel. Biasanya uji korelasi ini akan sangat berhubungan dengan uji regresi yang menunjukkan apakah masing-masing variabel saling mempengaruhi. Meskipun variabel tersebut saling berhubungan erat atau berkorelasi, belum tentu variabel tersebut saling mempengaruhi. Dalam analisis korelasi ini, output yang dihasilkan hanya dalam rentang -1 sampai 1 dan terbagi menjadi korelasi positif (hasil positif), korelasi negatif (hasil negatif), dan tidak berkorelasi sama sekali (0).

Untuk lebih jelasnya, kita akan mencoba untuk mencari nilai korelasi antara dua variabel. Kita ingin melihat apakah biaya yang dikeluarkan untuk listrik memiliki hubungan erat dengan output. jumlah output yang dihasilkan.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Analisis Korelasi dengan Rumus

Excel menyediakan berbagai pilihan untuk mencari korelasi. Mari kita coba praktekkan dengan menggunakan function “CORREL” yang diawali dengan tanda sama dengan (=). Rumus umum dari function CORREL adalah:

= CORREL(array 1, array 2)

Maka jika disesuaikan dengan data yang dimiliki akan menjadi:

= CORREL(B2:B7, C2:C7)

Sehingga didapatkan hasil sebagai berikut,

Dari hasilnya ternyata variabel biaya yang dikeluarkan untuk listrik memiliki hubungan yang erat dengan jumlah produk yang dihasilkan, dimana nilai korelasinya adalah 0,90 yang artinya berhubungan positif. Maksud positif ini adalah ketika biaya listrik naik, maka jumlah produk yang dihasilkan juga akan naik.

3. Analisis Korelasi dengan Menggunakan ToolPak

Salah satu cara lainnya untuk mencari nilai korelasi adalah dengan menggunakan ToolPak yang disediakan oleh Excel. Namun pastikan bahwa add-ins ToolPak ini telah terinstall terlebih dahulu agar bisa digunakan. Caranya cukup masuk ke menu Data, kemudian pilih Data Analysis di grup Analysis. Setelah terbuka dialog box Data Analysis, maka pilih Correlation dan klik OK.

Setelah itu, pilih range data yang akan dilakukan korelasi, jika ingin dimasukkan dengan headernya, maka centang “Labels in first row” dan klik OK.

Korelasi variabel apapun dengan dirinya sendiri pasti menghasilkan 1 sehingga tidak perlu diperhatikan. Kita cukup melihat nilai korelasi yang dihasilkan antara biaya listrik dan jumlah output, dimana hasilnya sama dengan cara menggunakan function CORREL, yaitu 0,90.

Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya 


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!