DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 15 Menit : 10 Detik

Data Analysis Excel : Yuk Intip Tiga Fungsi Utama Excel untuk Mempermudah Pengelolaan Bisnismu Secara Akurat

Belajar Data Science di Rumah 26-Agustus-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/396931998166c6bf37b2d3eac97cd63b_x_Thumbnail800.jpg

Tentu saja, data memiliki value namun belum dapat digunakan untuk membuat keputusan berkelanjutan. Jangan khawatir Data Analysis Excel mempermudah pengelolaan bisnismu di berbagai industri dengan efisien dan akurat. Kemudahan ini, didapatkan karena implementasi beberapa fungsi yang digunakan dalam pengelolaan data. Terdapat lebih dari ratusan fungsi pada excel yang sering digunakan para Data Analyst untuk melakukan analisis terhadap data. 

Hasil analisis yang didapatkan tentu saja akan akurat, karena pengelolaan data yang dilakukan melibatkan fungsi-fungsi yang tepat berdasarkan data yang dianalisis. Fungsi utama yang senantiasa digunakan oleh seorang Data Analyst adalah SUMIF, VLOOKUP dan HLOOKUP, serta SUMPRODUCT. Ketiga kombinasi fungsi ini merupakan fungsi yang sangat tepat jika digunakan untuk menghitung average return, harga jual produk, hingga margin penjualan. 

Yuk intip bersama, Bagaimana data analysis excel dapat membantu analisis bisnismu lebih akurat bersama DQLab!

1. SUMIF : Rumus Wajib Seorang Data Analyst 

SUMIF atau penjumlahan bersyarat merupakan, rumus wajib yang harus diketahui oleh seorang Data Analyst. Karena, jika menggunakan SUMIF maka penjumlahan nilai berdasarkan beberapa kategori yang diinginkan dapat dilakukan dengan sangat mudah dan menghasilkan akurasi yang tepat. Kamu dapat menggunakan SUMIF untuk menentukan jumlah produk yang memberikan kontribusi untuk revenue terhadap bisnismu. 

Baca juga : Pelatihan Kartu Prakerja Bersama DQLab, Nikmati Belajar Ilmu Data #Dirumahaja

2. Solusi Pencarian Data dengan VLOOKUP dan HLOOKUP

VLOOKUP atau Vertical LOOKUP adalah kebalikan dari fungsi HLOOKUP atau Horizontal LOOKUP. Kedua fungsi ini, dapat kamu digunakan secara sempurna untuk kasus yang membutuhkan solusi berupa pencarian data dengan menggunakan “kata kunci” tertentu pada kolom pertama di dalam sebuah tabel. Nantinya, tabel ini akan kamu gunakan untuk mengambil nilai dari sel manapun di baris yang sama dengan menggabungkan data secara bersamaan di beberapa titik. Pada kebanyakan kasus Data Analysis Excel, fungsi ini banyak digunakan pada kondisi real case seperti produsen dapat mengetahui besaran harga setiap produk tetapi distributor hanya dapat menyediakan barang atau unit yang akan dikirim. 

3. SUMPRODUCT

Dalam data analysis excel, SUMPRODUCT merupakan “gold data analysis” yang banyak sekali digunakan oleh seorang data analyst untuk mengetahui average return, harga jual produk, hingga margin penjualannya. Fungsi SUMPRODUCT akan mengalikan satu rentang nilai dengan korespondensi baris yang sesuai untuk menghasilkan output yang diinginkan oleh user. Contohnya, fungsi ini digunakan pada case perhitungan untuk mengetahui harga jual rata-rata keseluruhan produk melalui perkalian dengan harga dan kuantitas kemudian dibagi dengan total produk yang terjual. 

Baca juga : Belajar Data Science, Persiapkan Dirimu Berkarir sebagai Praktisi Data di Era Industri 4.0

4. Tertarik Mendapatkan Akurasi pada Pengelolaan Data Bisnismu? Yuk, Mulai Belajar Data Science Gratis sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!