PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 16 Menit 41 Detik 

Data Analyst & Visualisasi Data, Apa Kaitannya Sih?

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4863dc54bb9b977ce0ceef6117791c75_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst termasuk salah satu pekerjaan yang baru muncul sejak perkembangan teknologi digital yang begitu pesat. Revolusi industri 4.0 ini mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia.


Dengan banyaknya data yang tersedia dan bisa diakses dengan mudah membuat para stakeholder membuka mata akan pentingnya data. Tentu akan sangat disayangkan data yang sangat banyak tersebut tidak bisa dimanfaatkan untuk mengambil keputusan.


Padahal keputusan yang diambil dengan melibatkan data tentu jauh lebih efektif dibandingkan keputusan yang hanya mengikuti perasaan.


Sebagai profesi baru, Data Analyst ternyata cukup menarik minat banyak orang. Kebutuhan akan orang yang bisa menempati posisi Data Analyst ini juga terus meningkat. Salah satu skill yang dibutuhkan oleh Data Analyst adalah kemampuannya dalam memvisualisasikan hasil temuannya.


Tapi sebenarnya apa sih yang membuat profesi Data Analyst ini memiliki kaitan erat dengan visualisasi data? Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengenal Profesi Data Analyst

data analyst


Jika dilihat dari namanya, tentu kita bisa menebak bahwa posisi ini akan berhubungan erat dengan data. Tugas utama dari seorang Data Analyst adalah mengubah data mentah menjadi sumber informasi dengan memanfaatkan berbagai metode pengolahan data.


Informasi-informasi ini yang nantinya akan dimanfaatkan oleh para stakeholder untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. 


Proses pengolahan data yang dilakukan oleh Data Analyst ini akan dimulai dari tahap penentuan data yang akan digunakan, kemudian mengumpulkan data, membersihkan, menganalisis, hingga akhirnya menyampaikan informasi yang didapatkan kepada stakeholder.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Hubungan Data Analyst dan Visualisasi Data

data analyst

Data Analyst dan data visualisasi memang tidak bisa dipisahkan. Dalam pekerjaannya, Data Analyst memerlukan data visualisasi agar lebih mudah untuk menyampaikan hasil temuannya. Dengan mengubah data yang ada ke dalam bentuk visualisasi, Data Analyst dapat meringkas banyak informasi hanya dalam satu dashboard sehingga para stakeholder dapat memahami informasi dengan mudah tanpa harus bolak balik di beberapa halaman.


Visualisasi data juga lebih mudah untuk diproses dan diingat karena otak manusia lebih mudah dalam mencerna data yang berbentuk visualisasi dibandingkan data non visualisasi.


3. Tools yang Bisa Digunakan untuk Membuat Visualisasi

data analyst


Mengingat betapa pentingnya visualisasi dalam pekerjaan seorang Data Analyst, maka jika kamu tertarik untuk bekerja di posisi ini, paling tidak kamu harus menguasai salah satu tools untuk membuat visualisasi data.


Jika menggunakan coding, kamu bisa memanfaatkan bahasa R dan juga Python untuk membuat visualisasi data karena di kedua bahasa pemrograman tersebut sudah memiliki library yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi yang menarik. 


Sementara jika kamu tidak begitu akrab dengan coding, maka kamu bisa mencoba tools lain yang sifatnya less coding. Excel bisa menjadi tools yang paling sederhana untuk membuat visualisasi data. Namun jika dirasa Excel tidak cukup, maka kita bisa memanfaatkan BI tools lain seperti Tableau, Google Data Studio, Power BI, Fine Report, dll.


4. Skill Lain yang Harus Dikuasai Data Analyst

data analyst

Selain bahasa pemrograman R dan Python serta visualisasi data, Data Analyst juga diharapkan bisa menguasai database tools. Jika berbicara tentang database, maka tidak akan jauh jauh dari bahasa pemrograman yang digunakan untuk menghandle segala sesuatu yang berhubungan dengan database, yaitu SQL (Structured Query Language).


Tidak hanya itu, dalam perjalanannya, seorang Data Analyst juga kerap kali akan berhubungan dengan analisis yang membutuhkan ilmu statistika/matematika.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Tertarik menjadi seorang Data Analyst? Kamu bisa mulai dengan belajar bahasa pemrograman R, Python, dan SQL di DQLab. Seperti kata pepatah, “sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui” bisa kamu temukan disini.


Tidak hanya belajar bahasa pemrograman, namun kamu juga akan belajar untuk membuat visualisasi data, mencari insight dari data, serta ada project yang sangat mirip dengan permasalahan di lapangan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu berlangganan menjadi member premium DQLab dan kamu akan bisa menikmati semua hal tersebut.


Tapi untuk kamu yang belum mau berlangganan menjadi member premium, kamu juga tetap bisa mengakses live code yang ada di free modul loh, yaitu modul “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati fasilitasnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :