GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 2 Menit 29 Detik 

Data Analyst Profesi Bersinar Tahun Ini, Yuk Kenali Jenjang Karir dan Rolenya

Belajar Data Science di Rumah 09-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/596eb36a3c0290a94d17889f6e5fe11b_x_Thumbnail800.jpg

Pekerjaan Data Analyst di era industri 4.0 telah menjadi tren yang kian diminati oleh berbagai perusahaan maupun start up. Kebutuhan data yang selalu berkembang setiap tahunnya menyebabkan pekerjaan ini memiliki prospek yang luas serta diminati oleh banyak perusahaan.


Data Analyst merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan berbagai jenis data serta memiliki tanggung jawab untuk menerjemahkan data tersebut. Data yang sudah diterjemahkan akan diolah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu terjadinya proses pengolahan serta manajemen data perusahaan. Oleh karena itu, seorang data analyst dapat dikatakan sebagai orang yang bertugas untuk menganalisis data dengan tujuan menciptakan kredibilitas serta meningkatkan keuntungan suatu perusahaan. 


Melalui artikel ini, DQLab akan membantu kamu mengetahui lebih dalam mengenai lingkungan pekerjaan serta tugas yang dimiliki oleh seorang data analyst. Yuk langsung simak penjelasan berikut!


1. Apa Saja Tugas yang Dimiliki Oleh Data Analyst? 

Sebagai salah satu profesi yang bersinar dan populer di era 4.0 seperti sekarang, seorang Data Analyst tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan kerjanya. Banyak dari kita yang sering memiliki pemahaman bahwa Data Analyst hanya bertugas sebagai Tukang Data saja, namun tidak benar-benar memahami tugas dan tanggung jawab seorang Data Analyst yang sebenarnya. Bukan hanya Memiliki peran yang sangat penting bagi suatu perusahaan atau bisnis, seorang Data Analyst juga memiliki prospek kerja yang mampu membantu kamu dalam mengembangkan potensi diri.

Sebelum memulai karir menjadi seorang Data Analyst, kamu perlu memahami tugas dan tanggung jawab Data Analyst dengan baik. Tugas dan tanggung jawab yang kamu lakukan nantinya akan yang berpengaruh pada kredibilitas serta keuntungan dari sebuah perusahaan maupun tempat dimana kamu akan memulai karir sebagai seorang Data Analyst. Untuk lebih memahami tugas tersebut, yuk langsung pahami 4 tugas seorang Data Analyst melalui penjelasan dibawah ini!

  • Menganalisis berbagai macam data dan mengolahnya 

    Menjadi yang utama, seorang Data Analyst bertugas untuk menganalisa hasil data yang diperoleh seperti data penjualan, logistik, riset pasar dan menggunakan berbagai teknik matematis seperti statistik kemudian mengolah data tersebut menjadi sebuah laporan.

  • Mengembangkan, menafsirkan serta mengimplementasikan data

    Data yang digunakan untuk berbagai kebutuhan perusahaan akan diterjemahkan oleh seorang Data Analyst menjadi laporan yang lebih mudah serta dapat dimengerti oleh tim manajemen. Setelah itu, data akan diimplementasikan oleh pihak manajemen untuk meningkatkan kredibilitas serta keuntungan perusahaan.

  • Mendapatkan data dari berbagai sumber

    Data sebagai kunci utama dari seorang Data Analyst bisa didapatkan dari berbagai sumber baik dari data primer maupun data sekunder. 

  • Bekerja sama dengan tim manajemen perusahaan atau bisnis

    Dalam melakukan tugasnya, seorang data analyst tidak mungkin bekerja sendiri tanpa adanya tim manajemen perusahaan atau bisnis. Berbagai data yang telah diolah akan diberikan kepada tim manajemen dalam bentuk laporan sebagai bentuk kebutuhan perusahaan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Lingkungan Pekerjaan dan Jenjang Karir Data Analyst

Setelah memahami tugas-tugas Data Analyst melalui penjelasan diatas, tidak lengkap rasanya jika kamu belum memahami lingkungan pekerjaan dan jenjang karir seorang Data Analyst. Memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan, ternyata seorang Data Analyst terbagi menjadi beberapa jenjang karir dengan kemampuan serta pengalaman yang bervariasi. Jenjang karir ini juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan pemahaman mengenai tahapan dalam memulai karir kamu sebagai seorang Data Analyst.

  • Data Analyst Intern

    Data Analyst Intern adalah staf sementara yang telah ditugaskan dalam waktu yang terbatas. Tujuannya adalah memberikan dukungan terhadap operasi dan pekerjaan analisis data dalam perusahaan tertentu. Jangka waktu Data Analyst Intern berkisar dari beberapa minggu hingga beberapa bulan. Biasanya, Data Analyst Intern akan mempelajari informasi yang diberikan oleh data perusahaan untuk mengoptimalkan proses manajemen serta meningkatkan efisiensi keseluruhan produk atau sistem perusahaan.

  • Entry Level Data Analyst

    Pada jenjang Entry Level atau talent yang termasuk pada tahap pemula (fresh graduate) yang akan memulai karir. Biasanya seorang data analyst yang berada pada jenjang ini, masih memiliki sedikit pengalaman dan melakukan tugas-tugas data analyst yang bersifat sederhana (entry level). Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh Entry Level Data Analyst adalah berpikir secara kritis dan analitis, mampu bekerja baik dalam tim serta kemampuan matematis yang baik.

    Peran dan tanggung jawab yang biasanya dilakukan oleh seorang Entry Level Data Analyst adalah membantu tim senior dan supervisor mengenai pekerjaan utama serta berlatih untuk mengetahui cara yang baik dan tepat untuk menganalisis data menggunakan program sebagai pengerjaan tugas mereka.

  • Junior Data Analyst

    Jenjang kedua adalah data analyst junior yang sedikit berbeda dengan mereka yang berada pada entry level. Seorang junior data analyst adalah mereka yang telah memiliki pengalaman di bidang data serta mampu menganalisis data tersebut dengan baik. Selain itu, junior data analyst bertanggung jawab kepada data analyst senior dan sudah cukup beradaptasi dengan tantangan pekerjaan data analyst. Tugas utama dari seorang Junior Data Analyst adalah menginterpretasi data menggunakan berbagai metode, mengumpulkan data, membuat segmentasi serta melakukan visualisasi terhadap hasil analisisnya. 

  • Senior Data Analyst

    Pada jenjang ini, Data Analyst sudah memiliki berbagai pengalaman serta jam kerja terbang yang tinggi agar dapat bersaing dengan data analyst lainnya. Seorang senior data analyst bertanggung jawab atas berbagai tugas dalam perusahaan seperti menjadi jembatan antara pihak perusahaan dan manajemen dengan tim data.

 

3. Role Data Analyst

Mengenal lebih jauh mengenai Data Analyst dan cara mengimplementasikan peran secara maksimal, kamu perlu mengenal peran seorang Data Analyst lebih dalam lagi. Tujuannya, agar kamu bisa mengetahui dan membedakan profesi Data Analyst ini dengan profesi pada bidang data lainnya. Role dan tanggung jawab seorang Data Analyst memang disesuaikan dengan tingkat keahlian ataupun jenjang karir mereka. 

Berikut adalah peran dan tanggung jawab seorang Data Analyst :

  • Mengumpulkan data dan mendapatkan data melalui database perusahaan ataupun sumber eksternal

  • Melakukan proses pembersihan data yang melibatkan penghapusan data ataupun melakukan standarisasi data ke dalam suatu format

  • Dalam melakukan analisa data, seorang Data Analyst akan mengikuti proses evaluasi data dengan menggunakan analytical thinking serta penalaran logis sebagai cara untuk memeriksa data yang terdiri dari berbagai komponen. Biasanya, seorang Data Analyst akan menggunakan alat statistik serta bahasa pemrograman untuk melakukan analisa

  • Mencari tren yang bersifat short term ataupun long term untuk membantu memahami kinerja bisnis dan memprediksi mengenai operasi serta praktik bisnis ke arah yang benar.

  • Melakukan visualisasi data dengan menarik dan benar untuk mempresentasikan hasil temuan secara singkat dan jelas.

  • Seorang Data Analyst perlu untuk memastikan dan memiliki keahlian teknis untuk koherensi data dan pengembangan desain database. Hal tersebut dilakukan agar data dapat dimanfaatkan sebaik mungkin


4. Tanggung Jawab Data Analyst di Lingkungan Kerja

Pada lingkungan kerja, seorang Data Analyst memiliki tanggung jawab yang bervariasi, tergantung pada industri mana ia bekerja. Meskipun berada pada industri yang bervariasi, setiap perusahaan pasti membutuhkan Data Analyst untuk menganalisa dan melakukan interpretasi data. Peran nyata dari seorang Data Analyst bukan hanya berkaitan dengan data dan bahasa pemrograman saja, namun memberikan solusi teknis serta pengembangan wawasan terhadap bisnis perusahaan.

Berikut adalah beberapa tanggung jawab Data Analyst di lingkungan kerja :

  • Melakukan penelitian terhadap data konsumen

  • Melakukan analisis kuantitatif sebagai salah satu cara untuk pengambilan keputusan

  • Mengembangkan kebijakan serta proses dalam manajemen arsip

  • Membuat visualisasi serta grafik data

  • Menyiapkan laporan dan menerjemahkan data

  • Merancang serta melaksanakan survei sebagai data primer maupun sekunder untuk kebutuhan perusahaan

  • Melakukan pemantauan serta audit kualitas data

  • Menyediakan benchmarking

  • Bekerjasama dengan berbagai klien internal maupun eksternal perusahaan untuk menguasai makna data yang disampaikan


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Tertarik Mengawali Karier Sebagai Data Analyst? Pekerjaan Tren di Era 4.0

Berhubungan dengan analisis data, pekerjaan seorang Data Analyst untuk menganalisis serta menafsirkan berbagai bentuk data agar dapat diolah dan dikembangkan tentunya sudah menjadi kebutuhan dari bisnis suatu perusahaan.

Melalui berbagai peran dan tanggung jawab yang dimilikinya, seorang Data Analyst tentu harus memiliki berbagai kemampuan seputar data serta kemampuan dalam menggunakan bahasa pemrograman seperti SQL, R, Phyton dan sebagainya.

Bagaimana semakin tertarik kan untuk membangun karir sebagai seorang Data Analyst? Mulai persiapkan kemampuan diri kamu dan persiapkan karir dengan bergabung bersama DQLab. Kamu bisa membuat akun gratis dengan Signup DQLab.id. Selain itu, kamu bisa langsung akses module introduction to data science dan menyelesaikan module tersebut untuk mendapatkan sertifikat & reward yang tentunya sangat menarik dari DQLab. Yuk semangat berlatih dan siapkan karirmu segera sahabat data!



Penulis: Theresia 

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!