Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Data Analyst Profesi Menjanjikan di Era Digital, Yuk Pahami 4 Hal Pentingnya

Belajar Data Science di Rumah 30-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5385c3a9cf5d6d5b06e65a8ac0d457ce_x_Thumbnail800.jpg

Pekerjaan Data Analyst di era digital telah menjadi tren yang kian diminati oleh berbagai perusahaan maupun start up. Profesi satu ini semakin menjanjikan dan bersinar karena kebutuhan akan data yang selalu meningkat setiap tahunnya. Data merupakan hal yang sangat penting pada proses yang terjadi dalam menjalani bisnis. Data Analyst memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting bagi suatu perusahaan seperti menerjemahkan data menjadi laporan yang mudah dimengerti, melakukan analisis serta menentukan strategi bisnis lanjutan.


Melalui artikel ini, DQLab akan membantu kamu mengetahui lebih dalam seputar pekerjaan Data Analyst. Yuk, langsung simak dan pahami 4 hal penting seputar profesi Data Analyst dibawah ini! 


1. Deskripsi Pekerjaan

Data Analyst merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan berbagai jenis data serta memiliki peran dalam mengolah, mengambil kesimpulan dan memvisualisasikan data tersebut. Data yang sudah diterjemahkan akan diolah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu terjadinya proses pengolahan serta manajemen data perusahaan. Seorang Data Analyst juga berperan untuk melakukan analisa data besar (Big Data) dengan tujuan identifikasi tren dan mengembangkannya menjadi bentuk visual atau grafis yang ditampilkan dalam presentasi. Profesi ini akan banyak menggunakan berbagai program seperti Excel, Tableau dan SQL. Menguasai bisnis dan tools untuk pembuatan grafik dan infografik juga sangat dibutuhkan pada pekerjaan ini. Oleh karena itu, seorang data analyst dapat dikatakan sebagai orang yang bertugas untuk menganalisis data dengan tujuan mendapatkan insight, melakukan prediksi bisnis secara kredibel melalui data


Jangan sampai memiliki pemahaman bahwa Data Analyst hanya bertugas sebagai “Tukang Data” saja ya sahabat data!


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pengetahuan dan Skill yang Dibutuhkan

Kemampuan analisis merupakan bekal yang baik bagi seorang Data Analyst, namun banyak Skill lainnya yang wajib untuk dikuasai. Northeastern University melalui penelitiannya menunjukkan bahwa permintaan akan profesi Data Analyst terus meningkat di era digital seperti sekarang. Penting bagi kamu yang ingin memulai karir sebagai Data Analyst untuk mengetahui apa saja pengetahuan dan skill yang dibutuhkan pada profesi ini. Berikut adalah pengetahuan dan skill tersebut :

  • Pengetahuan Statistik dan Bisnis

    Pengetahuan tentang statistik diperlukan untuk melakukan analisa dataset. Ada berbagai program yang bisa dioperasikan secara maksimal dengan menggunakan pengetahuan statistik yang baik seperti Excel, SPSS, SAS dan lainnya. Selain itu, pengetahuan statistik yang baik juga akan memudahkan pekerjaanmu sebagai Data Analyst. Konsep statistik perlu dipelajari sedemikian rupa agar proses analisis data menjadi lebih akurat dan menggunakan sistem yang tepat. Hasil data yang lebih akurat dan sistem yang tepat akan membuat data menjadi lebih kredibel, sehingga penggunaan data tersebut dapat lebih maksimal dan kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi.


    Memiliki pekerjaan dibidang data yang berpengaruh pada sebuah bisnis, seorang Data Analyst perlu memiliki pengetahuan serta kemampuan dalam menilai kemajuan bisnis. Hal tersebut akan membantu agar insight yang mereka temukan dan berikan sejalan dengan bisnis yang dikembangkan.


  • Query Database SQL

    SQL atau Structure Query Language merupakan bahasa kueri database yang membantu Data Analyst untuk mengekstrak data,melakukan operasi analisis serta pengambilan informasi tertentu dari database. Keterampilan ini membantu untuk memastikan informasi mudah ditarik atas permintaan serta dianalisis dengan benar. SQL juga sangat berguna untuk membantu dalam mengelola kumpulan data dengan volume yang besar. Saat ini, ada berbagai bahasa kueri yang dapat digunakan.


    Meskipun saat ini terdapat berbagai jenis, mayoritas database tetap menggunakan dasar dari SQL. MySQL, Microsoft SQL, PostgreSQL menjadi contoh jenis database yang masih menggunakan dasar SQL


  • Bahasa Pemrograman 

    Semakin banyak bahasa pemrograman yang kamu pahami dan kuasai akan membantu kamu lebih baik dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang Data Analyst. Ada berbagai bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Analyst seperti SQL, R, Python dan sebagainya.


  • Data Visualization

    Data yang digunakan untuk berbagai kebutuhan perusahaan akan diterjemahkan untuk menjadi laporan yang lebih mudah serta dapat dimengerti oleh user. Terdapat berbagai jenis alat visualisasi yang dapat digunakan oleh seorang Data Analyst, seperti d3.js dan ggplot. Tools lain yang sebaiknya kamu kuasai untuk meningkatkan skill dalam visualisasi data adalah Tableau.


3. Kompetensi Soft Skill Data Analyst

Pekerjaan Data Analyst yang sangat penting dan dibutuhkan oleh berbagai industri ini tentu memerlukan kepribadian atau personaliti pekerja yang juga memberikan dampak positif. Ada berbagai kepribadian Data Analyst yang dibutuhkan dan menjadi poin plus apabila kamu memilikinya. Pertama, berpikir analitis dengan menggunakan logika serta penalaran yang logis untuk melakukan identifikasi strength, weakness maupun solusi dari permasalahan. Kedua, problem solving, yaitu memahami masalah dan jalan keluarnya. Ketiga, disiplin, yaitu manajemen waktu yang baik. Keempat, komunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan karena seorang Data Analyst juga harus menyampaikan hasil analisanya kepada user. Terakhir, kemampuan bekerjasama dengan tim dan detail oriented


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 

 

4. Jenjang Karir Data Analyst

Memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan, ternyata seorang Data Analyst terbagi menjadi beberapa jenjang karir dengan kemampuan serta pengalaman yang bervariasi. Jenjang karir ini juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan pemahaman mengenai tahapan dalam memulai karir kamu sebagai seorang Data Analyst. Berikut adalah jenjang karir tersebut :


  • Entry Level Data Analyst

    Pada jenjang Entry Level atau talent yang termasuk pada tahap pemula (fresh graduate) yang akan memulai karir. Biasanya seorang data analyst yang berada pada jenjang ini, masih memiliki sedikit pengalaman dan melakukan tugas-tugas data analyst yang bersifat sederhana (entry level). Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh Entry Level Data Analyst adalah berpikir secara kritis dan analitis, mampu bekerja baik dalam tim serta kemampuan matematis yang baik.


    Peran dan tanggung jawab yang biasanya dilakukan oleh seorang Entry Level Data Analyst adalah membantu tim senior dan supervisor mengenai pekerjaan utama serta berlatih untuk mengetahui cara yang baik dan tepat untuk menganalisis data menggunakan program sebagai pengerjaan tugas mereka.


  • Junior Data Analyst

    Jenjang kedua adalah data analyst junior yang sedikit berbeda dengan mereka yang berada pada entry level. Seorang junior data analyst adalah mereka yang telah memiliki pengalaman di bidang data serta mampu menganalisis data tersebut dengan baik. Selain itu, junior data analyst bertanggung jawab kepada data analyst senior dan sudah cukup beradaptasi dengan tantangan pekerjaan data analyst. Tugas utama dari seorang Junior Data Analyst adalah menginterpretasi data menggunakan berbagai metode, mengumpulkan data, membuat segmentasi serta melakukan visualisasi terhadap hasil analisisnya. 


  • Senior Data Analyst

    Pada jenjang ini, Data Analyst sudah memiliki berbagai pengalaman serta jam kerja terbang yang tinggi agar dapat bersaing dengan data analyst lainnya. Seorang senior data analyst bertanggung jawab atas berbagai tugas dalam perusahaan seperti menjadi jembatan antara pihak perusahaan dan manajemen dengan tim data.

 

5. Tertarik Belajar dan Memulai Karir Menjadi Data Analyst? 

Sebagai profesi yang semakin bersinar, Data Analyst tentunya menarik minat banyak orang untuk memulai karir mereka pada profesi ini. Meskipun tidak memiliki background IT atau pendidikan STEM lainnya, kamu tidak perlu takut untuk bisa berkarir di bidang ini. Asal ada kemauan, semua orang bisa kok untuk memulai karir di ranah data!


Nah, buat kamu yang tertarik untuk belajar dan memulai karir menjadi Data Analyst, Yuk, mulai persiapkan diri kamu bersama  DQLab. Kamu bisa membuat akun gratis dengan cara Signup di DQLab.id. Selain itu, kamu bisa langsung akses module “Introduction to Data Science” atau 

“Introduction Data Science With Python or R” kemudian menyelesaikan module tersebut untuk mendapatkan sertifikat serta reward yang tentunya sangat menarik dari DQLab. Siapa saja bisa belajar data!


Yuk semangat berlatih dan siapkan karirmu segera sahabat data! 




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!