GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Data Analyst: Yuk, Mulai Tingkatkan Kompetensi SQL Bersama DQLab

Data Analyst: Yuk, Mulai Tingkatkan Kompetensi SQL Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 28-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5f5e628cab4cedc760c0e3a17650bbcd_100_persen.jpg

Meningkatnya permintaan akan pekerjaan di bidang data seperti Data Analyst, membuat banyak pihak tertarik untuk mempelajari kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Salah satunya yaitu bahasa database seperti SQL. Bahasa SQL merupakan salah satu dari banyak bahasa pemrograman yang juga sering digunakan untuk melakukan pengolahan data hingga menemukan insight dari setiap data yang sedang kamu olah. Sebagian besar perusahaan dan situs web besar pasti memiliki database yang digunakan untuk menghasilkan informasi dalam membuat suatu keputusan. Disinilah SQL sangat berperan.

Apakah kamu berpikir untuk mulai mencoba belajar SQL? Karena Bahasa ini tidak seperti kebanyakan Bahasa pemrograman lainnya yang mudah disesuaikan seperti Python ataupun Java, SQL memiliki penggunaan yang sangat berbeda. Lalu bagaimana cara terbaik untuk memulai mempelajari SQL bagi pemula? Jangan khawatir, yuk bersama DQLab kamu bisa memulai belajar SQL dengan modul-modul yang menarik dan mulai membangun portofolio!

1.  Pahami Pengertian Bahasa SQL

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, yang digunakan untuk mengakses, memodifikasi dan mengelola data dan database. Kamu dapat menyimpan masing-masing data dalam bentuk tabel seperti pada Excel. SQL digunakan untuk kamu yang mempunyai aplikasi dengan banyak relasi antar satu data dengan data lainnya. Contoh database SQL meliputi MySQL, PostgreSQL, dan SQLite. SQL tidak dianjurkan menjadi Bahasa pertama yang dipelajari jika kamu ingin menjadi seorang programmer, karena Bahasa ini digunakan hanya untuk mengakses dan mengelola data seperti yang telah dijelaskan di atas.

Baca juga: Yuk, Belajar SQL untuk Lakukan Measuring Performance Pada Bisnismu 

2. Cara Terbaik Untuk Mulai Belajar SQL

Jika kamu sudah memahami apa itu bahasa SQL, maka setelah itu waktunya kamu memulai mencari cara yang tepat untuk memulai mempelajari SQL. Salah satu cara yang tepat adalah dengan mengikuti kursus online yang bagus. Karena dengan mengikuti kursus online kamu bisa mempelajari kode sintaks, dan fitur-fitur bahasa dengan jelas dan mudah untuk diikuti. Salah satu kursus online yang bisa kamu ikuti adalah DQLab, karena bersama DQLab memungkinkan kamu untuk belajar SQL sesuai dengan kecepatan yang kamu inginkan. Di DQLab kamu dapat belajar kapanpun kamu ingin belajar.

3. Sumber Informasi untuk Membantu Belajar SQL

Selain dengan kursus online, ada banyak sumber belajar lain yang bisa digunakan. Pertama, menggunakan panduan referensi bahasa yang pada dasarnya menyediakan segala sesuatu tentang bahasa pemrograman, seperti sintaks, konsep, dan pengkodingan. Kedua adalah melalui video YouTube, ketika mengalami masalah dengan codingmu kamu bisa mencari solusinya melalui YouTube. Video-video tersebut menyediakan banyak pelatihan SQL. Terakhir adalah melalui forum SQL online. Forum ini merupakan tempat yang tepat untuk pemrogram pemula jika ingin menemukan jawaban dari segala masalah yang dimiliki. Forum online ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan jaringan baru dengan sesama programmer, dalam membantu orang lain maupun saling berbagi pengetahuan. Salah satu contoh forum yang paling banyak digunakan programmer adalah Stack Overflow.

Baca juga: Belajar SQL : 3 Pertanyaan Saat Proses Rekrutmen Terkait SQL

5. Yuk, Bersama DQLab Belajar Data Lebih Jauh hingga Bangun Portofolio Datamu, Gratis!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.    Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.    Akses module Introduction to Data Science

3.    Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!