TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 15 Jam 49 Menit 27 Detik 

Data Analyst vs Data Scientist, Kalian Ingin Berprofesi yang Mana?

Belajar Data Science di Rumah 16-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/de90e99351728fee8980912d45a73f0e_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst dan Data Scientist merupakan profesi masa kini yang sedang dicari banyak perusahaan dikarenakan tenaga kerja yang masih tergolong sedikit, khususnya di Indonesia. Namun, sudah banyak individu yang tertarik untuk mempelajari kedua profesi ini, tetapi masih ada beberapa kekeliruan mengenai definisi dan pekerjaan seorang Data Analyst dan Data Scientist.


Menariknya, terdapat satu perbedaan utama dari kedua profesi ini yang tidak banyak orang tahu. Oleh karena itu, kali ini DQLab akan membahas secara urut mengenai definisi, tanggung jawab, keterampilan, dan peran masing-masing profesi agar teman-teman bisa semakin paham dan jelas akan memilih untuk menekuni profesi yang mana. Yuk, simak bersama!


1. Pengertian Data Analyst dan Data Scientist

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, dari profesi Data Analyst dan Data Engineer terdapat satu perbedaan utama. Data Analyst bertugas untuk meneliti data dalam ukuran besar yang telah diatur untuk mengidentifikasi tren, mengembangkan grafik, dan menciptakan visualisasi data untuk membantu bisnis semakin berkembang lewat strateginya. Sedangkan di sisi lain, Data Scientist bertugas untuk mendesain dan membangun proses baru untuk model data dan produksi dengan menggunakan prototype, algoritma, prediksi, dan custom analisis.


Profesi Data Analyst seringkali bekerja untuk mengumpulkan masukan dan memecahkan masalah, mereka juga memiliki pemahaman dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan analisis, contohnya analis riset pasar, penjualan, keuangan, dan lainnya. Untuk profesi Data Scientist, mereka harus terbiasa bekerja dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga, menuliskan algoritma, dan membangun model statistik. 


Kedua profesi ini juga cukup berbeda dalam pengerjaan koding, dikarenakan pekerjaan Data Analyst lebih didominasi untuk menganalisa data dan Data Scientist bekerja mengatur kumpulan data menggunakan banyak tools dalam waktu yang bersamaan sehingga mereka dapat membuat sistem sendiri dan bingkai kerja untuk mempermudah pekerjaan mereka.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Tanggung Jawab yang Dimiliki

Seorang Data Analyst bertanggung jawab untuk mendesain dan mempertahankan sistem data dan database dengan alat statistik untuk menginterpretasi kumpulan data. Profesi ini juga memiliki kewajiban untuk menyiapkan laporan yang akan disajikan kepada divisi lain atau pemangku perusahaan. Laporan yang ditampilkan berisi informasi mengenai tren yang sedang beredar, pola, dan prediksi dari hasil temuan yang sudah dilakukan, biasanya laporan berbentuk visual dengan infografik atau grafik.


Tanggung jawab seorang Data Scientist lebih mengarah ke teknis karena mereka bertugas untuk mendesain proses model data seiring dengan menciptakan algoritma dan model prediksi. Segala hal yang mereka ciptakan akan digunakan untuk menggali informasi yang dibutuhkan perusahaan atau organisasi ketika akan menentukan langkah yang sebaiknya diambil dalam memecahkan suatu masalah yang kompleks.



3. Keterampilan Masing-masing Profesi

Ada beberapa hal mengenai analisa yang tumpang tindih antara keterampilan Data Analyst dan Data Scientist. Profesi Data Analyst harus memiliki keterampilan dalam software pengolah data seperti Excel, selain itu juga mereka perlu mengerti bahasa pemrograman dan memahami tools untuk membuat infografik atau grafik yang menarik.


Sedangkan untuk profesi Data Scientist, mereka perlu memiliki keterampilan dalam machine learning untuk membuat model data. Data Scientist juga perlu dapat memahami bahasa pemrograman seperti Python dan R, namun mereka diwajibkan memahami keterampilan yang lebih teknis seperti data warehouse, data mining, Hadoop, program berorientasi dengan objek, dan lainnya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Peran Kedua Profesi dalam Bidang Bisnis

Data Analyst dan Data Scientist sangat bermanfaat apabila dipekerjakan dalam bidang bisnis, namun tidak menutup kemungkinan dengan semakin berkembangnya big data, kedua profesi ini dapat digunakan juga dalam bidang lainnya, seperti kesehatan. Untuk di bidang bisnis sendiri, profesi Data Analyst berperan sebagai ahli dalam bidangnya untuk mengolah data yang dimiliki perusahaan atau organisasi. Selain itu, Data Analyst juga membantu perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis lewat data yang disajikan. Satu hal yang mungkin tidak banyak orang tahu, Data Analyst berperan dalam data cleaning untuk mencegah adanya hal-hal yang dapat merugikan perusahaan di masa depan.


Untuk Data Scientist di bidang bisnis lebih berperan untuk mengumpulkan dan memahami data agar data tersebut bisa menjadi akurat. Data yang akurat tersebut dibuat sedemikian rupa agar dapat diakses dan digunakan oleh pihak perusahaan untuk pengambilan keputusan dalam strategi bisnis. Maka dari itu, seorang Data Scientist perlu sangat memahami ilmu data, contohnya matematika, statistik, dan ilmu komputer. Ilmu tersebut dapat digunakan Data Scientist untuk mengintegrasikan setiap data yang terkumpul dan dimasukkan ke dalam model matematika untuk memprediksi perusahaan di masa depan.



5. Mulai Karirmu Sebagai Data Analyst atau Data Scientist Bersama DQLAB!

Kedua profesi ini saling melengkapi satu sama lain, jadi kalian dapat dengan bebas memilih ingin menjalani yang mana. Kalian tetap membutuhkan skill dasar untuk mengasah kemampuan kalian sebelum memasuki industri ini, disini DQLab.id hadir untuk menjadi sarana belajar kalian dengan berbagai program dan pengajar yang pastinya memiliki segudang pengalaman dalam industri data. Ingin menjadi bagian dari DQLab? Kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa menikmati module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ untuk kalian kerjakan. Ayo, mulai perjalananmu bersama DQLab!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!