[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 51 Menit 26 Detik 

Data Analyst vs Data Scientist, Pahami Persamaan dan Perbedaan Skill Kedua Peran Ini

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4faea588d7f2ec8be7be1849867b14ef_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi yang pesat menjadi sarana bagi pertumbuhan perusahaan maupun startup di berbagai belahan dunia. Data Analyst dan Data Scientist menjadi contoh profesi yang juga melonjak dan dibutuhkan oleh berbagai industri. Meskipun kedua profesi ini sama-sama memiliki peran yang berhubungan dengan data, skill yang dibutuhkan ternyata berbeda.


Penting bagi kamu yang akan memulai karir untuk memahami skill yang dibutuhkan kedua profesi tersebut. Tujuannya, agar tidak keliru dan salah langkah saat melamar kerja nanti. Bukan hanya itu, dengan memahami skill kedua profesi ini, kamu jadi lebih mengetahui skill apa yang harus dipelajari serta dibutuhkan oleh masing-masing profesi.


Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan informasi bukan hanya mengenai perbedaan skill dari kedua peran tersebut, namun juga persamaannya. Penasaran kan? Yuk, langsung simak dan pahami penjelasan dibawah ini!


1. Peran Data Analyst dan Data Scientist 

Data Analyst

Data Analyst merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan berbagai jenis data serta memiliki peran dalam mengolah, mengambil kesimpulan dan memvisualisasikan data tersebut. Data yang sudah diterjemahkan akan diolah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu terjadinya proses pengolahan serta manajemen data perusahaan. Seorang Data Analyst juga berperan untuk melakukan analisa data besar (Big Data) dengan tujuan identifikasi tren dan mengembangkannya menjadi bentuk visual atau grafis yang ditampilkan dalam presentasi.


Data Scientist

Data Scientist juga merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan berbagai jenis data, namun peran Data Scientist adalah menganalisis dan menafsirkan kumpulan data yang kompleks. Peran profesi ini juga ialah membersihkan, memproses dan mengolah Big Data. Data Scientist menggunakan berbagai algoritma yang digunakan untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Data Scientist juga merupakan orang yang memiliki tugas untuk mengolah data yang berasal dari Data Engineer untuk melihat adanya peluang dan mengoptimalkan penggunaan Machine Learning.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Mengapa Kedua Peran Ini Berbeda?

Meskipun kedua peran ini difokuskan pada analisis data untuk mendapatkan wawasan serta informasi yang dapat ditindaklanjuti pada perusahaan, terdapat perbedaan umum yang dapat dilihat dari Data Analyst dan Data Scientist. Selain dari segi peran, mereka juga cenderung dibedakan melalui tools yang digunakan. Data Analyst cenderung menggunakan perangkat lunak statistik, program yang berhubungan dengan bisnis dan relational database software. Sedangkan Data Scientist cenderung menggunakan Machine Learning, Python dan Java untuk menganalisis data.


3. Persamaan dan Perbedaan Skill Data Analyst dan Data Scientist

Profesi Data Analyst dan Data Scientist menjadi contoh profesi yang melonjak serta dibutuhkan oleh berbagai industri. Meskipun memiliki peran dan menggunakan tools yang cenderung berbeda, ternyata kedua profesi ini juga memiliki persamaan dari segi skill. Penting bagi kamu yang akan memulai karir untuk memahami secara mendalam mengenai perbedaan dan persamaan dari kedua profesi tersebut. Berikut adalah perbandingan umum mengenai perbedaan serta persamaan skill Data Analyst dan Data Scientist



Data Analyst

Data Scientist

Matematika dan Statistika

Matematika, Statistika dan Computer Science

Tableu dan Visualisasi Data

Tableu dan Data Storytelling 

Excel, Google Analytics, SQL

Python, R, Java, SQL, Matlab, Pig, Scala

Business Intelligence

Ekonomi

Data Mining dan Data Warehousing

Data Mining dan Data Warehousing


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 



4. Keterampilan Umum yang Digunakan Data Analyst dan Data Scientist

Memiliki beberapa persamaan dan juga perbedaan dari segi skill semakin menegaskan bahwa kedua profesi ini memang berbeda, meskipun sama-sama bergerak di ranah data. Terdapat keterampilan atau skill umum yang sering digunakan oleh kedua profesi ini dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab mereka. Keterampilan umum yang sering digunakan oleh Data Analyst dan Data Scientist mencakup data mining, data warehousing, matematika, statistika dan data visualization. Hal ini bergantung pada peran mereka dalam suatu perusahaan. Beberapa Data Analyst juga menggunakan bahasa pemrograman seperti R atau Python untuk membantu pekerjaan mereka.


5. Persiapkan Karirmu Menjadi Data Analyst Bersama DQLab!

Tertarik untuk memulai karirmu menjadi Data Analyst? Tenang, kamu bisa mulai belajar dan melatih diri untuk mempersiapkan karirmu segera!


Kamu bisa persiapkan diri kamu menjadi Data Analyst dengan bergabung bersama  DQLab. Caranya tinggal membuat akun gratis dengan Signup DQLab.id dan akan ada banyak program yang bisa kamu akses serta nikmati loh sahabat data! Selain itu, kamu bisa langsung akses Quiz secara GRATIS, menyelesaikan module yang ada, untuk mendapatkan sertifikat & reward yang tentunya sangat menarik dari DQLab. Yuk semangat berlatih dan siapkan karirmu segera sahabat data!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!