TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 15 Jam 51 Menit 42 Detik 

Data Engineer Adalah: Pengetahuan yang Dimiliki Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 11-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e8bab9fc4ccb1cdcd1f2e1292d17c003_x_Thumbnail800.jpg

Data menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam dunia bisnis untuk menyimpan sebuah informasi yang berguna dan bermanfaat. Di dalam industri digital transformasi maupun startup, pada umumnya memiliki seorang praktisi yang bertanggung jawab dalam mengelola data yang nantinya akan berguna bagi perusahaan dalam membuat keputusan. Praktisi tersebut adalah seorang Data Engineer.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang Data Engineer? Profesia ini memang merupakan salah satu pilihan berkarir di bidang data yang sangat menarik. Berbeda dengan pilihan karir yang lain, Data Engineer adalah seorang yang memiliki kemampuan dan pengetahuan terhadap Software Engineering dan Back-end Development paling besar ketimbang role lain di bidang data. Seorang Data Engineer memiliki peran yang vital pada ekosistem data suatu perusahaan karena mereka bertanggung jawab untuk mengatur pengumpulan data dan informasi, bagaimana memprosesnya, dan bagaimana menyimpannya.

Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas lebih banyak mengenai pekerjaan menjadi seorang Data Engineer professional. Kamu juga akan mengetahui pengetahuan-pengetahuan apa saja yang perlu kamu pelajari agar kamu dapat berkarir menjadi seorang Data Engineer. Yuk simak penjelasannya!

 

1. Cloud Platform

Cloud Platform merupakan teknologi komputerisasi via server internet. Sistem ini memungkinkan pengguna menyimpan data berskala kecil hingga besar. Karena menggabungkan sistem komputer dan internet, kamu bisa mengakses data dari berbagai lokasi dan platform.

Saat ini, terdapat beberapa perusahaan yang menyimpan data mereka di dalam Cloud. Disinilah Data Engineer harus memiliki kemampuan untuk menggunakan cloud platform tersebut. Terdapat banyak sekali contoh cloud platform yang disediakan seperti Amazon Web Service, Google Cloud Platform, Kamatera, Cloudways, dan sebagainya.


Baca Juga: Mengenal Big Data Engineer, Pekerjaan dengan Prospek Karir yang Sangat Menjanjikan


2. SQL

SQL menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang Data Engineer. Karena hampir di setiap pekerjaannya, Data Engineer akan berhubungan dengan database baik berskala kecil maupun besar.

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengakses dan memanipulasi data. Dengan SQL, kamu bisa mengkomunikasikan keinginan programmer dalam mengakses, mengambil data, menjalankan query, maupun menghapus data dalam database.

Sampai saat ini cukup banyak modern big data warehouse yang menggunakan SQL contohnya Redshift Amazon, HP Vertica, Oracle dan sebagainya.

 

3. Bahasa Pemrograman Python, R, Java dan Scala

Selain SQL, Data Engineer juga dianjurkan untuk menguasai bahasa pemrograman Phyton, R, Java, ataupun Scala. Python dan R adalah bahasa yang paling sering digunakan dalam pengembangan situs web, perangkat lunak, system scripting, hingga manajemen data. Kedua bahasa ini juga memiliki banyak library yang dapat digunakan untuk mengolah data, contohnya di python mereka memiliki Pandas dan Numpy.

Berbeda dengan Java dan Scala, kedua bahasa ini bisa digunakan untuk pemrosesan data tingkat lanjut dengan performa yang lebih baik dibandingkan Python dan R. Mereka juga digunakan untuk membangun sistem Big Data tool. Contoh seperti Apache kafka dan Spark yang dibuat menggunakan Scala dan Hadoop.


Baca Juga: Ingin menjadi Data Engineer? Berikut 3 Hal Esensial Yang Harus Kamu Kuasai

 

4. Algoritma dan Struktur Data

Secara ideal, role apapun dalam dunia Data Science, baik itu Data Analyst, Data Scientist, maupun Data Engineer dianjurkan bagi kamu menguasai konsep algoritma dan struktur data. Namun, Data Engineer memiliki kewajiban yang lebih besar untuk memahaminya, karena ranah pekerjaannya sangat membutuhkan pemahaman yang kuat mengenai kedua hal tersebut.

Dengan menggunakan Data Structures yang tepat, kita dapat meningkatkan kecepatan sebuah algoritma secara signifikan dan membuatnya menjadi efisien. Jadi, bagi teman-teman yang ingin berkarir sebagai Data Engineer pastikan kalian mempelajari konsep mengenai Algoritma dan juga Data Structures ya! Kalian bisa memulai itu semua bersama DQLab juga loh!


5. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Salsabila Miftah

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!