Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Data Science dalam Bidang Astronomi, Apa Saja?

Belajar Data Science di Rumah 17-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-05-2024-04-22-064721_x_Thumbnail800.jpg

Data Science telah menjadi kekuatan pendorong di balik evolusi dalam berbagai bidang ilmu. Dari biologi hingga ekonomi, dari kedokteran hingga ilmu sosial, Data Science telah mengubah cara kita memahami dan menganalisis data dengan skala yang sebelumnya tidak terbayangkan. Kemampuannya untuk mengeksplorasi dan mengekstraksi wawasan dari data yang besar dan kompleks telah meningkatkan kemampuan prediksi dan pemodelan, membuka pintu bagi inovasi dan penemuan baru. 


Namun, salah satu aspek yang paling menarik dari peran Data Science adalah bagaimana ia telah merambah ke luar batas-batas Bumi, menuju langit-langit kosmos. Astronomi, ilmu yang mempelajari alam semesta, telah menjadi salah satu bidang yang paling terpengaruh oleh kemajuan dalam analisis data. Dengan jumlah data yang terus bertambah dari pengamatan teleskop-teleskop angkasa, Data Science telah membantu para astronom dalam memahami fenomena-fenomena langit yang kompleks.


Dari pencarian planet ekstrasurya hingga pemodelan struktur kosmos, Data Science telah memainkan peran kunci dalam mengolah dan menganalisis data astronomi. Melalui teknik-teknik seperti machine learning, statistik, dan analisis pola, para astronom dapat mengidentifikasi eksoplanet, memodelkan galaksi, dan memprediksi fenomena langit dengan lebih akurat daripada sebelumnya. Pada artikel kali ini, DQLab akan mengulik contoh data science dalam bidang astronomi. Simak penjelasannya yuk sahabat DQLab!


1.  Analisis Big Data dalam Radio Astronomi

Radioastronomi mengumpulkan volume data yang sangat besar dari pengamatan radio langit. Teknik-teknik Data Science seperti pengolahan sinyal digital dan analisis Fourier digunakan untuk mengubah data mentah menjadi gambar-gambar radio langit yang mengesankan. Selain itu, analisis Big Data dan machine learning digunakan untuk mengidentifikasi sumber-sumber radio baru dan mempelajari sifat-sifat mereka.

Data Science

Sumber Gambar: CSIRO


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2.  Prediksi Perilaku Bintang dan Fenomena Kosmik

Bintang dan fenomena kosmik seringkali menampilkan perilaku yang kompleks dan tidak terduga. Namun, dengan mengumpulkan data observasional dari berbagai sumber, Data Science dapat digunakan untuk memprediksi perilaku ini. Contohnya adalah prediksi ledakan supernova atau perubahan periodisitas bintang variabel. Dengan memahami pola-pola ini, astronom dapat memperkirakan waktu dan lokasi observasi yang optimal.

Data Science

Sumber Gambar: CNN


3.  Klasifikasi Objek Langit

Langit penuh dengan berbagai objek seperti bintang, galaksi, nebula, dan kuasar. Mengklasifikasikan objek-objek ini secara manual adalah pekerjaan yang melelahkan dan memakan waktu. Namun, dengan teknik Data Science seperti klasifikasi gambar dan analisis spektrum, astronom dapat mengotomatiskan proses pengklasifikasian ini. Ini memungkinkan untuk mengidentifikasi objek-objek langit dengan lebih cepat dan akurat, mempercepat kemajuan dalam penelitian astronomi.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4.  Pemodelan Galaksi dan Objek Langit

Memahami struktur dan evolusi galaksi serta kosmos adalah tantangan besar dalam astronomi. Data Science memainkan peran penting dalam menganalisis observasi yang dilakukan oleh teleskop-teleskop angkasa seperti Hubble dan observatorium radio besar. Melalui teknik-teknik statistik dan pemodelan data, astronom dapat memahami distribusi materi gelap, materi biasa, dan energi gelap dalam alam semesta. Pemodelan ini membantu dalam menguji teori-teori kosmologi dan memperdalam pemahaman kita tentang alam semesta.


Data Science telah mengubah paradigma dalam astronomi, memungkinkan kita untuk mengeksplorasi dan memahami alam semesta dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin. Dari pencarian planet ekstrasurya hingga pemodelan struktur kosmos, penggunaan teknik-teknik analisis data telah membuka pintu bagi penemuan-penemuan baru dan pemahaman yang lebih dalam tentang alam semesta yang luas dan menakjubkan. Dengan terus berkembangnya teknologi dan metode analisis, masa depan astronomi akan dipenuhi dengan lebih banyak penemuan yang memukau, semuanya berkat Data Science.


Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data scientist agar bisa berkarir di industri 4.0. Buruan gabung bersama DQLab dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login