DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 14 Menit 53 Detik 

Data Science, Ilmu Data yang Dapat Dipelajari Secara Otodidak!

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/54a5ee1b548d46f349abd7bec5423c98_x_Thumbnail800.png

Zaman ini merupakan zaman dimana hampir seluruh kegiatan dapat dilakukan secara digital atau online, contohnya berbelanja kebutuhan sehari-hari, sekolah, mencari informasi mengenai sesuatu hal, dan masih banyak lagi. Dengan zaman digital ini, hampir seluruh informasi terdapat dalam internet dan berbentuk data hingga muncullah suatu ilmu yang disebut dengan Data Science. 


Dalam ilmu tersebut, banyak kesempatan yang tersedia jika kalian mau mempelajarinya, selain prospek kerjanya yang menjanjikan, Data Science juga belum diketahui orang banyak, lho! Maka dari itu, pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mulai belajar Data Science. 


1. Memahami Masing-masing Profesi Data Science

Mempelajari Data Science secara otodidak tidak terlalu sulit untuk dilakukan, namun untuk memulai langkah pertama, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu seperti apa profesi-profesi yang tersedia dalam bidang data, tidak lupa juga dengan tanggung jawab yang perlu dilakukan. Profesi-profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, Developer atau Developer Operations.


Semua profesi yang telah disebutkan memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun tetap berkaitan satu sama lain. Contoh sederhananya adalah Data Analyst merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam proses analisis data yang telah tersedia, sedangkan Data Scientist yang akan melakukan pembuktian hingga penarikan kesimpulan. Setiap profesi yang terdapat dalam bidang data ini akan selalu berkaitan dengan hal-hal berbau teknis, seperti bahasa pemrograman, machine learning, dan lainnya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Menguasai Skill Dasar dari Data Science

Jika kalian sudah memahami masing-masing profesi, langkah selanjutnya adalah kalian perlu mengetahui dan belajar untuk menguasai skill-skill dasar yang diperlukan sebagai pegangan atau sokongan untuk menjadi salah satu dari profesi-profesi yang ada dalam bidang data. Skill-skill yang perlu kalian miliki adalah bahasa pemrograman seperti Python dan R, statistika, visualisasi data, aljabar, machine learning, dan masih banyak lagi. 


Skill-skill tersebut perlu kalian kuasai agar kedepannya jika kalian menjadi salah satu profesi dalam bidang data, pekerjaan kalian akan menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu juga, dari mempelajari skill-skill dasar yang telah disebutkan, kalian bisa memperluas lagi pembelajaran kalian dalam bidang lainnya yang terkait dengan Data Science.


3. Memilih Tempat Belajar yang Sesuai

Jika kalian akan mempelajari Data Science secara otodidak, kalian perlu menentukan juga platform atau media seperti apa yang akan kalian gunakan untuk mempelajari hal tersebut. Contohnya, kalian bisa menggunakan website-website yang memiliki materi mengenai Data Science, akun Youtube yang memberikan pengajaran terkait Data Science, atau bahkan tempat kursus, baik online maupun offline.


Salah satu platform atau tempat belajar yang dapat kalian pertimbangkan adalah tempat kursus karena kalian bisa mendapatkan metode beserta materi belajar secara online maupun offline. Dengan metode belajar seperti yang disampaikan, tentunya dapat lebih praktis dan efektif karena dapat disesuaikan dengan kegiatan kalian sehari-harinya. Dengan kursus, kalian dapat mempelajari Data Science dalam waktu yang singkat dan padat, namun tetap memperoleh ilmu yang diperlukan.


4. Memperbanyak Pengalaman Langsung

Selain informasi-informasi seputar Data Science yang telah disampaikan, kalian juga dapat memperbanyak pengalaman langsung. Pengalaman langsung yang dimaksud adalah melakukan pekerjaan secara langsung di perusahaan. Kalian bisa mulai dengan bekerja magang atau freelance, dengan begitu kalian bisa melihat dan merasakan bagaimana kerja di dalam bidang data.


Selain itu juga, tentunya kalian dapat semakin paham mengenai Data Science karena telah melakukan praktiknya secara langsung. Tidak hanya berguna untuk menambah pengalaman dan pengetahuan, dengan bekerja secara langsung, kalian dapat menambahkan riwayat tersebut di CV kalian agar semakin menarik di mata perusahaan lain ketika kalian ingin melamar pekerjaan sebagai pegawai tetap.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Lakukan Semua Langkah Tersebut Bersama DQLab

DQLab dapat kalian jadikan tempat belajar serta tempat kalian memperbanyak pengalaman, selain kalian mendapatkan materi data yang lengkap, kalian juga bisa mendapatkan networking yang luas. Apabila kalian tertarik, kalian bisa sign up di DQLab.id, lalu kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis! Module tersebut dapat kalian anggap sebagai materi pertama kalian di DQLab, jadi tunggu apalagi? Ayo, jadilah generasi data driven bersama DQLab.id!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :