DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 11 Menit : 4 Detik

Data Science: 3 Disiplin Ilmu Yang Membentuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5c9483185a8340f3ca4c0f49c1713047_x_Thumbnail800.jpg

Data Science adalah ilmu yang mengkombinasikan ilmu matematika, statistika, dan programming untuk melakukan tugas komputasi dengan tujuan mendapatkan insight yang bermanfaat baik berasal dari data terstruktur atau data tidak terstruktur. Data Science mungkin baru santer terdengar beberapa tahun belakangan ini. Namun sebenarnya ilmu data science ini sudah lama diterapkan oleh berbagai perusahaan atau instansi.


Ada tiga tahapan dalam data science yaitu desain data, mengumpulkan data, dan menganalisa data. Dalam mengumpulkan data kita harus paham struktur data yang akan digunakan. Sedangkan dalam menganalisa data kita perlu kemampuan yang baik dalam ilmu matematika dan statistika agar menghasilkan analisa yang kuat. Pada data science sendiri setidaknya terdiri dari tiga disiplin ilmu yang wajib kita ketahui.


Apa saja, ya? Yuk simak pembahasannya dibawah ini.


1. Machine Learning

Machine learning merupakan bagian dari ilmu matematika dan statistika dengan ilmu komputer dan cabang dari Artificial Intelligence (AI). Tujuannya adalah untuk memberikan kemampuan komputer untuk melakukan proses belajar. Algoritma yang diterapkan pada machine learning digunakan untuk analisis data tingkat tinggi. Contoh penerapannya adalah Cortana atau asisten yang disediakan Windows 10, Alpha-Go, dan Voice Search di Google. 

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Traditional Software

Traditional software merupakan irisan dari ilmu komputer dengan domain knowledge. Traditional software diterapkan oleh perusahaan atau instansi dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan yang tersedia di perusahaan tersebut. Perusahaan atau instansi biasanya membuat software untuk mengatasi hal ini contohnya e-learning, e-banking, e-commerce, dan lain sebagainya.


3. Traditional Research

Traditional research merupakan irisan dari ilmu matematika dan statistika dengan domain knowledge atau dapat juga diartikan sebagai gabungan dari machine learning dan traditional software. Pengaplikasian traditional research dilakukan secara tradisional sama seperti traditional software. Traditional research umumnya digunakan oleh perusahaan maupun instansi untuk menganalisa data yang nantinya akan memberikan insight yang berguna bagi perkembangan perusahaan maupun instansi tersebut. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk Mulai Karir Sebagai Praktisi Data Bersama DQLab Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!