PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 41 Menit 13 Detik

Data Scientist, Ahli Terjemahkan Cerita dari Angka

Belajar Data Science di Rumah 16-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e7c61a14-98eb-4cfc-af57-3e1e95b10d08-2023-08-16-232200_x_Thumbnail800.jpeg

Di era digital yang penuh dengan data, peran seorang Data Scientist menjadi semakin penting dalam membantu organisasi mengurai informasi berharga dari tumpukan data yang tak terhitung. Sebagai peneliti data modern, mereka tidak hanya menangani angka, tetapi juga berperan dalam merumuskan solusi cerdas berbasis teknologi. 


Peran Data Scientist telah tumbuh menjadi salah satu profesi yang paling dicari di dunia teknologi saat ini. Dengan pandangan tajam dan alat analisis canggih, Data Scientist berperan dalam mengubah angka menjadi wawasan berharga.


Dalam artikel ini, mari kita menyelami peran menarik Data Scientist yang merangkul tantangan untuk mengurai rahasia di balik data! Selamat membaca!


1. Detektif Angka yang Berdedikasi

Data Scientist mirip dengan detektif modern yang mencari petunjuk dalam data. Pertama, mereka membersihkan dan mempersiapkan data untuk memastikan ketepatan dan integritasnya. Setelah itu, dengan menggunakan algoritma dan teknik analisis, mereka mengungkap pola, hubungan, dan tren yang tersembunyi dalam data. Dengan kemampuan ini, mereka membantu organisasi membuat keputusan yang didasarkan pada fakta.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pembangun Model Analisis yang Handal

Pembuatan model analisis yang kuat adalah inti pekerjaan Data Scientist. Dengan memanfaatkan teknik Machine Learning dan statistik, mereka merancang model yang dapat memprediksi hasil masa depan berdasarkan data historis. Sebagai contoh, di dunia perbankan, mereka dapat merancang model risiko kredit yang membantu bank mengidentifikasi pelamar yang berpotensi membayar pinjaman.


3. Penguasa Bahasa Data

Data Scientist berbicara dalam bahasa data seperti Python, R, dan SQL. Ini adalah alat untuk mengolah, menganalisis, dan mengekstrak informasi dari data mentah. Mereka menggunakan bahasa ini untuk menyusun kode, merangkai pertanyaan analisis, dan menghasilkan hasil yang dapat dimengerti dari data yang kompleks.


4. Penjaga Kualitas Data

Memastikan data yang digunakan adalah akurat dan andal adalah tugas yang tak terpisahkan dari Data Scientist. Mereka mengidentifikasi dan menangani data yang tidak akurat, mencari tahu sumber kesalahan, dan memastikan bahwa analisis yang dihasilkan berdasarkan data yang valid. Keahlian ini memberikan dasar yang kuat untuk keputusan bisnis yang cerdas.


5. Komunikasi Hasil yang Kompleks

Selain tugas teknis, seorang Data Scientist juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang kuat. Mereka harus mampu menjelaskan hasil analisis yang kompleks kepada para pemangku kepentingan yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis. Kemampuan untuk mengartikulasikan temuan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh berbagai orang sangatlah penting dalam memastikan hasil analisis dapat digunakan secara efektif.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Jika kamu tertarik dalam meretas kode data dan mengungkap wawasan di balik angka, profesi Data Scientist menanti untukmu! Melalui kursus online, belajar mandiri, dan dedikasi, kamu dapat memasuki dunia yang menggairahkan ini.


Mengapa tidak memulai perjalanan kamu menuju menjadi seorang ahli data yang berpengaruh? Jika kamu ingin belajar Data Science dan menjadi seorang Data Scientist, DQLab akan bocorkan rahasianya!


Ada pelatihan yang pastinya recommended banget buat kamu! Serius recommended deh pokoknya buat kamu yang ingin belajar Data Science dari nol. Nggak cuma itu, di DQLab kamu juga menemukan banyak sekali proyek yang bisa kamu eksekusi dan pelajari disini!


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk membuat portfolio yang menarik!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login