PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 35 Menit 19 Detik 

‘Data Scientist atau Data Analyst?’ Kenali Lebih Dekat Profesi Milenial Saat Ini Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/82bd9ea309eaf75ad64a0e78ad6071a7_x_Thumbnail800.png

Tak bisa dipungkiri bahwa profesi Data Scientist atau Data Analyst menjadi profesi yang sedang dicari dan banyak calon talenta data sedang mewujudkan impiannya secara profesional. Ditambah dengan meningkatnya permintaan praktisi data untuk membantu instansi atau perusahaan dalam mengolah data membuat banyak orang, data enthusiast bahkan sahabat data DQLab yang sedang membaca artikel ini juga ingin belajar Data Science agar bisa bekerja di perusahaan yang diinginkan sebagai Data Scientist maupun Data Analyst. Jika kamu sedang mencari profesi apa yang cocok untuk kamu antara Data Scientist dan Data Analyst, artikel DQLab kali ini akan membantu pilihanmu dengan membahas kedua profesi serta adanya perbedaan pada kedua profesi milenial tersebut. Ingin tahu pembahasannya lebih dalam? Yuk langsung simak artikel berikut.


1. Profesi Data Scientist

Data Scientist merupakan profesi yang bertanggung jawab dan berperan untuk mengumpulkan dataset dan nantinya data-data tersebut diolah agar bisa menjadi sebuah wawasan yang berguna. Data yang berguna nantinya akan dilaporkan kepada pemangku kepentingan dalam suatu perusahaan atau instansi. Data Scientist akan lebih terlibat secara signifikan dengan membuat sebuah eksperimen mereka sendiri, data cleaning, menemukan pola serta membangun algoritma serta mengubah data menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami bagi orang awam sekalipun. Sebagai Data Scientist, mereka harus memiliki jiwa "penasaran", karena hampir setiap hari pekerjaan Data Scientist yaitu mencari validasi atas data yang sudah didapatkan sehingga akan membantu memecahkan masalah atau membantu dalam decision making yang strategis. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Profesi Data Analyst

Data Analyst pekerjaannya yaitu melakukan analisis data dengan memilah-milah data untuk mengungkapkan sebuah wawasan data yang telah didapatkan. Biasanya, Data Analyst akan lebih sering bersinggungan dengan para pebisnis karena keahlian dan keterampilannya sangat membantu di berbagai sektor industri mulai dari kesehatan, pariwisata, hingga bekerja dengan pemerintahan sekalipun. Seorang Data Analyst akan sering ditugaskan untuk melakukan sebuah analisis data deskriptif dan diagnostik untuk memberikan wawasan pada bisnis. Data Analyst juga akan melakukan prediksi berdasarkan data lama yang telah dimilikinya serta dapat melihat pola untuk menjawab permasalahan yang dimiliki pebisnis.


3. Data Scientist vs Data Analyst: Apa Perbedaannya?

"Jadi profesi Data Scientist sama sajakan dengan Data Analyst?"


Dari dua poin diatas jika disimpulkan memang benar, pekerjaan mereka sama yaitu menganalisis, membersihkan data, membuat pola hingga memvisualisasikan data. Tapi perlu sahabat data DQLab ketahui bahwa adanya perbedaan pada kedua profesi. Data Scientist akan lebih terfokuskan pada strategi sehingga membuat Data Scientist harus bisa bekerja dengan berkolaborasi. Selain itu, Data Scientist terampil dalam menggunakan tool seperti Machine Learning. Sedangkan Data Analyst bekerja dengan jenis database untuk membantu menjawab pertanyaan bisnis lalu melakukan laporan. Data Analyst akan lebih terampil menggunakan SQL, Python,R atau bahasa pemrograman lainnya. Karena pekerjaanya berdekatan dengan kegiatan bisnis maka Data Analyst juga terampil menggunakan  business intelligence tools serta mengetahui tools untuk visualisasi data baik dengan Tableau, Power BI atau Microsoft Excel dalam mempresentasikan hasil olahan data. Hal terpenting lainnya yang membedakan kedua profesi adalah kedalaman pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, karena Data Scientist juga membantu dan menjadi bagian tim penting dalam instansi.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Belajar Data Science bersama DQLab, Kamu Bisa Berkarir Menjadi Praktisi Data!

Jangan khawatir, kini sudah ada cara mudah untuk kamu bisa belajar Data Science dan mewujudkan karirmu di bidang Data Science dengan kursus bersama DQLab! Di DQLab kamu akan mendapatkan module dan juga project yang sangat berguna untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah kamu pelajari. Ingin bergabung? Cara mudah banget hanya dengan signup di DQLab kamu sudah bisa mengakses pembelajaran sesuai dengan kebutuhanmu dan kamu bisa nikmati module GRATIS œIntroduction to Data Science with R atau œIntroduction to Data Science with Python untuk memulai pembelajaran Data Science-mu.


Selain giat dan pantang menyerah dalam pembelajarannya, kamu pasti bisa berkarir menjadi praktisi Data. selamat mencoba sahabat Data DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :