GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 38 Menit 48 Detik 

Data Scientist dan Data Analyst, Apa Perbedaannya Ya?

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3535a7acb134fd0a30ad033fb3afbfc0_x_Thumbnail800.png

Profesi Data Scientist dan Data Analyst merupakan dua profesi yang saat ini sedang digemari oleh banyak individu dan dicari oleh banyak perusahaan, mulai dari perusahaan besar hingga perusahaan baru atau startup. Kebutuhan akan sumber daya manusia dalam kedua profesi ini sangat banyak, namun tidak sebanding dengan ketersediaannya di Indonesia.


Oleh karena itu, DQLab akan memberikan informasi kepada kalian terkait kedua profesi ini agar kalian dapat mengetahui, memahami, dan menentukan apakah kalian ingin mencoba prospek karir kedua profesi ini. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pengertian Data Scientist dan Data Analyst, tidak lupa juga mengenai tanggung jawab atau tugas masing-masing profesi. 


1. Pengertian Data Scientist

Mari kita mulai dari profesi Data Scientist, profesi ini menggunakan berbagai cara dan algoritma untuk menganalisis data yang diharapkan dapat menemukan solusi atas suatu masalah yang rumit atau kompleks. Data Scientist memerlukan kemampuan untuk mengungkap suatu pola dengan mengombinasikan beberapa pasang data, seperti perilaku konsumen. 


Dapat dikatakan bahwa profesi ini akan lebih mengarah kepada hal teknis dalam bidang data, selain itu juga Data Scientist membutuhkan keahlian untuk mengungkap tren yang sedang berlangsung. Apabila profesi ini bekerja dalam suatu bisnis, maka diperlukan juga pengetahuan bisnis supaya tujuan perusahaan dapat terpenuhi.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pengertian Data Analyst

Berlanjut kepada profesi Data Analyst, banyak yang mengira bahwa profesi ini memiliki definisi dan tanggung jawab yang sama dengan Data Scientist. Hal tersebut salah besar. Profesi Data Analyst memang memiliki beberapa persamaan dengan Data Scientist, contohnya seperti tugasnya untuk menganalisis data.


Namun, cakupan pekerjaan Data Analyst tidak seluas Data Scientist karena profesi ini tidak mengharuskan calon pekerja untuk mengerti bahasa pemrograman. Data Analyst dibutuhkan oleh perusahaan apabila volume data yang dimiliki perusahaan belum sangat besar sehingga tidak dapat menghasilkan data produk. Satu fakta menarik mengenai Data Analyst adalah profesi ini kerap disebut sebagai junior Data Scientist karena memiliki beberapa kemiripan dalam pekerjaannya.


3. Tanggung Jawab Data Scientist

Setelah mengetahui pengertian mengenai profesi Data Scientist, kalian tentu memerlukan informasi terkait tanggung jawab atau pekerjaan seperti apa yang nantinya akan dihadapi apabila kalian menentukan untuk menjalani profesi ini. Terdapat beberapa contoh tanggung jawab yang dapat kalian ketahui, seperti berikut.


  • Menganalisis database perusahaan demi peningkatan kinerja perusahaan.

  • Menggunakan model prediksi data.

  • Mengembangkan algoritma, model data, dan kerangka kerja perusahaan.

  • Melakukan pembuktian sumber data dari setiap informasi yang diperlukan agar tidak merugikan perusahaan.

  • Berkoordinasi dengan divisi lain yang berkaitan dengan pekerjaan Data Scientist.


4. Tanggung Jawab Data Analyst

Beralih ke profesi Data Analyst, apabila dengan membaca tanggung jawab Data Scientist cukup menantang, kalian juga bisa persiapkan beberapa kompetensi yang dapat diimplementasikan sebagai Data Analyst, apa saja? Yuk simak!  


  • Menafsirkan, menganalisa, dan membuat laporan terkait hasil data.

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan database, serta strategi bisnis.

  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber.

  • Mengidentifikasi tren atau pola dari kumpulan data yang terkumpul.

  • Membersihkan data dan melakukan peninjauan laporan.

  • Berkoordinasi dengan manajemen terkait kebutuhan bisnis dan informasi.

  • Mencari dan menentukan peluang bisnis baru.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Tentukan Pilihan Profesi Kalian Bersama DQLab

Tidak perlu bingung dengan kedua profesi ini, kalian dapat mempelajari semua ilmu seputar profesi Data Analyst dan Data Scientist secara lengkap dan tuntas dengan DQLab. Disini kalian bisa mendapatkan materi pembelajaran dan berlatih dengan praktisi data yang berpengalaman. Apa kalian tertarik? Kalian bisa langsung sign up di DQLab.id untuk mulai belajar dengan mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’. Ayo gabung di DQLab.id dan mulai sesi belajar kalian!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!