PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 40 Menit 24 Detik 

Data Scientist Itu Apa Sih? Intip Definisi Hingga Tanggung Jawabnya

Belajar Data Science di Rumah 09-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/585e308ef005d64d5c2addd09e9f33e6_x_Thumbnail800.jpg

Tugas data scientist adalah untuk menganalisis sejumlah besar informasi mentah untuk menemukan pola yang akan membantu meningkatkan perusahaan dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.


Perusahaan akan mengandalkan data scientist untuk membangun produk data untuk mengekstrak insight bisnis yang berharga bagi perusahaan. Role ini, harus memiliki kemampuan yang mumpuni seperti kemampuan analisis, matematika, dan statistik. 


Critical thinking dan keterampilan memecahkan masalah sangat penting untuk menafsirkan data. Selain itu, tugas seorang data scientist tidak akan jauh dari machine learning dan research. Tujuan utama mengapa perusahaan merekrut data scientist adalah membantu perusahaan untuk menganalisis tren untuk membuat keputusan yang lebih baik.


Seorang data scientist harus memiliki berbagai skills, antara lain skill data mining, machine learning, pemahaman bahasa pemrograman (R, Python, SQL), skill business intelligence seperti tableau dan GDS, skill data framework, pemahaman statistik yang kuat, serta skill komunikasi yang baik. 


Ada banyak hal yang harus diketahui oleh seseorang yang bermimpi ingin menjadi data scientist karena meskipun role pekerjaan ini memiliki peluang kerja yang menjanjikan namun skill yang dibutuhkan sangat kompleks terutama skill teknis. Apa saja yang perlu diketahui oleh calon data scientist? Yuk kita simak bersama artikel berikut ini!


1. Apa yang Dilakukan Seorang Data Scientist?

Ilmuwan Data menggunakan teknik coding dan pemrograman komputer lainnya untuk mengotomatiskan tugas pengumpulan dan penyimpanan data. Profesi ini akan bekerja sama dengan departemen perusahaan atau bahkan membuat sistem untuk menyimpan informasi yang dikumpulkan dalam database perusahaan.


Data scientist membantu perusahaan dengan memberi stakeholders berbagai insight berharga untuk meningkatkan operasi bisnis agar lebih efektif dan efisien.

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tanggung Jawab Data Scientist

Data scientist bertanggung jawab untuk memanfaatkan bahasa pemrograman untuk mengembangkan sistem otomatis yang membantu perusahaan meningkatkan operasi bisnis. Salah satu tugas data scientist adalah mengumpulkan raw data dari berbagai sumber.


Tugas ini memerlukan analisis hasil atau membuat studi baru dan mentransfernya ke dalam format yang sesuai yang kemudian dianalisis. Selain itu, data scientist harus bekerja sama dengan departemen lain dan membuat keputusan tentang ke mana data harus disimpan atau didistribusikan dan informasi apa yang dibutuhkan oleh semua departemen.


data scientist


3. Dengan Siapa Data Scientist Bekerja?

Seorang Data Scientist biasanya bekerja dalam sebuah organisasi atau bisnis bersama tim Data Scientist lainnya untuk menganalisis berbagai jumlah data. Mereka dapat melaporkan kemajuan dan temuan mereka ke atasan seperti Lead Data Scientist.


Selain itu, seorang data scientist juga sering kali bekerja dalam satu tim bersama data analyst dan data engineer. Ketiga roles ini saling mendukung pekerjaan satu sama lain.

data scientist


4. Menjadi Data Scientist yang Baik

Data scientist yang baik adalah jembatan antara bisnis dan data. Profesi ini harus memiliki pemahaman teknis yang mendalam tentang bagaimana mengkomunikasikan data yang kompleks dengan cara yang dapat mudah dipahami sekaligus memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan temuan kepada stakeholders yang tidak semua memahami data.


Seorang data scientist yang baik juga akan memiliki keterampilan menulis yang sangat baik dan keterampilan analitis untuk menjawab dan memecahkan masalah.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Ada banyak hal yang perlu dikuasai oleh calon data scientist sebelum akhirnya terjun ke dunia data dan industri. Saat ini ada berbagai cara untuk mempersiapkan diri menjadi data scientist. Dengan bantuan teknologi dan internet, kita semakin mudah mempelajari sesuatu, salah satunya adalah mempelajari berbagai skills data scientist.


Yuk persiapkan diri menjadi data scientist dengan modul dari DQLab! Modul ini berisi materi singkat namun padat, live code editor, dan latihan data yang mencerminkan data real di dunia industri.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mencoba FREE MODUL dari DQLab "Introduction to Data Science" dan kamu bisa memilih menggunakan bahasa pemrograman R atau Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :