GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 26 Menit 42 Detik 

Data Scientist Masih Menjadi Top Profesi 2022

Belajar Data Science di Rumah 12-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1ba9ec14fb848a05b65c02e2ac73e1b1_x_Thumbnail800.jpg

Profesi data scientist saat ini sudah sangat populer dan banyak menarik perhatian. Bahkan profesi ini disebut sebagai profesi terseksi di abad ini. Data scientist mengandalkan kemampuan analisis data agar menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau sebagai insight bagi suatu perusahaan. Data yang dianalisis biasanya data yang berasal dari berbagai sumber dan terakumulasi dalam database perusahaan. Data scientist pun harus memiliki keterampilan terkait informasi pengembangan bisnis dengan memanfaatkan metode statistik. 


Menjadi seorang data scientist tidak harus dari orang berlatang belakang pendidikan IT atau matematika, hanya saja memang terdapat beberapa kualifikasi khusus yang perlu dimiliki data scientist untuk menunjang pelaksanaan peran dan tanggung jawab mereka. Menjadi data scientist memiliki beberapa keunggulan. Selain profesi yang kekinian, gaji serta jenjang karir data scientist tergolong cukup menggiurkan. Oleh karena itu, hal ini menjadi peluang besar bagi para kaum milenial karena profesi data scientist ini peminat yang benar-benar kompeten masih belum terlalu banyak sedangkan kebutuhan di lapangan sudah sangat banyak.


1. Deskripsi Pekerjaan

Data scientist merupakan sebuah profesi yang bertugas menganalisis data perusahaan. Dalam melaksanakan peran dan tanggung jawabnya, data scientist menerapkan data science. Seorang data scientist perlu memiliki ketelitian yang tinggi serta bertanggung jawab terhadap data mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, sampai analissi data. Biasanya seorang data scientist menganalisis data dalam jumlah besar, atau biasa disebut dengan big data. Selain itu seorang data scientist pun harus dapat bekerja secara individu atau dengan tim.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tugas Data Scientist

Seperti yang telah diberitahukan sebelumnya bahwa data scientist secara umum bertugas menganalisis data. Namun tidak hanya itu, lebih detailnya data scientist bertugas menganalisis data dengan menggunakan algoritma machine learning. Mulai dari memilih algoritma, membangun model sampai menerapkannya ke dalam data yang akan dianalisis. Selain itu data scientist pun perlu menyesuaikan data perusahaan dengan data dari pihak yang bekerja sama dengan perusahaan. Proses pengumpulan data sampai data benar-benar siap diolah pun memerlukan metode dan teknik yang sesuai dengan jenis data dan tujuan analisis.

Data Scientist


3. Skill Data Scientist

Menjadi seorang data scientist hamper sama seperti profesi lainnya, sama-sama membutuhkan keahlian yang sesuai dengan bidangnya. Data scientist tentunya profesi yang tidak akan lepas dari permasalahan data. Untuk menyelesaikan permasalahan data tersebut tentunya membutuhkan keahlian seperti menguasai metode statistika, ilmu kalkulus dan alajabar, bahasa pemrograman, penerapan algoritma machine learning, kemampuan visualisasi data, komunikasi yang baik, pemetaan data, kemampuan database dan query, pemahaman bisnis, berpikir kritis serta memiliki problem solving yang baik.

Data Scientist


4. Gaji dan Jenjang Karir

Perkembangan teknologi yang beriringan dengan pertumbuhan ekonomi ini menjadikan data scientist sebagai salah satu profesi terdepan. Bahkan tidak sedikit orang yang beralih profesi dari pekerjaan sebelumnya menjadi data scientist walaupun tidak memiliki background dalam bidang data. Kira-kira mengapa profesi ini cukup menarik perhatian sebagian orang? Ternyata data scientist memiliki gaji yang cukup menggiurkan loh. Dilihat dari Laporan Gaji Indonesia 2020 yang berdasarkan perusahaan lowongan pekerjaan, Glints, menyebutkan gaji data scientist di Indonesia berkisar Rp8.000.000 per bulan bahkan bisa terus bertambah sesuai dengan jabatan yang didudukinya.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Mulai Bergabung Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Data scientist merupakan salah satu profesi yang diminati para kaum milenial masa kini. Data scientist perlu menguasai ilmu dasar data science serta memiliki keterampilan bahasa pemrograman. Ilmu dasar data science serta penerapannya dapat kita pelajari di DQLab


DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dapat kita terapkan pada data sekunder lohh. Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!