PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 19 Menit 48 Detik 

Data Scientist Pekerjaan yang Paling Dicari Perusahaan?

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/33b6ab9b136154b14b6fc9f0bc3314bd_x_Thumbnail800.png

Self driving car atau nama yang lebih kerennya autonomous vehicle (AV) juga merupakan buah hasil dari penggabungan AI dengan machine learning. Walaupun masih belum 100% self driving namun fitur ini sudah banyak menyelamatkan nyawa manusia dari berbagai macam kondisi. Karena inilah juga, banyak yang percaya bahwa Data Scientist merupakan profesi yang sangat cocok dengan zaman yang serba modern ini.


Dalam beberapa tahun terakhir teknologi semakin berkembang yang membuat Data Scientist menjadi salah satu posisi paling penting dan paling dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Ini dikarenakan Data Scientist dibutuhkan untuk mengeksplorasi data dari sebuah masalah untuk merubah masalah tersebut menjadi sebuah keuntungan dengan adanya solusi yang efektif. Lewat data juga perusahaan dapat melihat kebiasaan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan lainnya. Dengan begitu perusahaan dapat merancang produk yang memang sesuai dengan keinginan masyarakat.


Pada artikel DQLab kali ini, kita akan mengulas profesi Data Scientist yang di gadang-gadang sebagai profesi yang sedang "naik daun" pada masa depan. Agar tidak penasaran lagi, simak selengkapnya postingan ini dan pastikan kalian baca artikelnya sampai selesai ya!


1. Data Scientist Menjadi Salah Satu Kunci Strategi yang Sukses

Sebagai seorang Data Scientist analisis data sangatlah penting dalam dunia bisnis. Semua rencana dan juga keputusan harus didasari dengan alasan-alasan rasional yang mengikutinya. Dengan begitu analisis yang tepat maka perusahaan dapat lebih memahami masalah yang akan mungkin dialami perusahaan dan lebih memahami pasar.


Berdasarkan pengalaman dari Senior Data Scientist, mereka menyimpulkan bahwa Data Scientist adalah pengolahan Big Data yang berupaya memberikan informasi yang bermakna dari sejumlah besar data kompleks dengan menggunakan berbagai alat, algoritma, dan prinsip lainya.


Seorang Data Scientist juga harus dapat mempresentasikan hasil data yang didapat kepada perusahaan. Meskipun pengambilan data sudah benar namun saat proses penyampaian seorang Data Scientist tidak dapat menyampaikan dengan benar akan membuat data yang disampaikan tidak kredibel. Maka dari itu skill public speaking juga patut dipelajari oleh Data Scientist


Baca Juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Potensi Pekerjaan yang Sangat Tinggi

Di era serba modern ini banyak perusahaan dan juga start up yang memasuki revolusi industri 4.0. Bahkan laporan tenaga kerja versi LinkedIn menyatakan bahwa pekerjaan yang bergerak di bidang data merupakan telah meningkat 6 kali lipat dibanding 5 tahun lalu. 


Ironisnya, kebutuhan perusahaan akan seorang Data Scientist tak sejalan dengan ketersediaan tenaga kerja di bidang ini. Bahkan, sebanyak 12 persen pimpinan perusahaan tidak mengerti cara menganalisis big data. Sekitar 10 persen perusahaan kekurangan Data Scientist dan 86 persen perusahaan masih mencari Data Scientist.Saking sedikitnya “ilmuwan data” di Indonesia bahkan seorang praktisi  berkata bahwa mereka sering mendapat tawaran bekerja walaupun masih terikat dengan perusahaan yang lama. 


Apalagi Indonesia yang merupakan negara berkembang. Di Indonesia banyak wilayah yang mengusung konsep smart city. Dengan begitu kebutuhan akan  seorang Data Scientist semakin terus bertambah seiring berjalanya waktu.


3. Prospek Pekerjaan yang Jelas

Di setiap pekerjaaan, terutama orang yang baru masuk ke dalam dunia kerja seringkali kebingungan dalam menentukan jenjang karir mereka. Akibatnya, sering kali ditemukan orang yang berubah haluan dari bekerja sebagai A menjadi D karna terdapat tahap yang kurang diminati. Tentunya ini akan merugikan kedua belah pihak, perusahaan kehilangan aset penting, karyawan kehilangan tenaga.


Untuk jenjang karir Data Scientist setiap perusahaan mempunyai jenjang karir tersendiri, namun kurang lebih akan sama. Berikut gambaran jenjang karir Data Scientist :

  •  Data Scientist

  • Senior Data Scientist

  • (A) Data Scientist Lead /  (B) Principal Data Scientist

  • (A) Senior Data Science Lead / (B) Senior Principal Data Scientist

  • Assistant VP of Data Science

  • VP of Data Science


Karir Data Scientist dibagi dua major dipertengahan karir, yang dimana (A) lebih ke manajerial dan (B)  lebih kepada teknikal. Namun saat kamu mencapai level AVP Kamu tetap harus menguasai manajerial. 


Sebenarnya apa sih itu manajerial dan teknikal?  Kemampuan manajerial adalah keterampilan untuk mengatur, mengkoordinasikan dan mengarahkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan organisasi. Sedangkan kemampuan teknikal adalah kemampuan terhadap suatu spesifikasi dari sebuah pekerjaan dimana terdiri atas pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah pekerjaan dalam bidang tertentu.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Tempat Kursus yang Siap Membantumu Menjadi Seorang Data Scientist


DQLab merupakan pusat belajar Data Science yang menawarkan kursus online bagi Kamu yang ingin mulai belajar Data Science. DQLab sendiri telah melahirkan praktisi data yang  mahir dalam dibidangnya. Bersama DQLab Kamu akan belajar secara terstruktur dengan studi kasus dan data yang sesuai dengan yang berada di lapangan. DQLab juga menyediakan forum untuk sharing dengan 95,000++ member DQLab, maupun dengan ahli praktisi pakar data.


DQLab menawarkan cara belajar yang terstruktur, berbasis proyek, dan cocok untuk pemula yang baru memulai belajar Data Science. DQLab menggunakan 4 konsep belajar.

  • Pahami

    Konsep dasar Data Science


  • Latihan

    Terapkan teori-teori yang telah dipelajari melalui Live Code Editor.


  • Terapkan

    Bangun portofolio data dengan studi kasus yang sudah di approve oleh pakar data


  • Bangun Relasi

    DQLab menyediakan sesi seminar yang diisi oleh Praktisi Industri yang berpengalaman dan bisa menjalin relasi dengan Data Scientist lainya.


Bergabung sekarang dan dapatkan module secara GRATIS dan masih banyak benefit lainnya jika belajar di DQLab. 




Penulis: Yohanes Ricky

Editor: Anissa Widya Davita




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!