MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 31 Menit 11 Detik 

Data Scientist, Prospek Karir Cemerlang Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 10-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/360d752ab40de1c190a2d0bc58b6c5fa_x_Thumbnail800.jpg

Ya, betul sekali, bagi kalian yang menyukai perkembangan teknologi, pengolahan data, dan tidak ingin ketinggalan zaman, profesi inilah yang tepat untuk kalian. Oleh karena itu, dalam industri data tidak hanya menyediakan profesi Data Scientist, ada profesi lainnya, seperti Data Analyst dan Data Engineer juga, lho!


Selain itu, bekerja di industri data menyajikan kalian banyak manfaat, baik dari segi pengalaman hingga pendapatan. Kali ini, DQLab akan menjabarkan kepada kalian mengapa profesi di bidang data, khususnya Data Scientist dapat dikatakan sebagai prospek karir cemerlang masa kini. Yuk, pahami bersama!



1. Tiga Disiplin Ilmu Seorang Data Scientist

Untuk seseorang yang belajar sebagai Data Scientist, mereka memiliki ilmu interdisiplin tersendiri, yaitu Data Science. Terdapat tiga ilmu yang menjadi acuan dan pegangan apabila kalian ingin mulai berkarir menjadi ahli di bidang data. Ilmu pertama adalah machine learning, ilmu ini merupakan cabang dari disiplin ilmu kecerdasan buatan atau AI. Machine learning bertujuan untuk memberikan kemampuan pada komputer untuk dapat melakukan proses belajar, salah satu contoh penerapannya adalah Cortana atau yang dikenal banyak orang sebagai asisten dari pengguna Windows 10.


Ilmu interdisiplin kedua adalah traditional software, yang merupakan irisan antara ilmu komputer dan Subject Matter Expertise atau SME. SME disini adalah pengetahuan tentang proses suatu bisnis atau lembaga dari mulai beroperasi hingga dapat dikembangkan menjadi suatu sistem yang membantu bisnis atau lembaga tersebut. Contoh penerapan dari ilmu ini adalah e-learning, e-library, online banking, dan lainnya. Dan yang terakhir adalah traditional research, ilmu ini hampir digunakan oleh berbagai perusahaan, lembaga hingga universitas. Pada umumnya, penelitian dilakukan menggunakan traditional research.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Skill yang Dibutuhkan Seorang Data Scientist

Seorang Data Scientist memerlukan beberapa skill agar dapat menjalani pekerjaannya secara efektif dan efisien. Tidak hanya Data Scientist, namun profesi yang bekerja di bidang data seperti Data Analyst dan Data Engineer juga memerlukan skill-skill ini. Maka dari itu, mari kita simak bersama.


  • Pemahaman akan machine learning dan algoritma, seperti k-NN, SVM, Naive Bayes, dll.

  • Berpengalaman dengan R, Weka, MatLab, dll.

  • Mahir dan berpengalaman dalam menggunakan SQL, Hive, dan Pig.

  • Mampu menggunakan NoSQL database, seperti Cassandra, MongoDB, dll.

  • Memiliki keahlian dalam ilmu statistika, seperti distribusi, regresi, dll.

  • Memahami serta dapat menjalankan scripting dan programming.

  • Memiliki intuisi yang tajam agar dapat memecahkan suatu masalah.

  • Memiliki pemahaman akan bisnis dan kemampuan komunikasi yang baik.

  • Dapat bekerja sama dalam tim dengan baik.



3. Cara Untuk Mulai Berkarir di Bidang Data

Untuk memulai langkah pertama dalam berkarir di bidang data sebagai Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer tidak bisa dengan basic skill atau pengetahuan umum saja. Profesi-profesi ini membutuhkan lebih dari skill-skill yang telah disebutkan sebelumnya, contohnya seperti kemampuan analisis yang baik untuk melakukan data mining. Oleh karena itu, DQLab akan memberikan kalian tips-tips untuk mulai berkarir di bidang yang diincar oleh banyak orang.


  • Paham akan tugas dan tanggung jawab seorang Data Scientist.

  • Mempelajari berbagai bidang dasar, seperti komputer, statistik, basis data, dll.

  • Terus belajar dan berlatih dari berbagai kesempatan, seperti seminar dan kelas.

  • Belajar untuk memperdalam bidang lainnya, yang masih mencakup Data Science.

  • Fokus melihat peluang bekerja dalam perusahaan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Mengapa Harus Data Science?

Data Science kini menjadi hal yang penting bagi sebuah perusahaan, hal ini dikarenakan dalam merancang suatu strategi dan salah satu faktor yang menunjang keberlanjutan perusahaan adalah data. Terlebih dada masa yang semakin modern dan digital, dapat dipastikan profesi yang berkaitan dengan data akan semakin diminati dan dicari oleh banyak perusahaan. 


Saat ini di Indonesia sendiri lapangan pekerjaan terkait profesi Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer masih terbuka sangat lebar. Dimulai pada tahun 2020 dan terus meningkat tiap tahunnya. Dalam menekuni Data Science juga kalian dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tren di masa depan. Tren yang dimaksud adalah tren teknologi, karena cepat atau lambat tiap individu perlu memiliki keterampilan untuk menganalisis sesuatu, memecahkan masalah, dan pemahaman akan berbagai bidang dasar.


Belajar Data Science tidak hanya meningkatkan skill kalian di bidang tersebut, namun dapat merambah kemana-mana. Kombinasi skill yang digunakan dalam bidang data dapat menguntungkan kalian dalam memahami masalah dengan lebih efisien dan efektif. Dan hal yang sudah pasti adalah kalian semakin siap untuk menghadapi perubahan yang akan terjadi di masa depan.



5. Persiapkan Dirimu Bersama DQLab!

Nah, jadi teman-teman sudah tahu kan mengapa Data Scientist termasuk ke dalam prospek karir yang menjanjikan? Ayo, sign up di DQLab.id agar kalian bisa mulai belajar dan berkarir di industri data. Jangan lupa juga untuk mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ untuk menambah kompetensi kalian, ya! Mulai karirmu bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!