DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 29 Menit 24 Detik 

Data Scientist, Salah Satu Profesi Primadona Masa Kini

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b0db13911c3208ff48596062778a1b54_x_Thumbnail800.jpg

Apakah beberapa dari kalian pernah mendengar istilah data scientist? Apa bedanya dengan data science? Ya, tentunya keduanya memiliki perbedaan. Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data. Sedangkan data scientist merupakan sebuah pekerjaan atau profesi yang menerapkan data science.Pekerjaan data scientist merupakan salah satu profesi yang menarik perhatian banyak orang masa kini, terutama para generasi milenial.


Profesi data scientist sebenarnya tidak hanya diminati para generasi milenial saja, akan tetapi generasi di atasnya pun berminat pula pada profesi ini. Selain itu, profesi ini dapat diraih oleh siapapun walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan seperti statistika dan IT. Masih banyak lagi hal-hal menarik terkait profesi data scientist. Kira-kira apa saja ya?? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Tugas dan Tanggung Jawab

Setiap profesi tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Seorang data scientist secara umum memiliki tanggung jawab untuk menganalisis data suatu perusahaan. Data yang diolah pun merupakan data yang besar atau biasa disebut dengan big data. Tugas dari data scientist antara lain memilih fitur, melakukan pembersihan data, pengolahan data, dan memverifikasi integritas data yang akan dianalisis. Selain itu data scientist juga bertugas untuk menyimpulkan hasil analisis dan memvisualisasi data tersebut.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Keterampilan yang Dimiliki

Seorang data scientist tentunya memiliki keterampilan yang dapat menunjang kemudahan dalam menganalisis data. Beberapa keterampilan yang perlu dimiliki oleh data scientist antara lain seperti memiliki pengalaman dalam bidang data mining, memiliki kecerdasan analitis dan ketajaman bisnis, memiliki kemampuan matematika seperti statistik dan aljabar, memiliki kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis, memiliki kemampuan dan pemahaman pemrograman dalam bidang komputasi, memahami algoritma machine learning, dan masih banyak lainnya


3. Software yang Digunakan

Pada bagian sebelumnya telah dikenalkan sedikit definisi dari data scientist, tugas dan tanggung jawab data scientist, serta keterampilan yang dimiliki. Selanjutnya kita akan mengetahui apa saja software yang bisa digunakan untuk menganalisis data, yaitu : Microsoft Excel, Matlab, SAS, SPSS, Python, R, SQL, Java, BI Tools dan masih banyak lainnya. Setiap software tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu perlu diketahui bahwa ada kalanya beberapa software digunakan secara bersamaan., tergantung dari kondisi data dan tujuan penyelesaian masalah.


4. Gaji dan Jenjang Karir

Apakah kalian tahu apa saja yang menjadi daya tarik dari profesi data scientist ini? Apakah hanya karena sedang trend saja atau ada alasan lainnya? Nah, ternyata ada beberapa hal yang menjadi daya tariknya, yaitu gaji dan jenjang karir profesi data scientist. Pendidikan minimal untuk profesi ini adalah S1. Adapun gaji data scientist sangat beragam, bisa dimulai dari UMR atau bisa lebih dari itu tergantung dari perusahaan dan jabatan pekerjaannya. Adapun beberapa contoh jabatan pekerjaan, antara lain data scientist, data expert, ahli data, pengolah data, dan analis data


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Kejar Impian Jadi Data Scientist!

Data scientist kini menjadi salah satu profesi yang paling menarik perhatian generasi milenial. Bagaimana? Kalian tertarik juga bukan? Yuk, bergabung bersama kami untuk memudahkan karir menjadi data scientist. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!