[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 1 Menit 37 Detik 

Data Scientist vs Data Engineer : Apa Perbedaannya?

Belajar Data Science di Rumah 27-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/256c23592a5b7d24262108cc54e95123_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data scientist dan data engineer merupakan profesi yang saling berkaitan. Kedua profesi di atas tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing dan tentunya memiliki persamaan serta perbedaan. Perlu diketahui bahwa keduanya ini tidak bisa dikatakan mudah namun tidak susah juga. Saat ini masih banyak orang yang bingung apa perbedaan data scientist dan data engineer, karena yang diketahui orang-orang pada umumnya adalah pekerjaan ini berkaitan dengan data.


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas apa pengertian dari data scientist, data engineer, tugas dan tanggung jawabnya serta perbedaannya. Dengan mengetahuinya diharapkan kita semua tau lebih dalam profesi-profesi yang berkaitan dengan data dan peran penting profesi tersebut di masa kini. Mengingat bahwa kecanggihan perkembangan internet menghasilkan sangat banyak data dalam waktu singkat. Yuk, langsung saja kita simak artikel ini!


1. Data Scientist


Orang yang berprofesi sebagai data scientist memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membersihkan, memproses serta mengolah data yang telah dikumpulkan. Selain itu data scientist juga menentukan algoritma atau model prediksi yang tepat digunakan pada data tersebut tentunya dengan kemampuan bahasa pemrograman juga. Hasil akhir yang diharapkan dari seorang data scientist adalah menghasilkan kesimpulan akhir sebagai informasi yang akan digunakan perusahaan untuk menentukan langkah kedepan yang sebaiknya dilakukan


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Data Engineer


Seorang data engineer bertugas mengembangkan dan membuat desain manajemen data serta infrastruktur dalam sebuah perusahaan. Selain itu data engineer bertanggung jawab memastikan bahwa data yang terkumpul telah sesuai dan efisien serta bersumber dengan tepat yang mana data yang telah terkumpul itu nantinya akan diberikan kepada data scientist untuk diolah menggunakan model tertentu. Seorang data engineer tentunya perlu memiliki kemampuan di bidang big data, pemrograman, serta matematika


3. Perbedaan Data Engineer dan Data Scientist


Dilihat secara sekilas, data engineer dan data scientist memiliki persamaan, yaitu sama-sama menangani data dan diharuskan memiliki kemampuan programming. Namun dari segi tugas dan tanggung jawab memiliki beberapa perbedaan. Data scientist bertugas menganalisis dan mengoptimalkan data menggunakan machine learning serta bertanggung jawab dalam pembangunan model operasional. Sedangkan data engineer bertugas memastikan keakuratan data dan fleksibilitas data, mengembangkan, menguji dan memelihara arsitekturnya serta menyortir, mengurai, mengevaluasi dan membersihkan data mentah menjadi data yang bersih.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                             

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annisa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!