[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 51 Menit 55 Detik 

Data Sekunder : Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ab913903e70b85b1ae7ffabf2964e8c9_x_Thumbnail800.jpg

Ketika melakukan sebuah penelitian, seorang peneliti tentunya tidak terlepas dari namanya data. Data merupakan salah satu komponen penelitian yang sangat penting. Data dapat berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Selain itu menurut cara pengambilannya, data dibedakan menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Masing-masing dari keduanya memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu hal yang penting adalah kita harus tahu kapan data sekunder digunakan dan kapan data primer digunakan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses analisis data.


Sebelum ke pembahasan terkait ciri khas maupun kelebihan dan kekurangan data sekunder, sepatutnya kita perlu mengetahui dahulu apa yang dimaksud dengan keduanya. Data primer adalah data yang diperoleh melalui pengumpulan secara langsung dari peneliti kepada sumbernya, sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh peneliti tidak langsung dari sumbernya, melainkan melalui media perantara baik itu dari instansi atau dari sumber lain seperti media elektronik maupun media cetak. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai data sekunder, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan data sekunder?


1. Data Sekunder dan Data Primer

Pada intro sebelumnya telah disebutkan secara singkat pengertian dari data primer dan data sekunder. Data primer dan data sekunder memiliki karakteristik yang merupakan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap penelitian memiliki kewenangan masing-masing terkait sumber data apa yang mereka gunakan. Meskipun memiliki perbedaan, namun kedua jenis data ini saling melengkapi sehingga memudahkan peneliti dalam melakukan pengamatan serta proses analisis data.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Kelebihan Data Sekunder

Data sekunder merupakan jenis data yang cukup sering digunakan dalam suatu kegiatan penelitian. Hal ini dikarenakan dalam penggunaan data sekunder sendiri terdapat beberapa kelebihan seperti waktu yang dibutuhkan untuk pengambilan data relatif cepat dikarenakan peneliti mendapatkan data dari sumber yang telah memiliki atau mengumpulkan data tersebut. Selain itu biaya yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak seperti pengambilan data primer.


3. Kekurangan Data Sekunder

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan beberapa kelebihan data sekunder. Namun perlu diketahui pula bahwa data sekunder pun memiliki kekurangan seperti jika sumber data baik itu dari pihak instansi, media cetak, media elektronik dan sebagainya memiliki kekeliruan seperti kesalahan dalam pengambilan data, data yang kadaluarsa, serta data yang tidak relevan. Kekeliruan ini nantinya akan dapat mempengaruhi hasil penelitian.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis :  Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!