DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 51 Menit 41 Detik 

Data Sekunder : Jenis Data yang Sering Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 29-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/52ddc08a3b2ecec0a3e09f51d54cefaf_x_Thumbnail800.jpg

Data adalah kumpulan informasi yang terdiri dari fakta-fakta untuk memberikan gambaran yang luas terkait suatu keadaan. Data dapat berupa angka, kata, video, suara, gambar dan lain-lain. Menurut cara pengumpulannya, data terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Dari kedua jenis data tersebut, salah satu jenis data yang cukup sering digunakan adalah data sekunder. Oleh karena itu sebelum membahas lebih lanjut terkait data sekunder kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu data sekunder.

Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber utama. Hal ini berarti peneliti tidak mengumpulkan langsung data tersebut, tetapi sudah dari sumber kesekian namun hanya mendapatkan informasi dari sumber-sumber primer lainnya. Data sekunder ini merupakan data yang proses mendapatkannya tidak membutuhkan proses yang rumit dikarenakan data tersebut digunakan untuk mendukung atau memperkuat informasi data primer yang sebelumnya telah ditetapkan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri data sekunder


1. Bersifat Pendukung

Dalam penelitian, data sekunder yang digunakan umumnya bukan sebagai data utama, akan tetapi sebagai data pendukung dari data-data sebelumnya. Data ini digunakan untuk mendukung kredibilitas dari data-data primer yang telah ada. Akan tetapi saat ini banyak pula penelitian yang data utamanya menggunakan data sekunder. Hal ini dikarenakan salah satu faktor mudahnya mendapatkan data sekunder dibandingkan data primer

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Bersumber dari Pihak Ketiga

Data yang bersumber dari pihak ketiga ini maksudnya adalah dari segi memperoleh datanya. Data sekunder biasanya diperoleh dari pihak kedua atau pihak ketiga dst dikarenakan peneliti tidak memperoleh data secara langsung dari objek penelitiannya. Pihak yang mengumpulkan langsung data tersebut ke lapangan disebut data primer. Adapun data yang diperoleh dapat berbentuk dokumen atau lainnya.


3. Dapat Diambil Tanpa Mendatangi Lokasi

Salah satu kelebihan data sekunder adalah menghemat waktu dan biaya. Waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh data sekunder tidak terlalu besar dikarenakan kita hanya meminta data tersebut kepada sumber data dari instansi atau media-media. Selain itu data sekunder dapat diambil tanpa mendatangi lokasi. Serta analisis data sekunder pun dapat dilakukan dimana saja atau biasa disebut desk study yang berarti dapat dilakukan dari meja belajar masing-masing.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!