MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 32 Menit : 57 Detik

Data Sekunder : Apa Saja Yaa Kelebihannya?

Belajar Data Science di Rumah 28-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ea598389ba05d311ffa5833bbb869be4_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan sekumpulan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan. Data perlu dikumpulkan, disusun dan disimpan dengan metode tertentu agar mempermudah kita dalam mencari ketika membutuhkannya sewaktu-waktu. Data merupakan salah satu komponen yang penting dalam penelitian. Menurut sumbernya, data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diambil secara langsung oleh peneliti. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari pihak kedua baik itu instansi pemerintah maupun swasta.


Sumber data primer merupakan pemberi data informasi yang pertama. Dengan kata lain, orang tersebut langsung turun ke lapangan untuk memperoleh data penelitian. Memang dapat dikatakan bahwa teknik pengumpulan seperti ini memerlukan waktu dan biaya yang cukup lama namun terdapat rasa kepuasan tersendiri jika langsung turun ke lapangan untuk mencari data. Sedangkan sumber data sekunder adalah lembaga pemerintah atau swasta yang mana lembaga tersebut sudah mengumpulkan data baik itu dari data primer atau dari data sekunder yang lain.


Lalu apa saja ya kelebihan penggunaan data sekunder? Yukk simak lebih lanjut bersama DQLab!


1. Data Sudah Tersedia 

Berdasarkan sumber pengambilannya, data sekunder adalah data yang diperoleh dari lembaga pemerintah atau swasta. Hal ini menunjukkan bahwa data sekunder merupakan data yang sudah tersedia yang telah dikumpulkan oleh peneliti atau pengumpul data sebelumnya. Data sekunder ini ada kalanya dapat mendukung data primer yang ada atau jika kita ingin menggunakan data sekunder seluruhnya  juga tidak menjadi masalah. Hanya saja kita perlu memilih mana data yang kita butuhkan untuk penelitian kita karena terkadang data dalam data sekunder itu terbatas dan kurang cocok dengan tujuan penelitian kita.


Baca juga : Macam-macam Metode yang Ada Pada Pengolahan Data Statistik


2. Lebih Mudah Didapat

Pada poin di atas telah dijelaskan bahwa dalam data sekunder kita tidak perlu mengambil data secara langsung dikarenakan data tersebut sudah tersedia dan tentunya lebih mudah didapat. Jadi kita hanya perlu menghubungi pihak yang memiliki data tersebut misalnya Badan Pusat Statistik, kantor pemerintah, perusahaan dan lain-lain. Namun, sobat data tidak perlu khawatir jika tempat tinggal kalian jauh dari instansi yang mengumpulkan data tersebut. Kini data-data sekunder juga tersedia secara online dalam website komunitas data atau dalam website instansi pemerintah maupun swasta terkait. 


3. Waktu dan Biaya Lebih Efisien

Pada data primer kita perlu turun ke lapangan secara langsung untuk memperoleh data penelitian. Tentunya proses pelaksanaan seperti ini akan membutuhkan waktu dan biaya yang lebih besar. Apalagi jika data tersebut termasuk data yang cukup sulit untuk dikumpulkan. Nah, jika sobat data sekalian ingin mendapatkan data lebih cepat dan biaya yang lebih efisien maka kalian bisa memilih teknik pengumpulan data sekunder untuk mendapatkan data sekunder, tentunya lebih mudah bukan?


Baca juga : Metode Pengolahan Data dengan Machine Learning untuk Perbaikan Forecasting Bisnismu


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Penulis : Latifah Uswatun

Editor : Annissawd



Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!