Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Day to Day Data Scientist dalam Berbagai Industri

Belajar Data Science di Rumah 13-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/889cf6693ebcc4b591145b568e8b2bfa_x_Thumbnail800.jpeg

Beberapa tahun yang lalu memang hanya segelintir orang yang tahu siapa sebenarnya Data Scientist itu. Namun siapa sangka bahwa posisi ini sekarang sedang digandrungi oleh generasi milenial yang ingin berkarir di dunia data. World Economic Forum telah mengeluarkan 10 profesi teratas di mana salah satunya adalah Big Data Specialist yang diincar menjadi salah satu profesi yang paling diminati tahun 2025. 


Data Scientist adalah profesi yang tugasnya tidak jauh dari data. Profesi ini lebih berfokus pada pengumpulan dan analisis dataset terstruktur dan tidak terstruktur. Peran Data Scientist merupakan kombinasi dari computer science, statistik, dan matematika. Mereka menganalisis, memproses, dan membangun model data kemudian diinterpretasikan hasilnya sebagai bahan pengambilan keputusan bagi perusahaan atau organisasi.


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa profesi Data Scientist pun memiliki prospek karir yang sangat menjanjikan. Data Scientist tidak hanya dibutuhkan di bidang teknologi, namun hampir semua sektor membutuhkan peranan dari Data Scientist. Seperti dalam sektor perbankan, bisnis distribusi, bisnis ritel, pendidikan, kesehatan, media, dan sektor lainnya.


Pada artikel kali ini kita akan membahas peran penting profesi Data Scientist di industri tertentu, jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Tugas Data Scientist di Bidang Marketing

Perusahaan menggunakan data untuk menganalisis strategi marketing yang tepat dan membuat campaign yang lebih baik. Bisnis seringkali menghabiskan budget yang sangat besar, namun hasilnya belum tentu efektif. Oleh karena itu, dengan adanya data feedback dari customer, perusahaan bisa merencanakan iklan dan campaign yang lebih baik. Perusahaan harus hati-hati dalam menganalisis perilaku pelanggan online.


Data Scientist


Selain itu, perusahaan harus selalu memantau trend di pasaran sehingga bisa mendapatkan informasi yang up to date mengenai hal-hal yang disukai atau dibutuhkan customer. Case tersebut mendorong perusahaan untuk mempekerjakan Data Scientist untuk membantu membuat keputusan yang kuat mengenai campaign dan iklan marketing.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tugas Data Scientist di Bidang Pengembangan Konsumen

Data Scientist membantu perusahaan memperoleh konsumen baru dengan cara menganalisis kebutuhan mereka. Dengan cara ini, perusahaan bisa menyesuaikan produk yang paling cocok dengan kebutuhan konsumen potensial. Data memegang kunci bagi perusahaan untuk memahami consumer behavior sehingga perusahaan membutuhkan Data Scientist untuk membantu perusahaan mengenali customer dan membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan customer.


3. Tugas Data Scientist di Bidang Kesehatan

Data Scientist


Dalam dunia kesehatan, Data Science bisa dimanfaatkan untuk menganalisis bagaimana kesehatan suatu pasien. Data Scientist di bidang ini bertugas untuk menganalisis data pribadi pasien yang terecord, riwayat kesehatan, dan membuat analisis kesehatan lainnya yang bisa membantu dokter atau tenaga medis untuk mendiagnosa suatu penyakit. Namun demikian, Data Scientist harus berkoordinasi dengan dokter karena ada berbagai penyakit dan zat dalam obat-obatan yang perlu diperhatikan.


4. Tugas Data Scientist di Bidang Keuangan

Banyak lembaga keuangan memiliki personalisasi konsumen sebagai operasi utama mereka. Dengan bantuan Data Scientist, perusahaan dapat memperoleh wawasan tentang perilaku konsumen secara real-time dengan bantuan analitik real-time untuk membuat keputusan bisnis strategis yang lebih baik.


Data Scientist


Ilmu Data Science sedang digunakan di banyak lembaga keuangan seperti perusahaan asuransi untuk memahami konsumen untuk mengurangi kerugian dengan menghilangkan pelanggan di bawah nol, untuk meningkatkan penjualan silang (cross selling dan untuk mengukur nilai seumur hidup pelanggan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Gimana apakah gambaran tugasnya sudah cukup terbayang? Yuk belajar Data Science bersama DQLab. Karena di DQLab kamu bisa belajar 3 bahasa pemrograman sekaligus plus Excel loh. Kalian cukup bikin akun gratisnya di DQLab.id. Terus kamu bisa coba modul gratis dari DQLab yaitu “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”.


Kalau pengen nambah belajarnya gimana min? Bisa banget! Caranya gimana? Langsung aja yuk buat subscribe akun kalian menjadi member DQLab Premium. Gabakalan rugi deh buat dapetin modul-modul terupdate seputar Data Science dan belajar bahasa pemrograman R, Python dan SQL yang sesuai dengan real-case industry. 


Kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Yuk Sign Up mulai sekarang!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login